Tips Belajar Bahasa Inggris untuk PAUD yang Menyenangkan

14 Desember 2022 / laskarseo

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang bisa diberikan kepada buah hati sejak dini. Apabila kamu penasaran dengan tips belajar bahasa Inggris untuk PAUD, berikut uraiannya:

Seputar Tips Belajar Bahasa Inggris untuk PAUD

Ada beberapa hal yang harus perhatikan agar anak merasa nyaman saat belajar bahasa Inggris. Untuk penjelasan lebih lanjut, kamu bisa menyimaknya uraian di bawah ini:

1. Memahami Anak Usia PAUD

PAUD atau pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya dalam pembinaan anak-anak sejak lahir hingga mencapai usia 6 tahun. Pembinaan dapat dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan. 

Hal tersebut bertujuan untuk membantu tumbuh dan kembang anak dalam mempersiapkan pendidikan lanjut. Apakah kamu memiliki buah hati dalam kategori usia PAUD? Tidak masalah jika ingin memberikan pembelajaran bahasa inggris untuk PAUD. 

Pemberian pelajaran bahasa Inggris untuk anak sejak dini mampu menambah kemampuan bahasanya. Selain itu, secara tidak langsung kamu juga telah membantu anak dalam mempersiapkan masa depannya.

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan hampir diseluruh negara dan sangat menunjang masa depan anak, pemberian materinya tidak boleh dipaksakan. Kamu bisa mengajak anak untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

2. Memberikan Tontonan Video Berbahasa Inggris

Apabila kamu memiliki batita atau balita, pembelajaran yang cocok dan bisa diberikan adalah menggunakan media video. Hal ini akan sangat membantu kamu meskipun anak masih belum bisa berbicara dan memiliki kosakata yang masih minim.

Belajar Bahasa Inggris untuk PAUD

Penyerapan otak yang paling cepat terjadi pada anak usia PAUD. Anak kamu bisa mempelajari bahasa inggris dasar melalui pendengaran dan penglihatannya. 

3. Mengenalkan Angka dalam Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mengenalkan angka dalam bahasa Inggris. Pengenalan dapat kamu lakukan menggunakan kartu angka, nyanyian, atau video tentang angka.

Dalam hal ini anak akan belajar angka beserta dengan bahasa Inggrisnya. Cara ini bertujuan agar anak mampu mengenal angka dan membilang dalam bahasa indonesia maupun Inggris.

Pengenalan angka bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun, selagi anak dalam suasana hati yang baik. Angka yang diajarkan bisa kamu sesuaikan dengan umur serta kemampuan buah hati. Apabila anak sudah mampu meniru dan melafalkan sendiri, kamu bisa menambah angka lagi.

Lakukan secara kontinyu dan menyenangkan, serta tidak memaksa buah hati untuk mengingatnya.

4. Mengenalkan Berbagai Warna

Cara berikutnya yang bisa kamu ajarkan kepada anak adalah pengenalan warna menggunakan bahasa Inggris. Sama halnya seperti pengenalan angka, kamu bisa menggunakan lagu agar anak mudah untuk mengingatnya.

Kamu juga bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitar untuk memperkenalkan warna. Manfaatkan baju, aksesoris, mainan, atau benda yang ada di dekat anak pada saat itu untuk melatih dan mengasah ingatan tentang warna beserta bahasa Inggrisnya.

Dengan cara ini, anak akan mudah mengingat karena pengulangan yang dilakukan secara berkala. Ketika anak menunjukkan rasa bosan, kamu bisa menggunakan cara lain atau bisa mengulanginya ketika anak sudah enjoy kembali.

Ketika kemampuan anak sudah meningkat, kamu bisa menambahkan kosakata baru tentang warna. Seiring dengan bertambahnya usia, kamu juga bisa memperkenalkan kalimat sederhana dengan menggunakan kosakata warna yang telah diketahui anak.

5. Mengenalkan Nama-nama Hewan

Mengenalkan nama-nama hewan menggunakan bahasa Inggris juga bisa menjadi pembelajaran yang seru untuk anak. Kamu dapat menggunakan gambar, video animasi, ataupun hewan peliharaan yang ada di lingkungan sekitar.

