Contoh Interview Bahasa Inggris Singkat

27 November 2023 / laskarseo

Menemukan pekerjaan yang menarik dan sesuai dengan passion merupakan impian banyak orang. Namun, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lewati seperti tes tulis dan interview. Saat ini interview banyak sekali dilakukan dalam bahasa Inggris. Disini, kami akan memberikan contoh interview bahasa Inggris singkat untuk Anda pelajari. 

Setiap perusahaan tentunya memiliki fokus yang berbeda ketika mewawancarai kandidat karyawan, terutama dalam konsentrasi bidang pekerjaannya. Di artikel ini, kami akan memberikan contoh pertanyaan umum yang seringkali ditanyakan oleh interviewer

Contoh Interview Bahasa Inggris Singkat

Berikut beberapa contoh interview bahasa Inggris singkat yang umum ditanyakan:

  1. Perkenalan Diri

Pertanyaan sesi awal interview tentunya akan mengulik lebih dalam tentang diri Anda. Contoh pertanyaannya adalah:

Could tell me about yourself? (Bisakah ceritakan tentang diri Anda? 

Pertanyaan ini mungkin cukup sering Anda dengar, namun jangan dianggap remeh ya, justru pertanyaan ini harus dijawab dengan baik agar kesan diri Anda terlihat baik. 

Cobalah untuk tidak menjawab pertanyaan di atas dengan menceritakan kondisi keluarga Anda, cukup jawab dengan pengalaman yang dianggap relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, atau jika Anda baru lulus, Anda bisa sampaikan latar belakang pendidikan. 

Berikut contoh jawabannya:

My name is Devi Tee, and I am 27 years old. I graduated from University of Indonesia and I am currently living in Bintaro, Tangerang.  I’ve working as a content writer officer for 2 years. My duty included writing articles (hard-selling, soft-selling, and sharing general information), my writing depends on the client’s request. I have always been interested in writing, so that’s why I chose to apply this job”

(Nama saya Devi Tee, umur saya 27 tahun. Saya lulusan Universitas Indonesia dan saat ini tinggal di Bintaro, Tangerang. Saya telah bekerja sebagai petugas penulis selama 2 tahun. Tugas saya antara lain menulis artikel (hard-selling, soft-selling, dan sharing informasi umum), tulisan saya tergantung permintaan klien. Saya sangat menyukai menulis, oleh karena itu saya memilih pekerjaan ini) 

  1. Sumber Informasi Lowongan Pekerjaan

Anda mungkin sudah menuliskan dalam cover letter dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaannya, namun tidak menutup kemungkinan interviewer akan menanyakan kembali terkait hal ini. Contohnya:

What is the source of information that made you aware of this job vacancy? (Apa sumber informasi yang Anda baca terkait lowongan pekerjaan ini? 

How did you know about this job vacancy? (Bagaimana Anda tahu lowongan pekerjaan ini?) 

Contoh jawaban:

I knew about this job vacancy through the company’s career website. I frequently look for job vacancies on various websites and finally come across this job that matched my personal qualifications.”

(Saya mengetahui lowongan pekerjaan melalui situs karir di website perusahaan. Saya sering kali mencari lowongan pekerjaan di website dan akhirnya membaca lowongan ini yang cocok dengan kualifikasi pribadi saya.)

Berikut adalah jawaban jika Anda tahu informasinya dari teman:

“I knew the information about this job vacancy from my friend who’s working at this company. He said that there was an opened-position that suited my background experience. I was very happy and felt lucky”

(Saya mendapatkan informasi lowongan ini dari teman saya yang bekerja di perusahaan ini. Dia mengatakan bahwa ada posisi yang dibuka yang sesuai dengan background pengalaman saya. Saya sangat senang dan merasa beruntung) 

  1. Pengetahuan Terkait Pekerjaan yang Dilamar

Pertanyaan ini biasanya untuk mengetahui seberapa siap Anda menjalankan pekerjaan. Contoh pertanyaannya:

What do you know about this job?  (Apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan ini?) 

How familiar are you with this job? (Seberapa tahu Anda dengan posisi pekerjaan ini?)

Contoh jawaban untuk posisi Content Writer Specialist:

Content Writer Specialist is responsible for writing articles that comply with applicable regulations. Every article that will be published must be free from plagiarism. Also make sure the writing has good and correct spelling. I have been an experienced writer for 2 years, so I understand good writing procedures”

(Content Writer Specialist bertanggungjawab untuk menulis artikel yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap tulisan yang akan dimuat, harus terbebas dari plagiarisme. Pastikan juga tulisannya memiliki ejaan yang baik dan benar. Saya sudah berpengalaman menjadi penulis selama 2 tahun, sehingga saya memahami prosedur menulis yang baik) 

Interview Bahasa Inggris

  1. Tentang Perusahaan

Hampir setiap rekruter perusahaan akan menanyakan seberapa kenal Anda dengan perusahaan yang akan dilamar. Contoh pertanyaannya:

How do you know about this company? (Seberapa tahu Anda dengan perusahaan ini?) 

Jawabannya:

PT XXI is a company engaged in edu-tech that helps students a lot in carrying out their education. One of its best programmes is brain academy which provides a wide range of science training along with a complete trial exam

(PT. XXI adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang edu-tech yang banyak sekali membantu para pelajar dalam menjalankan pendidikannya. Salah satu program terbaiknya yaitu brain academy yang menyediakan berbagai macam pelatihan ilmu pengetahuan beserta dengan trial ujian yang lengkap) 

  1. Mendeskripsikan Kualitas Diri

Selanjutnya, Anda pasti akan ditanya terkait kelebihan dan kekurangan diri yang dimiliki. Berikan jawaban terbaik yang didukung dengan alasan yang logis. Contoh Interview Bahasa Inggris pertanyaannya:

Could you tell me about your strengths and weakness? (Bisakah Anda informasikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki?

Anda bisa menjawab:

I am a person who is used to completing tasks or work before the deadline. My weakness is not being able to make decisions quickly, because I always consider many things to avoid obstacles with great risk. However, if a quick decision is still needed, of course, I will coordinate with the team and still do an effective analysis”

(Saya adalah pribadi yang terbiasa menyelesaikan tugas atau pekerjaan sebelum deadline. Sedangkan kekurangan saya adalah tidak dapat mengambil keputusan secara cepat, karena saya selalu mempertimbangkan banyak hal agar tidak terjadi kendala dengan resiko yang besar. Namun, apabila tetap dibutuhkan keputusan yang cepat, tentunya saja akan berkoordinasi dengan tim dan tetap melakukan analisa yang efektif) 

Dapatkan Contoh Interview Bahasa Inggris Singkat Selengkapnya di Fun English Course

Fun English Course merupakan tempat belajar bahasa Inggris yang mengimplementasikan metode belajar yang menyenangkan dan interaktif. FEC juga menyediakan program bahasa dengan kurikulum yang dibuat mengacu pada standar internasional, sehingga para peserta akan lebih  kompeten dalam berbahasa Inggris dan bisa bersaing di pasar global. 

Program yang tersedia tidak hanya untuk mengasah kemampuan peserta untuk persiapan melanjutkan pendidikan, tapi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk bekerja pun bisa bergabung dengan FEC, karena program kami sangat lengkap dan bervariasi. 

Jika Anda tertarik untuk berlatih dengan contoh interview bahasa Inggris singkat dan cara menjawabnya dengan baik, Anda bisa langsung bergabung dengan FEC (Fun English Course), silakan klik link berikut. Ayo daftar sekarang juga! 

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!