Pengertian, Jenis, dan Contoh Noun dalam Bahasa Inggris

25 November 2022 / laskarseo

Sama seperti bahasa Indonesia, tata bahasa atau grammar bahasa Inggris memiliki aturan atau rumus tersendiri, misalnya adanya noun dalam satu kalimat. Noun atau kata benda dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan dengan bahasa Indonesia, seperti pada contoh noun dalam bahasa Inggris berikut ini.

Pengertian dan Contoh Noun dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, kata benda disebut dengan noun. Kata ini digunakan untuk menamai benda-benda atau konsep di dunia yang bisa dilihat secara fisik maupun abstrak, misalnya barang, tempat, gagasan, pikiran, perasaan, dan lainnya.

Noun dapat digunakan sebagai subjek ataupun objek, baik langsung maupun tidak langsung dalam suatu kalimat. Selain itu, noun juga dapat dijadikan sebagai pelengkap subjek atau pelengkap objek. Untuk mengetahui apakah sebuah kata termasuk ke dalam noun, kamu bisa menambahkan kata “tidak” di depannya. Jika tidak cocok digabungkan dengan kata “tidak”, maka kata tersebut bisa termasuk ke dalam kata benda atau noun.

Contoh noun yang mungkin sering kamu jumpai adalah table, computer, pen, book, water, city, dan lainnya.

Jenis dan Contoh Noun dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa jenis noun yang harus kamu ketahui. Agar lebih mudah memahami, kami juga menyertakan beberapa contoh noun sesuai dengan jenisnya. Langsung disimak saja, yuk!

Contoh Noun dalam Bahasa Inggris

  • Common Noun & Proper Noun

Common noun merupakan kata benda yang merujuk pada hal-hal yang umum. Misalnya, city (kota), plant (tumbuhan), river (sungai), dan lainnya. Bagaimana kata benda ini digunakan? Misalnya, pada kalimat berikut ini.

The river is so clear.

(Sungai itu sangat jernih)

Kata river di sini merupakan hal yang umum, karena belum merujuk pada suatu sungai secara spesifik. Sungai manakah yang dimaksud? Karena masih umum, maka kata ini termasuk ke common noun.

Proper Noun merupakan kata benda yang digunakan sebagai nama spesifik dari orang, benda, tempat, dan lainnya. Jadi, kata ini memiliki makna yang lebih sempit atau spesifik daripada common noun. Contohnya adalah Indonesia, Bengawan Solo, Puppy, dan lainnya. Contoh kalimatnya:

He came from the Netherlands.

(Dia berasal dari Belanda)

Kata Netherlands (Belanda) di sini merupakan kata yang lebih spesifik dari city (kota).

  • Countable-Uncountable Noun

Countable noun merupakan kata benda yang bisa dihitung, sebaliknya uncountable noun merupakan kata benda yang tidak dapat dihitung.

Contoh dari countable noun adalah people (orang), animal (binatang), fruit (buah) yang bisa dihitung dengan jari. Sedangkan contoh dari uncountable noun adalah water (air), salt (garam), sand (pasir).

  • Abstract & Concrete Noun

Selanjutnya adalah abstract noun dan concrete noun. Abstract noun adalah kata benda yang merujuk pada kondisi, kepercayaan, sampai konsep atau singkatnya, tidak dapat diamati oleh panca indera. Contohnya adalah age, happiness, courage, fear.

Concrete noun merupakan kata benda yang merepresentasikan objek yang konkrit atau dapat diamati oleh panca indera. Contohnya adalah table, book, computer, ruler, chair.

  • Singular & Plural Noun, Collective Noun

Nah, kalau jenis noun kali ini, dibedakan berdasarkan jumlah atau kuantitasnya, yakni singular noun dan plural noun.

Pertama, singular noun merupakan kata benda yang jumlahnya adalah satu atau tunggal. Jadi, kata benda ini diawali dengan “a, an, dan the”. Contohnya adalah a pen, an hourglass, the table.

Plural noun merupakan kata benda yang jumlahnya lebih dari satu atau jamak, namun dapat dihitung. Contohnya adalah dogs, books, houses. Jadi, pada plural noun, kamu bisa menemukan tambahan “s/es” di akhir katanya.

Nah, itulah pengertian, jenis, dan contoh kata benda dalam bahasa Inggris yang berhasil kami rangkum untuk kamu. Selain yang sudah kami bahas di atas, ada juga beberapa jenis dan contoh noun lainnya. 

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?