Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

19 Maret 2022 / Team Fun English Course

Meski sebenarnya sah-sah kamu memilih jurusan apa pun, namun fitrah kamu tak bisa berbohong. Faktanya, perempuan memiliki sisi khas yang secara potensi akan lebih maksimal diaktualisasikan ke pilihan karier yang tepat. Maka, memilih jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan ini dapat jadi pilihan.

1. Farmasi

Farmasi

Di jurusan Farmasi, kamu akan banyak belajar tentang bagaimana caranya meracik obat-obatan. Setelah lulus, karier dengan misi mulia siap menantimu.

Kamu bisa bekerja di industri obat-obatan, rumah sakit, klinik, laboratorium, lembaga penelitian, mengajar di sekolah, hingga membangun usaha sendiri. Termasuk, industri skincare yang beberapa tahun belakangan berkembang pesat, yang juga membutuhkan jasa seorang ahli farmasi.

Mengacu pada data Indeed, gaji rata-rata pekerja farmasi ada di angka Rp7.500.000. 

2. Keperawatan

Keperawatan

Kepekaan, kelembutan, dan ketelitian yang umumnya perempuan miliki, membuatnya sangat cocok dengan karier perawat. Tak heran jika kamu amati, mayoritas perawat adalah perempuan.

Lulusan keperawatan dapat terserap oleh berbagai tempat, terutama klinik dan rumah sakit. Dengan keahliannya yang spesifik, kamu tak akan punya pesaing untuk menjadi perawat kecuali dengan lulusan keperawatan itu sendiri. Kebutuhan terhadap perawat juga selalu tinggi, karena manusia yang sakit selalu ada.

Secara gaji memang variatif. Angkanya ada di kisaran Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000, tergantung tempat kerjanya.

3. Kebidanan

Kebidanan

Kalau kamu benar-benar tak ingin bersaing dengan pria, masuklah jurusan kebidanan. Merujuk aturan IBI (Ikatan Bidan Indonesia), lelaki memang tak boleh jadi bidan. 

Selain bekerja di rumah sakit, klinik, atau puskesmas, bidan juga bisa buka praktek di rumah sendiri. Hal ini membuat kebidanan layak disebut sebagai jurusan yang cocok untuk wanita muslimah. Selain bisa kerja di rumah, ia sudah pasti hanya akan lebih banyak berinteraksi dengan sesama wanita.

Bidan yang bekerja, upahnya berkisar Rp3.000.000 sampai Rp5.000.000. Sedangkan yang sudah buka praktek sendiri, ia bisa mendapatkan penghasilan jauh lebih besar.

4. Psikologi

Psikologi

Jurusan apa yang bagus untuk cewek selanjutnya? Psikologi adalah jawabannya. Faktanya, ruang kelas dalam kuliah psikologi mayoritas diisi perempuan. Konon, jiwa perasa yang lebih tinggi pada kaum hawa adalah alasannya.

Di dunia industri, sarjana psikologi umumnya terserap menjadi pegawai di bidang HR (Human Resources). Selain itu, bisa juga menjadi psikolog trainer, konselor, konsultan, hingga tenaga pendidik.

Gajinya variatif tergantung jenjang karier yang pada akhirnya kamu pilih. Sebagai acuan, dari data Indeed, rata-rata penghasilan psikolog per bulan adalah Rp6.628.000.

5. Kedokteran

Kedokteran

Kebutuhan masyarakat terhadap dokter tak ada habisnya. Di setiap zaman, sosok dokter pasti masyarakat butuhkan, karena tidak ada manusia yang sehat selamanya.

Tahun 2022, Kementerian Kesehatan menyebut bahwa Indonesia masih kekurangan dokter spesialis. Jadi, kalau kamu punya keinginan jadi dokter, milikilah misi untuk menjadi dokter spesialis. Ini adalah jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Meski memang, biayanya juga besar. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaji dokter spesialis sangat tinggi, dengan angka paling minimal sekitar Rp12.500.000.

6. Ilmu Gizi

Ilmu Gizi

Dari survei Asia Pacific Health Inertia tahun 2021 lalu, ditemukan fakta bahwa 75 persen masyarakat Indonesia mulai senang makan makanan lebih sehat. Artinya, ada peningkatan kesadaran soal pentingnya gizi.

Tren ini mungkin akan semakin berkembang di masa depan. Otomatis, kebutuhan terhadap ahli gizi juga meningkat. Kamu bisa menangkap peluang ini dengan memilih jurusan ilmu gizi lalu berkarier menjadi ahli gizi, ahli diet, pengendali mutu produk, konsultan, dan lainnya.

Ahli gizi pemula, bisa mendapat penghasilan Rp3.500.000 – Rp5.000.000 setiap bulannya. Semakin ahli, bisa semakin tinggi tentunya.

7. Data Science

Data Science

Kini dan masa depan adalah eranya digital. Salah satu pekerjaan yang akan mendapatkan peluang besar kelak adalah data science. 

Di jurusan ini, kamu akan belajar seputar pengolahan data komputer dan sejumlah bahasa pemrograman yang skill-nya dibutuhkan industri. 

Pilihan karier setelah lulusnya cukup banyak, seperti menjadi data scientist, business intelligence, atau data analyst. Di Indonesia, rata-rata upah yang data scientist terima adalah Rp7.855.000.

Hanya saja, perlu kamu ingat, bahwa untuk bisa bersaing di masa depan kamu butuh berbagai kemampuan lain yang menunjang, seperti bahasa Inggris. Di era globalisasi ini, bahasa Inggris bisa meningkatkan daya saing.

Karenanya, kamu bisa memaksimalkan masa kuliah di jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan sambil kursus di Fun English Course. Kami adalah siap mengantarkan kamu menjadi perempuan sukses di masa depan dengan metode belajar yang super menyenangkan!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code