Mempelajari Contoh Kata Adverb dengan Mudah

30 November 2022 / laskarseo

Adverb dalam bahasa Indonesia berarti kata keterangan atau tambahan. Kosakata ini digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan arti kata yang sebelumnya. Penambahan Adverb dalam sebuah kalimat mampu membentuk kalimat yang utuh dan mudah dipahami.

Kami akan membantu kamu dalam belajar Bahasa Inggris khususnya seputar Adverb. Dalam ulasan ini, kamu bisa mempelajari contoh kata Adverb yang bisa dihafalkan dan dipraktikkan dalam membuat sebuah kalimat utuh.

Sudah Tahukah Kamu Tentang Adverb?

Dalam Bahasa Inggris, Adverb adalah kata tambahan yang bersifat menerangkan atau memberikan gambaran secara detail dan lebih jelas untuk kata kerja (verb). Tidak hanya verb saja yang membutuhkan keterangan, adjective (kata sifat) dan lainnya juga membutuhkan adverb dalam susunan kalimatnya.

Beberapa adverb ada yang dimanfaatkan dengan cara memodifikasi klausa, frasa, hingga memodifikasi keseluruhan dari kalimat. Cukup menarik untuk dipelajari bukan?

Sesuai dengan pengertiannya, adapun fungsi dari adverb sendiri adalah untuk menjelaskan suatu sentence, verb, adjective, another adverb,dan noun phrase. Nah, setelah mengetahui tujuan dari penambahan adverb kamu bisa mengaplikasikannya sesuai dengan tujuannya.

Secara umum, penggunaan adverb dalam sebuah kalimat adalah untuk memberikan informasi yang lebih jelas dalam kalimat itu sendiri.

Jenis-Jenis dan Contoh Kata Adverb

Ada 8 jenis Adverb yang bisa dipelajari untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kamu. Beberapa jenis tersebut akan kami jelaskan pada uraian di bawah ini beserta dengan contoh katanya. 

  • Adverb of Time

Jenis adverb yang pertama merupakan keterangan waktu yang digunakan untuk menanyakan berapa lama dan kapan. Beberapa contoh kata adverb dari jenis waktu diantaranya adalah early, yesterday, recently, this morning, this afternoon, daily, tonight, dan keterangan waktu lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan kalimat.

Contoh Kata Adverb

  • Adverb of Degree

Adverb yang menjelaskan mengenai intensitas sesuatu, seperti sejauh mana dan seberapa banyak. Contoh katanya adalah very, quite, enough, too so. Penggunaan bisa kamu sesuaikan dengan kalimat.

  • Adverb of Purpose

Menjelaskan suatu sebab dan akibat dalam sebuah kalimat. Adapun contoh kata adverb of purpose adalah as the result, hence, dan therefore.

  • Adverb of Place

Digunakan untuk menerangkan dimana tindakan terjadi. Contohnya adalah behind, somewhere, nearby, away, dan lain sebagainya.

  • Adverb of Manner

Keterangan dari kondisi sesuatu yang terjadi, misalnya quickly, happily, slowly, hardly, dan softly. Biasanya, Adverb of manner ditandai dengan –ly diakhir kata.

  • Adverb of Modality

Jenis adverb yang satu ini digunakan untuk memperlihatkan tingkat harapan atau keyakinan. Contoh dari kata adverb ini adalah perhaps, unlikely, likely, possibly, maybe, dan sejenisnya.

  • Adverb of Focus

Kata keterangan ini digunakan untuk memusatkan suatu perhatian dalam sebuah kalimat. Contohnya adalah even, only, also, just, dan mainly

  • Adverb of Frequency

Adverb of frequency menerangkan tentang seberapa sering sesuatu itu terjadi. Adapun contoh kata adverb dari jenis yang satu ini adalah often, normally/usually, rarely, always, never, ever, dan kata lainnya tentang intensitas kejadian.

Kemampuan dalam Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk setiap orang yang akan bersaing secara kompetitif dalam skala nasional maupun internasional. Apakah kamu ingin bisa berbahasa Inggris dengan mudah dan tidak membosankan?, Fun English course bisa menjadi solusi untuk itu.

Kami menyediakan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk setiap peserta kursus. Apabila kamu ingin mengetahui lebih detail tentang lembaga kursus kami, bisa mengunjungi laman resmi Fun English Course

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?