Contoh Conditional Sentence Type 3 Beserta Rumusnya

12 Maret 2022 / Team Fun English Course

Kamu pasti pernah berandai-andai, kan? Nah, dalam bahasa Inggris, kalimat pengandaian disebut juga dengan conditional sentence – jenisnya ada beberapa. Di artikel ini, kamu akan belajar tentang contoh conditional sentence type 3.

Selain belajar langsung melalui contohnya, kami juga akan menjelaskan rumusnya agar kamu bisa belajar membuat kalimat dengan mudah.

Apa Itu Conditional Sentence?

Apa Itu Conditional Sentence

Conditional sentence adalah kalimat pengandaian, pada dasarnya. Lalu, ada berapa banyak jenis kalimat kondisional? Hingga saat ini ada empat jenis kalimat kondisional, yaitu tipe 0, 1, 2, dan tipe 3.

Kali ini, kamu kan memahami lebih jauh tentang third conditional sentence. Kalimat pengandaian yang satu ini menjelaskan tentang sesuatu yang sudah terjadi dan tidak bisa kamu wujudkan lagi karena kamu tidak melakukan apa-apa di masa lampau.

Rumus Conditional Sentence Type 3

Seperti conditional sentence pada umumnya, tipe yang satu ini juga memiliki dua bagian yaitu “if clause” dan “main clause”. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan kata “if” pada kalimat berjenis yang satu ini.

Selain itu, conditional sentence type 3 menggunakan past tense karena menjelaskan kejadian yang sudah lampau. Berikut ini adalah rumus membuat kalimat kondisional tipe 3.

If + past perfect sentence, subject + might/could/should/would + have + past participle sentence.

Tentu saja, kamu bisa menggunakan if conditional untuk berbagai jenis kalimat, termasuk kalimat tanya juga. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa ada bagian kalimat yang menjelaskan suatu kondisi dan bagian yang lain menjelaskan akibatnya.

Contoh Conditional Sentence Type 3

Contoh Conditional Sentence Type 3

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Di bawah ini kamu bisa mempelajari contoh conditional sentence type 3 beserta real fact dan artinya, agar lebih mudah dipahami.

Positive sentences

  • If you had let me to take care of your garden while you were away, these orchids would have bloomed now. (Kalau saja kamu membolehkanku merawat tamanmu ketika kamu pergi, anggrek-anggrek ini akan bermekaran sekarang.)
  • We would have left for New York this morning, if your neighbor’s cat had not stuck in our attic. (Kita pasti sudah di New York pagi ini, kalau saja kucing tetanggamu tidak terjebak di loteng rumah kita.)
  • If Andreas had passed the license test last week, we would have travelled around Las Vegas now. (Kalau saja Andreas lulus tes SIM minggu lalu, kita pasti sudah keliling Las Vegas sekarang.)

Negative sentences

  • Maia wouldn’t have worked on the weekend, if the boss had fixed the office’s computers. (Maia pasti tidak perlu bekerja di akhir pekan, jika saja bosnya sudah membetulkan komputer kantor.)
  • If you had allowed me to adopt a cat, I might not have been this lonely. (Kalau saja kamu membolehkanku mengadopsi kucing, pasti aku tidak merasa kesepian.)
  • You shouldn’t have come late to the class this morning if you had come home last night. (Kamu tidak akan terlambat masuk kelas pagi ini kalau saja kamu pulang tadi malam.)

Interrogative conditional sentences

  • Would you have attended to my party if I had emailed an invitation? (Apakah kamu akan datang ke pestaku kalau saja aku mengirimkan undangannya lewat email?)
  • What could you have done if Maia had asked you out instead? (Apa yang mungkin kamu lakukan kalau saja Maia mengajakmu kencan?)
  • Where would you have planned your honeymoon if your fiance had not called off the engagement? (Ke mana kamu akan merencanakan bulan madu kalau saja pasanganmu tidak membatalkan pertunangan kalian?)

Belajar Bahasa Inggris di Fun English Course

Belajar Bahasa Inggris Seru di Fun English Course

Belajar bahasa Inggris tidak seharusnya sulit, kok. Kamu hanya perlu tempat kursus yang tepat, tepercaya, dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah, Fun English Course menawarkan berbagai kelas bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. Mulai dari untuk anak-anak, pemula, intermediate, persiapan tes, hingga kelas conversation, semua tersedia di sini.

Tidak hanya belajar tentang contoh conditional sentence type 3, tapi kamu juga menguasai bahasa Inggris dengan lebih mudah. Tunggu apa lagi? Daftarkan diri kamu segera di Fun English Course, ya.

Rate this post