6 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

6 Februari 2022 / Team Fun English Course

Sedang bingung memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini? Tenang, kamu bukan satu-satunya yang memikirkan ini, kok. 

Pemilihan jurusan kuliah memang harus dipertimbangkan dengan matang. Jangan sampai asal atau ikut-ikutan teman, apalagi berpedoman “yang penting kuliah dan jadi sarjana”.

Kamu harus perhitungkan jurusan mana yang paling sesuai minatmu, sekaligus memiliki prospek kerja yang bagus. Sebab, memilih jurusan adalah langkah awal menapaki masa depan karirmu. Jika langkah di awal salah, maka bisa jadi ke depannya pun ikut bermasalah.

Nah, kami menyiapkan enam rekomendasi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan 5 hingga 10 tahun ke depan untuk kamu pertimbangkan di bawah ini.

1. Kedokteran

Kedokteran

Kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang paling bergengsi sampai hari ini maupun di masa mendatang.

Itu wajar, karena tenaga dokter akan terus dibutuhkan selama peradaban manusia masih ada.

Meskipun di kemudian hari mungkin banyak teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berupaya menggantikan tenaga manusia dengan robot, namun tenaga dokter tidak akan mungkin bisa tergantikan sepenuhnya.

2. Teknik Informatika

Teknik Informatika

Seiring bertambah majunya teknologi, maka media arus informasi pasti akan ikut berkembang dan termutakhirkan.

Ambil satu contoh saja, teknologi jaringan internet terus meningkat dari 2G ke 3G, kemudian sekarang masuk era 5G. Mungkin beberapa tahun lagi akan naik lagi ke 6G dan seterusnya.

Artinya, lapangan kerja bagi lulusan Teknik Informatika akan selalu terbuka, karena perkembangan teknologi tidak akan terjadi tanpa dukungan sumber daya manusia yang memadai.

3. Teknik Robotika dan Artificial Intelligence (AI)

Teknik Robot

Jurusan ini masih baru di Indonesia dan sampai sekarang hanya Universitas Airlangga saja yang menyediakannya.

Tapi jangan salah guys, di negara-negara maju, bidang ini telah berkembang pesat sejak beberapa tahun silam. Indonesia pun kini mulai aware, dengan menyiapkan pendidikan guna ketersediaan para ahli di bidang tersebut.

Upaya ini dikuatkan oleh pernyataan Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia berencana mengurangi jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menggantinya dengan robot dan AI.

Jadi bisa dibilang bahwa teknik robotika dan AI kemungkinan besar akan menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di masa depan. 

4. Ilmu Statistika

Ilmu Statistika

Melansir dari laman BrainAcademy, data scientist merupakan salah satu profesi yang sangat dunia butuhkan di masa mendatang.

Sementara, salah satu sumber SDM yang memiliki kemampuan di bidang tersebut adalah para lulusan Ilmu Statistika.

Ilmuwan data harus menguasai keahlian statistika untuk mengumpulkan, mengolah, dan mengelola data mentah yang besar (Big Data). Ini termasuk keterampilan menganalisis, menginterpretasikan, dan menghasilkan data akhir yang siap pakai untuk kepentingan perusahaan atau lembaga.

5. Teknik Listrik

Teknik Listrik

Jaringan listrik mungkin sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat hari ini, lebih-lebih bagi penduduk wilayah perkotaan.

Jika suatu kota mengalami pemadaman listrik satu minggu saja, maka hampir sebagian besar kegiatan masyarakat, pemerintahan, industri, bisnis, fasilitas kesehatan, jaringan komunikasi, dan seterusnya akan lumpuh total.

Status jaringan listrik yang merupakan kebutuhan vital, tentu menjadikan sektor ini sumber lapangan pekerjaan yang akan selalu terbuka bertahun-tahun ke depan.

6. Ilmu Matematika

Ilmu Matematika

Sekalipun teknologi alat hitung terus mengalami kemajuan pesat sampai hari ini, namun posisi para ahli Matematika tidak akan bisa tergantikan oleh teknologi. Baik di Indonesia atau di negara mana pun, pasti membutuhkan para ahli Matematika.

Bahkan, seseorang tidak akan bisa menjadi ahli di bidang lain seperti kedokteran, statistika, teknik listrik, teknik mesin, teknik sipil dan seterusnya, apabila tidak menguasai Matematika.

Oleh sebab itu, kalo saat ini kamu berminat mengambil kuliah jurusan Matematika, maka kamu berada pada keputusan yang tepat. Tapi, asalkan kamu menyukai bidang ini sepenuh hati, ya.

Bahasa Inggris Sebagai Penunjang

Sejak kehadiran era pasar bebas di Indonesia, setiap orang memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan lokal, asing, di dalam maupun luar negeri.

Pasar bebas juga telah membawa bahasa Inggris menjadi bahasa yang perlu kamu kuasai jika ingin settle di dunia kerja modern.

Oleh karena itu, peluang masa depan karirmu akan semakin cerah apabila kamu mengisi waktu luang di luar kuliah nanti dengan belajar bahasa Inggris.

“Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Di luar jam kampus, kamu bisa bergabung dengan program English Conversation (Intermediate to Advanced) di FunEnglishCourse.com

Di sana, kamu akan mendapat bimbingan langsung dari para pengajar berpengalaman untuk menguasai grammar, vocab, conversation, pronunciation, dan seterusnya sampai kamu mahir berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, setelah menemukan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang kamu impikan, segera bergabung ke FunEnglishCourse.com ya!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code