Perlu Dicoba, Ini Jawaban dari How Are You Selain I’m Fine

14 Maret 2022 / Team Fun English Course

“I’m fine, thank you” bisa dibilang sebagai jawaban dari “How are you” yang paling umum. Mungkin kamu pertama kali mendengar konsep jawaban tersebut dari guru bahasa Inggris di sekolah.

Tentu saja, tidak ada yang salah dengan “I’m fine, thank you”. Namun sebenarnya ada berbagai cara dan jawaban lain yang bisa kamu berikan untuk menjawab “How are you”.

Nah, artikel ini akan membahas tentang jawaban “How are you today?” selain “I’m fine”. Lagipula, kunci dari menguasai bahasa Inggris adalah memperkaya kosakata, bukan?

Jawaban dari “How are You

Jawaban dari “How are You”

How are you artinya “apa kabar, sehingga sebenarnya tidak ada yang salah dengan jawaban “I’m fine, thank you”. Bahkan biasanya kamu akan menambahkan “And you?” agar percakapan tidak berhenti satu arah – kecuali kamu memang tidak ingin melanjutkan percakapan.

Selain itu, banyak orang menggunakan jawaban “I’m fine, thank you” sebagai cara halus untuk mengakhiri percakapan maupun menghindari basa-basi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara keren untuk menjawab “How are you” berdasarkan kabar yang ingin kamu bagikan.

Thank you for asking. I’m doing fine.

Kamu bisa menggunakan kalimat di atas dalam percakapan how are you. Jawaban tersebut memungkinkanmu untuk update kabar dengan topik yang ringan. Bahkan kalimat “thank you for asking” memberikan kesan welcoming yang cukup hangat, sehingga yang mengajakmu bicara tidak merasa diabaikan.

Things are going well. I was just having a Muangthai class.

Tahukah kamu bahwa beberapa orang yang peduli denganmu benar-benar ingin berbagi kabar satu sama lain? Nah, jawaban “How are you doing today?” di atas bisa kamu gunakan ketika bicara dengan teman yang lama tidak kamu jumpai.

Selain itu, jangan lupa tambahkan “how are things with you” agar percakapan terus mengalir. Jawaban yang diawali dengan “things are going well” terbilang cukup berhasil untuk orang-orang yang kamu kenal baik.

I have gone through a shaky week, but I’m holding on

Apa jawaban “How was your day?” yang tepat kalau kamu tidak sepenuhnya sedang baik-baik saja? Kamu bisa mencontoh jawaban di atas dan mengganti beberapa keterangannya saja.

Jawaban ini cukup thoughtful karena mengindikasikan keinginan untuk sharing. Selain itu, kamu dan temanmu akan lebih mudah untuk berbagi kabar satu sama lain dengan konten yang lebih deep. 

Dan tentu saja, kamu akan terdengar lebih keren daripada menjawabnya dengan “I’m fine, thank you”. Bahkan kalau misalnya kamu sedang lelah atau merasa tidak enak badan, kamu bisa menjawabnya dengan “I am under the weather”. 

Kamu pun bisa menggunakan “I’m feeling blue” ketika perasaan sedang tidak menentu, sedih, atau semacamnya. See? Ada banyak jawaban yang bisa kamu berikan untuk pertanyaan “how are you”. 

Selain terdengar lebih kreatif, kamu pun akan lebih banyak belajar tentang idiom yang cukup umum dalam bahasa Inggris.

Kamu tidak harus menjawabnya

Meskipun secara harfiah how are you  memang berfungsi untuk menanyakan kabar, banyak orang hanya menggunakannya untuk basa-basi atau say hi. Bahkan kamu bisa menjawabnya dengan sapaan lainnya atau hanya melemparkan senyum hangat.

Tapi bagaimana kamu tahu kalau mereka hanya say hello dan bukan ingin berbagi kabar denganmu? Setidaknya ada tiga ciri-ciri yang bisa kamu amati, di antaranya adalah:

  • Tone yang mereka gunakan tidak seperti orang bertanya.
  • Pertanyaan terucap sambil melambaikan tangan, seperti menyapa pada umumnya.
  • Temanmu tidak berhenti dan menunggumu menjawab pertanyaannya.

Kursus Bahasa Inggris di Fun English Course

Belajar Bahasa Inggris Seru di Fun English Course

Kamu tertarik untuk menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik lagi? Nah, Fun English Course membuka berbagai kelas yang bisa kamu pilih.

Mulai dari kelas untuk anak-anak dan pemula hingga khusus untuk percakapan dan persiapan TOEFL dan IELTS tersedia di sini. Kami akan dengan senang hati membimbing sampai kamu mahir berbahasa Inggris.

Selain memperkaya jawaban dari “how are you”, kamu juga bisa mempelajari banyak hal baru tentang English. Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami di kontak yang tertera dan daftarkan dirimu di Fun English Course!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code