Di London Pakai Bahasa Apa?

16 Agustus 2022 / laskarseo

London merupakan ibukota Inggris dan menjadi salah satu kota metropolitan terbesar. Banyak sekali keunggulan dari kota ini, mulai dari segi seni budaya, bisnis, pendidikan, hiburan, fashion, dan masih banyak lagi. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi kota ini untuk sekedar liburan atau bersekolah.

Tentunya kamu harus paham bahasa Inggris agar memudahkan aktivitas selama di London. Sebab, seluruh kota di Inggris menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, termasuk London ini.

Meski begitu, masih ada bahasa lain yang digunakan di area Inggris, seperti bahasa Welsh, bahasa Gaelik dan Scots, bahasa Irlandia dan bahasa Cornish. 

Bahasa Inggris di London

London menjadi bagian dari negara Inggris yang dikenal juga dengan nama United Kingdom (UK). Seperti yang kita tahu, bahasa inggris di UK berbeda dengan bahasa inggris Amerika (US).

Kedua negara tersebut memang sama-sama menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa nasional. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang sangat mencolok dari bahasa di kedua negara tersebut. Untuk mengetahui perbedaannya, yuk, simak penjelasannya berikut.

Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

  • Logat

Saat berbicara bahasa Inggris menggunakan logat atau dialek British dan Amerika pasti akan terlihat beda. Perbedaan logat tersebut bukan menjadi hal yang aneh. Bahkan, di daerah Amerika dan Inggris pun memiliki logat yang berbeda.

Seperti misalnya, logat di wilayah Los Angeles dan New York yang berbeda serta di London dan wilayah lain yang ada di Inggris. 

London Pakai Bahasa Apa

Namun, perbedaan yang paling terlihat adalah pelafalan huruf “r” di British dan Amerika. Di Amerika masih melafalkan huruf “r” dengan jelas sedangkan di British tidak demikian. Huruf “r” akan terbaca jelas jika terletak di awal kalimat.

  • Kosa kata

Perbedaan selanjutnya dari kedua bahasa UK dan US adalah terletak pada kosa katanya. Banyak sekali kosa kata bahasa inggris yang berbeda dari kedua negara tersebut.

Seperti misalnya, pada bahasa inggris US menyebut kotak surat dengan sebutan mailbox, sedangkan di UK menyebutnya dengan post box. Selain itu, di US menyebut apartemen dengan apartments sedangkan di US adalah flat.

Jadi, setiap kata dalam bahasa inggris tidak selalu memiliki arti yang sama di negara Inggris dan Amerika. Maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk mempelajari perbedaan bahasa tersebut.

  • Cara penulisan

Selain perbedaan kosa kata, bahasa inggris UK dan US memiliki perbedaan dari segi penulisannya. Meski perbedaannya tidak pada semua kata, tapi harus tetap diperhatikan dengan baik. Apalagi jika Anda ingin fokus mempelajari salah satu bahasa inggris tersebut.

Seperti misalnya, penulisan “color” dan “behavior” dalam bahasa UK ditulis dengan “colour” dan behaviour”. Sedangkan “meter” dan “center” ditulis dengan “metre” dan “centre”. Tak hanya itu, masih banyak lagi perbedaan yang bisa kamu temui, jadi tak ada salahnya untuk mempelajarinya lebih detail.

  • Grammar

Grammar atau tata bahasa bahasa inggris US dan UK juga sangat berbeda. Jika orang Amerika menjelaskan kejadian yang baru terjadi menggunakan past simple tense, sedangkan orang British lebih suka menggunakan present perfect tense untuk menjelaskan hal yang sama.

Walaupun kedua negara tersebut memiliki banyak perbedaan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Namun, bukan berarti ada yang salah dengan keduanya. Justru, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris dengan lebih banyak variasi.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code