Apakah Bahasa Inggris Wajib di SD?

13 Januari 2023 / laskarseo

Sejak munculnya kurikulum 2013, mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SD tidak lagi wajib diajarkan. Namun saat ini sudah mulai diterapkan kurikulum terbaru, yaitu kurikulum merdeka. Apakah Bahasa Inggris Wajib di SD? Pada kurikulum merdeka belajar, mata pelajaran ini sudah kembali dihidupkan.

Artinya, Bahasa Inggris pada tingkat SD sudah menjadi materi wajib yang harus diajarkan kepada siswa. Namun tidak semua kelas pada tingkat ini diwajibkan untuk mempelajari Bahasa Inggris. Hal seperti ini saja terjadi atas pertimbangan oleh pihak sekolah yang sebelumnya telah menyesuaikan keadaan dan juga kepentingannya.

Apakah Bahasa Inggris Wajib di SD? Inilah Alasan Hilangnya Bahasa Inggris di SD

Pada kurikulum 2013 tidak tercantum pelajaran Bahasa Inggris karena memprioritaskan pengenalan bahasa Indonesia dan juga bahasa daerah sebagai bahasa ibu. Namun pada saat ini terdapat kurikulum terbaru yaitu merdeka belajar. Apakah Bahasa Inggris wajib di SD? Jawabannya sudah pasti iya.

Untuk kurikulum merdeka belajar lebih banyak berfokus pada pengembangan esensial materi, pengembangan karakter dan juga kompetensi peserta didik. Kurikulum ini diterapkan tidak hanya pada jenjang SD saja, melainkan tingkat PAUD, SMP, SMK, SMA, pendidikan khusus dan kesetaraan.

Apakah Bahasa Inggris Wajib di SD

Hal ini dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan karena bahasa Inggris pada saat ini sudah menjadi kebutuhan perkembangan zaman. Penghapusan muatan lokal Bahasa Inggris memang sangat disayangkan. Oleh karena itu, saat ini materi pelajaran Bahasa Inggris sudah diwajibkan untuk diajarkan kepada siswa tingkat SD.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Pada Tingkat SD

Mata pelajaran Bahasa Inggris beberapa tahun terakhir memang dihapuskan. Pilihan seperti ini bukanlah hal yang tepat, karena memang bahasa Inggris menjadi hal penting di era teknologi seperti ini. Mempelajari bahasa inggris haruslah sesuai dengan porsinya, terlebih lagi untuk tingkat SD.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, sehingga sudah seharusnya dipelajari mulai dari dini. Apabila bahasa Inggris tidak diajarkan di sekolah, maka sebagai orang tua haruslah membantu anak untuk mempelajari bahasa Inggris. Alasan mempelajari bahasa Inggris sejak tingkat SD karena beberapa hal berikut.

  1. Golden Age

Anak pada usia 7 hingga 12 tahun merupakan masa keemasan. Dimana anak masih dalam tahap perkembangan dan dalam proses belajar hal yang logis. Otak pada anak pada usia ini mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Untuk mengenalkan bahasa Inggris pada usia ini tidaklah terlalu sulit dan dapat dengan mudah melatih kemampuan kognitifnya.

  1. Dapat Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Seperti yang sudah diketahui bahwa bahasa internasional adalah bahasa Inggris. Agar bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, maka diperlukan untuk memperbanyak kosa kata. Anak pada usia ini akan lebih mudah untuk menghafalkan kosa kata, sehingga memumngkinkan dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

  1. Bekal Di Masa Depan

Apabila memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, maka bisa memudahkan untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, dapat memudahkan nantinya di dunia kerja. Memang pada saat ini hampir semua jenis pekerjaan banyak membutuhkan seseorang yang mahir bahasa Inggris.

Itulah beberapa alasan pentingnya bahasa Inggris dipelajari sejak tingkat SD. Apalagi saat ini hampir semua perangkat elektronik menggunakan Bahasa Inggris. Apabila memahami bahasa Inggris, sudah pasti kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari bidang IT. Memang tidak ada ruginya mempelajari Bahasa Inggris.

Jadi, apakah Bahasa Inggris wajib di SD? Kamu sudah tahu sendiri jawabannya. Jangan malas untuk mempelajari Bahasa Inggris. Agar lebih memudahkan kamu untuk mempelajarinya, bisa dengan mengikuti kursus tambahan bersama guru profesional. Ayo bergabung di Fun English Course disini.

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?