Belajar Bahasa Inggris Otodidak

31 Agustus 2022 / laskarseo

Otodidak merupakan metode belajar secara mandiri yang bisa meningkatkan skill atau kemampuan seseorang. Dengan metode belajar otodidak, seseorang bisa memiliki kemampuan bahkan tanpa perlu ikut kursus. Lalu, bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak? 

Belajar Bahasa Inggris Otodidak 

Bahasa Inggris merupakan subjek pelajaran yang bisa disampaikan secara teoritis maupun praktikal. Tanpa adanya kemampuan yang baik dalam berbahasa Inggris, seseorang akan merasa kesulitan di bidang pendidikan maupun karir. Selain itu, orang tersebut juga akan mengalami kesulitan ketika harus berkomunikasi dengan warga negara lain. 

Apabila kamu ingin fasih berbahasa Inggris, bisa belajar bahasa Inggris otodidak, kok. Berikut ini beberapa cara belajar bahasa Inggris secara otodidak yang perlu kamu tahu : 

  • Baca buku berbahasa Inggris 

Salah satu cara belajar bahasa Inggris secara otodidak yaitu membaca buku berbahasa Inggris. Cara ini lumayan ampuh dimanfaatkan oleh orang yang ingin belajar bahasa asing tersebut. Sebab, membaca buku berbahasa Inggris akan memperkaya kosakata bahasa dalam otak seseorang. 

  • Mendengarkan podcast berbahasa Inggris

Berikutnya, cara belajar bahasa Inggris secara otodidak yaitu mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Ketika mendengarkan podcast berbahasa asing, seseorang akan berusaha keras mencerna makna dari konten yang dibuat tersebut. Sehingga secara tidak langsung mereka belajar bahasa Inggris melalui konten podcast.  

Bahasa Inggris Otodidak

  • Melihat konten berbahasa Inggris

Jika kamu hobi melakukan scrolling media sosial, pastikan untuk melihat-lihat konten berbahasa Inggris. Konten di media sosial umumnya dilengkapi dengan desain visual yang menarik, dan hal tersebut mampu menggugah minat belajar seseorang. Bila terdapat kosakata yang belum kamu mengerti, segeralah mencari artinya dari kamus. 

  • Mengatur settingan gadget agar berbahasa Inggris

Di era modern, sebagian besar memiliki gadget yang bisa disetting dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Bila ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak, alangkah baiknya kamu mengatur settingan gadget agar full berbahasa Inggris. Maka, mau tidak mau kamu harus mempelajari arti demi arti dari komponen gadget tersebut agar bisa digunakan. 

  • Melihat video berbahasa Inggris

Berikutnya, cara lain belajar bahasa Inggris secara otodidak yaitu melihat video berbahasa Inggris. Video berbahasa Inggris akan mampu membuatmu belajar kosakata baru, agar mengerti isi videonya secara keseluruhan. Hal yang sama berlaku juga ketika kamu nonton film berbahasa Inggris. 

  • Mendengarkan musik berbahasa Inggris

Motivasi terbesar biasanya datang dari hal-hal yang disukai. Cara lain untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak yaitu mendengarkan musik berbahasa Inggris. Sekarang ini ada banyak sekali lagu populer yang dirilis menggunakan bahasa Inggris. 

Cobalah untuk memahami satu demi satu perkataannya, lalu artikan ke dalam bahasa Indonesia. Maka, secara tidak langsung kamu telah belajar bahasa Inggris secara otodidak. 

Ke-6 langkah tersebut merupakan cara belajar bahasa Inggris secara otodidak yang bisa dipraktekkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk mempraktekkan satu demi satu langkahnya agar kamu mahir berbahasa Inggris tanpa ikut kursus, ya!

Join di Fun English Course!

Belajar bahasa Inggris secara otodidak memang menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dari ahlinya secara langsung. 

Dan kamu bisa belajar dengan harga yang cukup terjangkau bisa belajar bahasa Inggris di Fun English Course. Tutor pengajar kami akan mengajarkan bahasa Inggris dengan metode yang sangat menyenangkan. Jadi, pastikan untuk bergabung hanya di Fun English Course sekarang juga, yuk!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code