Belajar Jenis-Jenis Noun dengan Mudah di Fun English

28 November 2022 / laskarseo

Berdasarkan pengertiannya, noun adalah kata dalam bahasa Inggris untuk menamai sebuah ide, benda, gagasan, tempat, dan juga nama orang. Dalam penerapannya, noun dapat berperan sebagai objek (baik langsung maupun tidak langsung) dan subjek.

Jenis-jenis noun atau type of nouns dapat kamu pelajari berdasarkan penjelasan yang kami uraikan berikut ini:

Mengenal Jenis-jenis Noun dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis noun dalam bahasa Inggris yang bisa kamu  pelajari dengan mengetahui definisi, penggunaan, serta contohnya. Berikut adalah ulasan mengenai berbagai jenis noun beserta contoh dan penggunaannya:

  • Proper and Common Noun

Proper noun merupakan jenis noun yang menunjukkan sesuatu yang spesifik seperti nama tempat, orang, maupun nama benda. Contoh kalimat yang menggunakan proper noun adalah Sari go to Jakarta, Jakarta merupakan contoh dari proper noun.

Sedangkan common noun merupakan jenis noun yang menunjukkan item yang bersifat umum. Contohnya adalah City, Country, month, etc.

  • Concrete and Abstract Noun

Concrete noun adalah kata benda yang bisa dilihat dan diamati menggunakan panca indra. Jenis noun ini merujuk pada benda yang bersifat konkret. Contoh dari concrete noun adalah book, paper, pen, dress, etc.

Jenis-Jenis Noun

Abstract noun merupakan kebalikan dari concrete noun, yakni menunjukkan kata benda yang tidak dapat dilihat dan diamati secara langsung menggunakan panca indra. Contoh kata dari  noun jenis ini adalah age, kingdom, motivation, happiness, etc.

  • Mixed, Countable, and Uncountable Noun

Jenis-jenis noun yang selanjutnya adalah uncountable noun yakni jenis noun yang nominalnya tidak dapat untuk dihitung. Contohnya adalah some water, a little sand, etc. Jumlah dari pasir tidak memungkinkan untuk dihitung.

Sedangkan countable noun menunjukkan kata benda yang dapat dihitung nominalnya. Contoh countable noun adalah apple, cat, dog, flower, book, etc. Untuk menandai jumlah yang banyak atau jamak ditandai dengan akhiran –s.

Mixed noun bisa berperan sebagai uncountable maupun countable noun, bergantung pada situasi, kondisi yang dihadapi pada saat itu.

  • Collective, Plural, and Singular Noun

Collective noun merupakan kata benda yang menunjukkan gabungan atau kumpulan. Sedangkan plural noun merupakan kata benda dengan jumlah yang banyak tapi masih bisa dihitung.

Singular noun adalah kata benda dengan jumlahnya hanya satu. Jenis noun yang satu ini ditandai dengan the, a, dan an. 

  • Noun Phrase and Compound Noun

Noun phrase merupakan frasa yang terdiri dari penggabungan antara noun, pronoun atau number. Sedangkan compound noun merupakan kata benda yang tersusun atas lebih atau dua noun.

Compound noun terbagi menjadi beberapa jenis lagi, hal ini bisa kamu pelajari melalui kami dengan mengikuti kursus di Fun English. Para Master akan menjelaskan dengan penyampaian yang mudah untuk diterima dan menyenangkan.

  • Possessive Noun

Jenis noun yang terakhir adalah possessive noun yakni kata benda yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Jenis noun ini ditandai dengan apostrof s (‘s). Penambahan apostrof s tepat di akhir noun. Apabila noun tersebut berakhiran (s), maka hanya ditambahkan apostrof saja.

Pelajari Jenis-jenis Noun dengan Mudah di Fun English

Sebagai lembaga kursus bahasa inggris, kami Fun English memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan dengan metode dan master profesional. Apabila kamu ingin mempelajari jenis-jenis noun dengan mudah dan asik, jangan ragu untuk bergabung dengan kami.

Informasi lebih lanjut seputar kursus di Fun English bisa kamu lihat di website ini. 

Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu ?