Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar
(+ Belajar Inggris)

17 Februari 2022 / Team Fun English Course

Apakah kamu sudah bisa menerapkan berbahasa Indonesia yang baik dan benar? Sudah tahu maksud dari kata “baik” dan “benar” di dalamnya? Atau justru belum tahu sama sekali?

Sebelum mempelajari bahasa asing, ada baiknya untuk mengenal sedikit tentang bahasa Indonesia. Untuk apa? Selain atas rasa hormat kepada bahasa persatuan, mengenal bahasa Indonesia lebih dalam bisa membantu proses kamu belajar bahasa asing, lo!

Kok bisa? Coba simak di bawah.

Pengertian Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Pengertian Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Menurut Ivan Lanin, Wikipediawan dan Direktur Narabahasa, saat menggunakan Bahasa Indonesia pada konteksnya, berarti kamu sudah ada di jalan yang tepat. Sementara, ketika kamu menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidahnya, kamu telah menerapkan kebahasaan dengan sempurna.

Apa maksud dari konteks dan kaidah?

Konteks adalah cara penyampaian. Kalau lawan bicara mengerti tentang apa yang kamu sampaikan, berarti sesuai pada konteks.

Sedangkan kaidah adalah menggunakan bahasa Indonesia sesuai tata bahasa, ejaan, dan peristilahan yang benar.

Cara Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar

Dari penjelasan Ivan Lanin, kamu bisa mengambil kesimpulan:

Kamu tidak perlu menggunakan bahasa baku. Asalkan bahasa yang kamu gunakan sesuai dengan konteks dan kaidah berbahasa, itu sudah cukup.

Misalnya saat kamu belanja di pasar. Apakah kamu pernah mendengar penjual dan pembeli menggunakan bahasa baku? Pasti jarang, atau bahkan tidak pernah.

Tapi hasilnya? Transaksi tetap terjadi. Pembeli dapat sayur. Penjual dapat uang.

Contoh lainnya, saat kamu memesan tiket nonton bioskop. Apakah kamu pernah mendengar penjaga karcis bioskop yang tidak menggunakan baku? Pasti jarang. Kalaupun pernah, mungkin penjaga tiketnya sedang lupa prosedur.

Tapi hasil akhirnya? Kamu tetap bisa dapat tiket, tempat duduk, dan bisa nonton film. Penjaga tiketnya juga senang karena menjalankan tugasnya dengan baik.

Jadi caranya adalah gunakan bahasa sesuai konteksnya dulu. Tidak perlu baku kalau kondisinya tidak memerlukan kamu untuk menggunakan bahasa baku. Dan kalau harus menggunakan bahasa baku, gunakan sesuai dengan kaidah.

Mengecek Kaidah Bahasa Indonesia via Online

KBBI Online

Sampai saat ini tidak ada alat (tools) untuk mengecek benar atau salahnya kaidah di dalam sebuah kalimat. Untungnya, ada e-book dan website yang bisa kamu gunakan sebagai acuan yang juga berisi contoh bahasa yang benar dan tidak benar, yaitu:

Mau bahasa Indonesia kamu lebih sempurna daripada teman, rekan kerja, bahkan guru Bahasa Indonesia? Dua e-book dan satu website rekomendasi di atas bisa menjadi “senjata” kamu.

English, Bahasa yang Tidak Kalah Penting dari Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris tidak kalah penting dengan Bahasa Indonesia

Setelah belajar Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar, bahasa Inggris adalah bahasa asing yang selanjutnya harus kamu pelajari. Harus. Bukan opsional.

Kenapa? Supaya kamu tidak menggunakan bahasa Indo-English seperti beberapa kalangan di sekitar Jaksel (Jakarta Selatan).

Saat kamu baru belajar, pasti ada rasa ragu dan bingung. Pertanyaan seperti ini akan timbul: (1) harus mulai belajar dari mana? (2) cara belajar yang benar seperti apa? (3) cara mengukur proses belajarnya bagaimana?

Dan ini solusinya:

Eksplorasi dan Eksperimen!

Explorasi

Sama seperti belajar bahasa Indonesia, yang kamu butuhkan adalah eksplorasi. Rekomendasi e-book dan website di atas juga salah satu bentuk eksplorasi saat belajar bahasa Indonesia. Dan proses ini bisa kamu ulangi saat belajar bahasa Inggris!

Mulai saja belajar dari e-book atau video YouTube, dari sini kamu bisa terus eksplorasi dan melakukan eksperimen. Maksud dari eksperimen adalah menerapkan semua yang kamu pelajari, jadi bukan hanya sekadar belajar. 

Masih ragu, bingung, takut? Bagaimana kalau ada pemandunya? Mau belajar bareng? Coba ke sini.

Tempat Eksplorasi dan Eksperimen yang Fun!

FunEnglishCourse.com punya program bernama English Club yang merupakan tempat newbie-friendly untuk belajar bahasa Inggris. Bukan hanya eksplorasi dan eksperimen bahasa Inggris, di sini kamu punya teman yang bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga antusias belajar bahasa Inggris!

Mau coba Free Membership? Ambil di sini, ya!

Rate this post