5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS dengan Peluang Kerja Tinggi

5 Februari 2022 / Team Fun English Course

Kamu baru lulus SMA jurusan IPS dan sekarang masih bingung mau ambil kuliah apa? 

Ingin cari jurusan yang potensi kerjanya bergaji besar, namun, kamu menghindari jurusan yang memerlukan keahlian matematika?

Jangan khawatir, ada beberapa jurusan kuliah untuk anak IPS yang sesuai dengan harapan kamu tersebut kok, guys. Mulai dari jurusan hubungan internasional, hukum, hingga psikologi.

Berikut ini daftar 5 jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi, dan tidak ada matematikanya.

1. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional

Jurusan ini merupakan program studi yang mempelajari tentang menjalin hubungan diplomasi antarnegara dan bernegosiasi dengan negara lain.

Kamu juga akan belajar tentang isu-isu global seperti kemiskinan, bencana alam, keamanan negara, perdagangan internasional, hingga masalah lingkungan dan sosial masyarakat dunia.

Lulusan dari jurusan Hubungan Internasional (HI) memiliki banyak peluang kerja bergaji tinggi dengan lokasi kerja di dalam hingga luar negeri, lho.

Peluang kerjanya antara lain government relation officer, international officer, diplomat, staf ahli di kementerian, jurnalis, politisi, dan masih banyak lagi.

2. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum

Ini adalah program studi (prodi) yang mempelajari permasalahan sistem hukum terkait kehidupan masyarakat dan perundang-undangan.

Termasuk di dalamnya kamu akan belajar tentang undang-undang perdata, pidana, konstitusi, tata pidana, tata negara, hingga undang-undang internasional.

Kuliah di jurusan ini seringkali dikaitkan dengan pekerjaan sebagai pengacara. Bisa jadi, kamu pun berpikir demikian, ya?

Tapi tahukah kamu, peluang kerjanya lebih luas dari itu, lho.

Kamu bisa bekerja sebagai jaksa, hakim, notaris, legal officer, staf kementerian, hingga staf personalia atau HRD. Selain itu, kamu juga bisa berprofesi sebagai dosen mata kuliah hukum jika ingin menjadi pengajar.

3. Ilmu Manajemen

Ilmu Manajemen

Prodi ini menawarkan peluang kerja yang lebih luas dari kebanyakan prodi lainnya. Mungkin itu sebabnya, peminat jurusan manajemen selalu berlimpah setiap tahunnya.

Kalo kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar berbagai ilmu seputar kegiatan manajemen korporasi atau perusahaan, yang pada umumnya masih berhubungan juga dengan ilmu bisnis dan ekonomi.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai Human Resources Department (HRD), business development, Management Trainee (MT), teller bank, marketing, staf finansial, staf operasional, supervisor di bank, hingga headhunter (perekrut pegawai).

Di samping itu, kamu juga bisa menjadi pengusaha, lho. Menarik, bukan?

4. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah prodi yang mempelajari cara menyampaikan suatu pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan), menggunakan berbagai jenis media komunikasi yang tersedia.

Di Indonesia, lulusan prodi ini memiliki prospek kerja di banyak bidang berbeda. Misalnya Public Relations (PR), Humas, Event Planner (Perencanaan Acara), Media Planner (Perencanaan Media), Social Media Manager (Manager Media Sosial).

Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi Spesialis Sumber Daya Manusia (SDM), manajer promosi atau pemasaran, reporter berita, jurnalis, analis media, penulis skenario, produser televisi, dan banyak lagi.

5. Ilmu Psikologi

Ilmu Psikologi

Ilmu Psikologi merupakan jurusan kuliah IPS yang sangat cocok untuk wanita. Seperti namanya, di dalam program studi ini kamu akan mempelajari tentang psikologis manusia secara mendalam.

Setelah lulus, banyak peluang kerja yang membutuhkan ahli Ilmu Psikologi seperti; Human Resources Department (HRD), psikolog, terapis anak, dosen Ilmu Psikologi, konselor, peneliti di Research & Development (R&D), konsultan SDM dan di departemen Learning and Development.

Prospek kerja lainnya yang tidak kalah menarik adalah menjadi management trainee, general affairs yang menjalankan operasional perusahaan dalam hal pembelian peralatan  dan bekerjasama dengan divisi HRD, serta menjadi staf ahli.

Kesimpulan

Setidaknya ada lima prodi yang memiliki prospek kerja dengan pendapatan tinggi untuk anak IPS, yaitu jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Psikologi.

Namun dari kelima jurusan tersebut, Hubungan Internasional dan Ilmu Hukum merupakan prodi yang menjanjikan peluang kerja dengan gaji paling tinggi. Maka tak heran, kedua prodi ini memiliki peminat yang sangat besar dari siswa-siswi di seluruh Indonesia setiap tahunnya.

Jadi, kamu mau pilih jurusan kuliah untuk anak IPS yang mana nih?

Namun untuk bisa meraih pekerjaan yang bonafit dan bergaji besar, kamu juga perlu menguasai bahasa Inggris aktif, lho. Keahlian ini menjadi pertimbangan besar bagi kebanyakan perusahaan hingga lembaga pemerintah saat rekrutmen pegawai baru.

English Language

Kalo kamu tertarik menguasainya, kamu bisa mengikuti program English Conversation (Intermediate to Advanced) dari FunEnglishCourse.com

Melalui program ini, kamu akan dibimbing untuk menguasai vocabulary, grammar, pronunciation, berbicara dalam kehidupan sehari-hari dan presentasi menggunakan Bahasa Inggris.

Bagaimana, tertarik belajar English demi masa depan karir yang lebih baik? Yuk, bergabung sekarang juga di FunEnglishCourse.com!

Rate this post