Langkah Awal Belajar Bahasa Inggris

18 November 2022 / laskarseo

Pada langkah awal belajar Bahasa Inggris, apa basic skill yang harus dikuasai? Pertanyaan tersebut sering muncul dari seseorang yang baru belajar Bahasa Inggris. Tidak jarang kamu merasa ingin belajar Bahasa Inggris tapi bingung dari mana harus memulainya.

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum belajar Bahasa Inggris adalah empat basic skill yang harus dikuasai oleh seorang penutur bahasa, yaitu skill reading (membaca), listening (mendengar), writing (menulis) dan speaking (berbicara). Keempat basic skill tersebut bisa kamu pelajari dengan berbagai macam metode.

6 Langkah Awal Belajar Bahasa Inggris

Setelah mengetahui empat basic skill yang harus dikuasai, selanjutnya kamu bisa menyimak langkah-langkah awal belajar Bahasa Inggris yang bisa diterapkan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Belajar Kata-kata Dasar

Langkah awal yang harus dilakukan ketika belajar Bahasa Inggris adalah belajar kata-kata dasar yang paling sering digunakan dalam sehari hari. Kamu bisa belajar kata dasar dengan membuka kamus dan mencatatnya di buku saku agar lebih mudah diingat.

Contoh kata dasar yang paling sering digunakan adalah sebagai berikut:

  • Now = sekarang
  • Today = hari ini
  • Yesterday = kemarin
  • Tonight = malam ini
  • Forever = selamanya
  • Eat = makan
  • Salt = garam
  • Sugar = gula
  • Egg = telur
  • Spice = bumbu
  • Sorry = minta maaf
  • Please = tolong
  • Thank you = terima kasih

Belajar dengan Menonton Film dan Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa belajar Bahasa Inggris dengan menonton film atau mendengarkan lagu yang berbahasa Inggris. Kamu bisa menonton film berbahasa Inggris, kamu akan belajar skill listening percakapannya dan reading subtitle di dalam film.

Awal Belajar Bahasa Inggris

Begitu juga dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, kamu bisa menerjemahkannya agar memahami makna lagu tersebut. Kemudian bisa ikut menyanyikannya untuk melatih skill speaking.

Belajar Membaca Buku Berbahasa Inggris

Jika kamu sudah mulai menguasai kata-kata berbahasa Inggris, langkah selanjutnya kamu bisa belajar membaca buku berbahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan basic skill. Tidak harus membaca novel yang berisi full Bahasa Inggris, kamu bisa memulai dengan membaca komik berbahasa Inggris agar lebih mudah memahaminya.

Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

Salah satu basic skill yang harus dikuasai dalam belajar Bahasa Inggris adalah writing atau menulis. Dengan belajar menulis kata-kata berbahasa Inggris, kamu tidak hanya mengembangkan skill writing, tapi juga reading dan speaking. Karena setelah menulis biasanya secara otomatis kamu akan membaca dan mengucapkannya.

Belajar Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Jika kamu sudah menguasai skill reading, listening dan writing, maka langkah selanjutnya adalah belajar berbicara atau speaking menggunakan Bahasa Inggris. Kamu bisa belajar speaking dengan cara berbicara sendiri di depan cermin seolah-olah sedang berbicara dengan seseorang.

Cara tersebut sering disarankan oleh para tutor les Bahasa Inggris untuk meningkatkan skill speaking. Selain itu kamu juga bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berbicara dengan Bahasa Inggris untuk melatih publik speaking.

Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Langkah terakhir belajar Bahasa Inggris adalah dengan memanfaatkan aplikasi belajar online yang kini banyak tersedia gratis maupun berbayar. Kamu bisa memilih level atau tingkatan sebelum memulai belajar. Biasanya jika kamu memilih aplikasi belajar online, maka kamu akan belajar sesuai materi yang tersedia tanpa didampingi oleh tutor.

Namun jika kamu memilih aplikasi belajar online yang didampingi tutor, maka kamu bisa mempelajari materi yang diberikan sekaligus berlatih langsung dengan tutornya. Mulai dari berlatih reading sampai speaking atau conversation dengan tutor. Kamu juga akan mendapatkan feedback tentang proses belajar Bahasa Inggris yang sudah dilakukan.

Nah, itulah langkah awal belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan secara mandiri. Tapi jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris dengan didampingi oleh tutor yang berpengalaman dan materi dari kurikulum berstandar internasional, yuk gabung dengan kami di Fun English Course. Kamu akan belajar Bahasa Inggris sekaligus mendapatkan pengalaman menarik yang seru dan mengasyikkan.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code