Memperbanyak kosakata tentang hewan menggunakan lagu juga akan memudahkan anak dalam menghafal dan mengingatnya. Ketika anak sudah mampu mengingat beberapa kosakata yang telah kamu ajarkan, sesekali ajaklah buah hati ke kebun binatang untuk mempertajam ingatnnya.

Sebisa mungkin memanfaatkan kesempatan dalam memberikan pengajaran kepada anak. Lakukan secara kontinyu dengan cara yang menyenangkan agar anak tetap asik dalam mempelajarinya.

Setelah anak bisa menghafal kosakata tersebut, kamu bisa melatihnya untuk memulai menggunakan kosakata tersebut dalam membuat kalimat sederhana.

6. Menggunakan Benda di Sekitar

Salah satu kunci keberhasilan anak dalam berbahasa Inggris adalah memperbanyak kosakata yang dihafal. Selain angka, warna, dan nama-nama hewan, kamu bisa menggunakan benda-benda di sekitar untuk memperkaya kosakata.

Pengenalan benda menggunakan bahasa Inggris dapat kamu lakukan di setiap momen, seperti waktu makan, menonton televisi, mandi, mengenakan baju, dan lain sebagainya.

Ketika anak sudah berhasil menghafal bahasa Inggris dari benda-benda di sekitarnya, kamu bisa menanyakan apa bahasa Inggris dari benda yang kamu tunjukkan. Biarkan anak menjawab dengan kemampuannya. 

7. Menggunakan Metode yang Sesuai

Cara berikutnya adalah mengenali kepribadian dan kemampuan anak. Dengan demikian, kamu akan mengetahui metode pembelajaran apa yang cocok untuk buah hati. 

Beberapa metode belajar bahasa Inggris untuk PAUD yakni menggunakan video animasi berbahasa Inggris, percakapan yang menyenangkan, permainan, lagu-lagu, dan bacaan bergambar.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berahasa Inggris adalah melatih dan mengulanginya secara kontinyu. Apabila kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengajarkan bahasa inggris kepada sang buah hati, bisa menggunakan jasa lembaga kursus.

Dalam pemilihan lembaga kursus, pilihlah lembaga yang menyediakan pembelajaran yang cocok untuk anak usia PAUD. Anak juga akan merasa senang karena bisa belajar bahasa Inggris bersama teman yang lain. Kemampuan dalam bersosialisasi juga dapat meningkat.

Lembaga Belajar Bahasa Inggris untuk PAUD

Alternatif yang cocok apabila kamu tidak memiliki waktu untuk mengajar sang buah hati untuk belajar bahasa Inggris adalah mendaftarkannya di lembaga kursus. Melalui lembaga kursus  bahasa Inggris untuk PAUD, anak akan belajar sambil bermain.

Kamu dapat memilih lembaga yang menyenangkan dan cocok untuk anak. Hal tersebut bertujuan supaya anak tidak jenuh dan bisa enjoy dalam menerima materi. Kemampuan berbahasa Inggris anak akan meningkat ketika mampu menerima materi dengan kondisi happy.

Kami, lembaga kursus bahasa Inggris Fun English  menyediakan kelas khusus untuk anak usia PAUD. Berbagai jenis kursus untuk program for childer (english basic) kami sediakan dengan harga yang bervariasi.

Paket yang kami tawarkan bisa menjadi pilihan untuk memilih kelas yang sesuai dengan anak. Kamu bisa mempertimbangkan pemilihan berdasarkan kemampuan anak, target yang ingin dicapai, dan juga kondisi keuangan.

Informasi Seputar Program English Basic di Fun English

Program English Basic dirancang secara khusus untuk membangun penguasaan bahasa Inggris anak-anak usia PAUD. Program ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sang buah hati. 

Secara umum, program English Basic memiliki tujuan untuk meningkatkan reading, speaking, listening, dan writing pada anak. Kami menyediakan pembelajaran dengan mentor dan metode yang menyenangkan.

Apabila kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa Inggris, jangan ragu untuk menghubungi kami. Segera daftarkan anak kamu untuk belajar bahasa Inggris untuk PAUD di Fun English. 

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?