Bagaimana Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD?

14 Januari 2023 / laskarseo

Banyak guru SD yang masih kesulitan menemukan cara yang tepat untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak kecil. Sehingga pertanyaan bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD? masih sering muncul. Selain metodenya, siswa di Indonesia juga masih banyak yang menganggap pelajaran bahasa Inggris itu susah. 

Sehingga untuk membuat pembelajaran yang asik dan membuat mereka merasa bahasa Inggris merupakan pelajaran yang mudah, cara pembelajarannya pun harus tepat. Setiap tingkatan sekolah memang membutuhkan metodenya masing-masing, termasuk untuk tingkat SD.

Bagaimana Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Baik guru baru maupun yang sudah senior, tetap mungkin untuk bingung cara mengajarkan bahasa Inggris kepada anak SD. Misal guru yang dulunya mengajar di SMA lalu pindah ke SD. Bagi kamu yang bingung bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD? Berikut ini cara-caranya.

  1. Tentukan Aksen yang Akan Dipakai

Dalam mengucapkan bahasa Inggris, ada aksen British dan American. Pengucapan kedua aksen ini memiliki perbedaan yang signifikan. Tentukan aksen mana yang akan dipakai untuk mengajarkan anak SD. Di tahap awal ini, cukup mengajarkan dengan satu aksen agar mereka tidak bingung. 

  1. Fokus Mengajar Active Skills

Dalam ilmu bahasa, ada empat skill yang dipelajari, yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Keempat skill ini harus diajarkan secara bertahap untuk anak SD. Bagi kelas awal seperti kelas 1 SD, fokuslah mengajarkan bahasa Inggris untuk skill berbicara (speaking) dan mendengar (listening). 

Bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD

 

Pada semester dua atau kelas 2 SD, jumlah skill bisa ditambah. Guru bisa mulai mengajarkan penulisan kata-kata dalam bahasa Inggris. Mengajarkan penulisan ini sangat penting karena pelafalan dan penulisan seringkali berbeda. 

  1. Buat Pembelajaran yang Terencana

Sebelum mengajar, pastikan seorang guru sudah merencanakan seluruh topik pembelajaran dengan runut untuk hari itu dan semester itu. Jangan sampai topik pembelajaran yang diberikan berubah-berubah karena siswa akan sulit memahaminya. Oleh karena itu, buku ajar harus digunakan dengan sebaik mungkin. 

  1. Gunakan Metode Fun Learning

Anak-anak SD lebih rentan mudah merasa bosan ketika belajar. Hal inilah yang membuat pembelajaran tingkat SD harus menggunakan berbagai metode yang menyenangkan. Suasana kelas harus menyenangkan, asik, san berbeda sehingga siswa tidak merasa jenuh. Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu fun learning

Dengan metode fun learning, bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD? Ketika proses pembelajaran berlangsung, guru bisa menyisipkan berbagai games, tarian, lagu, foto, poster, dan lainnya. Bisa juga sesekali siswa diajak menonton film kartun pendek yang menggunakan kalimat sederhana dan vocabulary-nya mudah dipelajari. 

  1. Gunakan Media Pembelajaran yang Tepat

Ketika belajar di jurusan PGSD, pastinya sudah tidak asing untuk membuat media pembelajaran yang asik, menarik, dan tepat. Penggunaan media pembelajaran ini pun berlaku untuk mengajarkan bahasa Inggris. Jika memang membutuhkan media pembelajaran, maka guru harus mengusahakannya. 

Kursus Bahasa Inggris Menyenangkan di Fun English

Selain menentukan cara yang tepat untuk proses pembelajaran, seorang guru pun harus mumpuni dalam pengetahuan bahasa Inggris yang dimiliki. Mulai dari speaking, listening, reading, dan writing. Jika seorang guru salah dalam pengucapannya, maka siswa pun akan ikut salah mengucapkan. 

Bagi kamu yang ingin meningkatkan skill bahasa Inggris, Fun English akan menjadi pilihan paling tepat sebagai tempat belajar fasih berbahasa Inggris dengan program yang fun. Ada kelas dan program yang sesuai usia atau kebutuhan lainnya. Jika sudah fasih, menerapkan bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD pun akan lebih mudah. 

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?