Cara Interview Bahasa Inggris

28 November 2023 / laskarseo

Ketika melamar pekerjaan, interview menjadi salah satu tahapan rekrutmen yang seringkali tidak terlewatkan. Ada sejumlah perusahaan yang mengharuskan proses interview berlangsung menggunakan bahasa Inggris. Supaya percaya diri dan bisa lolos, Anda harus mengetahui seperti apa cara interview bahasa Inggris yang benar.

Proses interview bahasa Inggris mungkin menjadi bagian yang sulit bagi sebagian orang, khususnya yang belum terbiasa berbahasa Inggris. Maka dari itu, perlu latihan dan praktik lebih rutin agar bisa percaya diri dan bisa meningkatkan peluang lolos interview.

Cara Interview Bahasa Inggris

Sebelum Anda melakukan interview bahasa Inggris, akan lebih baik jika mempersiapkannya terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses interview bahasa Inggris menjadi lancar dan Anda tidak belibet ketika sedang berbicara.

  • Riset Tentang Perusahaan

Baik interview dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, melakukan riset tentang perusahaan adalah hal yang utama. Anda perlu melakukan riset mendalam terlebih dahulu mengenai perusahaan yang Anda tuju saat proses interview.

Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada di masa kini seperti internet, media sosial, atau akun resmi perusahaan. Andisa melakukan riset mengenai sejarah, struktur organisasinya, proyek yang dikerjakan, dan lain sebagainya.

Akan lebih baik jika Anda juga turut mengetahui siapa nama HRD atau user yang akan mewawancarai Anda nanti. Ini akan menjadi kesan tersendiri bagi mereka ketika dikenal oleh kandidatnya.

  • Pelajari Pertanyaan yang Umum Ditanyakan

Cara interview dengan bahasa Inggris selanjutnya adalah mempelajari pertanyaan yang umum ditanyakan. Anda perlu mengetahui pertanyaan yang umum ditanyakan misalnya menceritakan tentang data diri, kelebihan dan kekurangan, pengalaman kerja, pendidikan, dan sebagainya.

Biasanya, jika Anda sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya akan ditanyakan juga alasan kenapa resign dari pekerjaan terakhir. Pastikan Anda dapat menjelaskannya secara profesional.

  • Berlatih Interview

Cara interview dengan bahasa Inggris yang tak kalah penting ialah berlatih. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa menuliskan terlebih dahulu sekiranya jawaban-jawaban dari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dalam sesi interview.

Tulislah dalam bahasa Inggris di buku catatan, lalu membaca dan mengutarakannya dalam bahasa Inggris. Jika Anda sudah expert, Anda cukup mengingat poin-poin penting jawaban interview dan tetap berlatih interview agar tidak gugup.

  • Gunakan Kalimat Efektif

Akan lebih baik jika Anda menulis semua jawaban dengan menggunakan kalimat efektif sebelum mulai nterview. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele, cukup poin pentingnya saja.

Cukup gunakan kalimat-kalimat sederhana yang singkat dan jelas walaupun tidak terlalu panjang. Satu hal yang penting ialah bagaimana interviewer dapat menangkap maksud dari jawaban pertanyaan yang diberikan oleh Anda.

  • Bertanya Apabila Belum Mengerti

Ketika sesi interview dimulai dan mungkin Anda merasa belum yakin dengan pertanyaan yang diajukan, Anda bisa bertanya atau meminta mengulang kembali pertanyaan yang diberikan. Interviewer tentu paham bahwa interview dalam bahasa Inggris perlu memiliki pendengaran yang baik agar bisa menangkap maksudnya.

Apabila Anda masih belum mengerti dan tidak ingin bertanya, sebaiknya jangan menjawab pertanyaan tersebut. Sebab, ini akan menunjukkan bahwa Anda asal-asalan dalam menjawab dan terkesan tidak serius.

  • Perhatikan Bahasa Tubuh

Melatih kemampuan bahasa Inggris memang sangat penting sebelum interview. Namun, bahasa tubuh juga tidak kalah penting untuk diterapkan saat interview. Bahasa tubuh menjadi salah satu bentuk komunikasi yang dapat menyampaikan lebih banyak hal ketika tidak bisa diungkapkan lewat kata-kata.

Saat wawancara, pastikan Anda menerapkan bahasa tubuh yang baik, profesional, dan elegan. Tampillah percaya diri dengan menunjukkan bahasa tubuh yang mendukung. Bahkan, Anda bisa menutupi kesalahan kata-kata melalui bahasa tubuh Anda.

  • Perhatikan Kecepatan Berbicara

Ketika interview berlangsung terutama dalam bahasa Inggris, kecepatan berbicara menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda wawancara dalam bahasa Indonesia mungkin bisa menjelaskan lebih cepat. Lalu, saat menggunakan bahasa Inggris bisa lebih lambat.

Sebaiknya, berbicara jangan terlalu cepat atau lambat agar interview dapat mendengar dengan jelas perkataan Anda. Selain itu, yang paling penting adalah kalimat jawaban Anda terdengar jelas dan tidak terkesan meleset saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Cara Interview Bahasa Inggris Bersama Fun English

  • Istirahat yang Cukup

Istirahat adalah hal yang penting dilakukan sebelum memulai interview. Pastikan Anda sudah memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dan tidak cepat lelah ketika beraktivitas.

Tidak hanya itu saja, istirahat yang cukup juga membantu kinerja otak lebih baik, sehingga Anda dapat berpikir lebih optimal ketika sedang interview. Pastikan Anda sudah tidur setidaknya 8 jam sehari sebelum melakukan interview.

  • Berpakaian Rapi

Berpakaian rapi adalah hal yang sangat penting ketika interview. Dengan berpakaian rapi, Anda menunjukkan profesionalitas Anda dalam tampil di muka umum. Selain itu, Anda menunjukkan bahwa Anda profesional dan pintar menempatkan diri.

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan ketentuan perusahaan yang diberikan ketika interview. Jika tidak ada panduan khusus, Anda bisa mengenakan pakaian formal dan rapi. Pastikan Anda juga menggunakan parfum dan sedikit dandan agar lebih rapi dan nyaman dipandang.

  • Berdoa

Cara interview dengan bahasa Inggris yang terakhir ialah berdoa. Usaha tanpa doa tentu akan kurang maksimal hasilnya. Jadi, jangan lupa untuk berdoa sesuai dengan kepercayaan Anda agar proses interview berjalan lancar dan Anda bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Cara Interview Bahasa Inggris Dengan Contoh Pertanyaan 

Dari cara interview bahasa Inggris di atas, selanjutnya ada contoh-contoh kalimat pertanyaan bahasa Inggris yang sering ditanyakan saat interview. Beriku merupakan contoh-contohnya.

  • Tell me about yourself
  • Why do you want this job?
  • Why should we hire you?
  • What is your strength and weakness?
  • What are you goals for the future?
  • Tell me about your experiences and education
  • Why did you leave your last job?
  • What are your salary expectations?

Di atas merupakan penjelasan mengenai cara interview bahasa Inggris. Perhatikan tips-tips dan cara-cara di atas sebelum Anda melakukan interview khususnya dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada pula beberapa contoh pertanyaan yang sering ditanyakan dalam sesi interview.

Cobalah untuk menuliskan jawaban Anda di kertas dan mengutarakannya dalam bahasa Inggris sebagai bahan latihan. Jadi, ketika sesi interview berlangsung, Anda tidak terlalu gugup dan lebih percaya diri untuk menjawab dalam bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saat interview, Anda bisa ikut kursus bahasa Inggris di Fun English Course. Kami merupakan lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris yang terpercaya dan memiliki kurikulum internasional.

Selain itu, pengajar-pengajar kami juga telah berpengalaman dan merupakan lulusan dari Universitas luar negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas belajar mengajar yang kami berikan. Yuk, langsung saja daftarkan diri Anda sekarang juga!

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!