At Least Itu Artinya Apa?

9 Mei 2022 / laskarseo

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang mempunyai banyak jenis frasa. Setiap frasa tentunya memiliki arti yang khusus dan bisa berbeda penggunaannya, sebut saja at least.

Kata tersebut pada umumnya memiliki arti setidaknya paling sedikit, dalam bahasa Indonesia. Namun, at least mempunyai arti lain apabila tujuan penggunaannya berbeda.

Maksud Dari Kata At Least dan Contoh Penggunaannya

Kamu pastinya sering mendengar orang-orang menggunakan kata at least saat melakukan conversation. Akan tetapi, sebenarnya apa fungsi dari kata yang satu ini?

At least secara umum memiliki arti setidaknya (paling sedikit), serta pengertiannya dapat didefinisikan sebagai kata no less than. Ini berarti, kata at least menunjukkan jumlah paling sedikit ditentukan maupun diharapkan.

Maksudnya, kata ini lebih difungsikan ketika kamu akan membicarakan tentang jumlah minimum dari apa yang diharapkan, menegaskan, maupun menyatakan hal-hal positif yang terdengar sangat optimistik.

Adapun contoh penggunaan kata at least dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, yaitu:

I don’t think you ought to be frantic at him on account of a little slip-up. At least he had attempted his best to make you upbeat.

“Aku pikir hanya karena kesalahan kecil tidak seharusnya kamu marah kepadanya. Setidaknya dia telah melakukan yang terbaik untuk membuatmu lebih senang”.

Contoh lainnya penggunaan kata ini yang bisa kamu gunakan di awal kalimat, yakni:

“At least I will host her birthday get-together even though I was late”.

“Setidaknya, aku sudah datang ke pesta ulang tahunnya meskipun aku terlambat”.

At Least Sebagai Kata Untuk Menyatakan Jumlah Minimum

Sebelumnya kamu sudah sedikit mengetahui contoh dari kalimat yang menggunakan kata at least ini. Seperti yang sudah dijelaskan, kata ini memiliki arti setidaknya (paling sedikit) dan berfungsi untuk menyatakan jumlah minimum.

at least itu artinya apa

Adapun contoh kalimat ini yang perlu kamu ketahui, yakni:

  • I will go to the bank to make a bank account. I have to prepare at least 200.000 IDR to open a new bank account.

“Aku akan pergi ke bank untuk membuat akun rekeningnya. Aku perlu menyiapkan uang setidaknya Rp 200.000,00 untuk membuka akun rekening bank yang baru”.

  • I shall apply for a job in the Samsan Tech Company. The applications should possess at least four years of experience in the required field.

“Aku akan melamar pekerjaan di Samsan Tech Company. Para pelamar kerja perlu memiliki setidaknya empat tahun pengalam kerja di bidang yang diperlukan”.

At Least, Kata Untuk Menyatakan Fakta Atau Hal yang Tidak Pernah Terjadi

Secara harfiah, memang at least ini artinya adalah setidaknya paling sedikit. Namun kata ini pun mempunyai arti lain, yakni menyatakan suatu fakta atau suatu hal yang tidak pernah terjadi.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini contoh kalimat dengan kata at least yang menyatakan fakta maupun hal yang tidak pernah terjadi, yaitu:

I had a Biology class at 08.00 a.m. But, I came to the class at 08.05 a.m. At least, I didn’t come late.

“Aku memiliki kelas Biologi pada pukul 08.00 pagi. Namun, aku harus datang pukul 07.45 pagi. Setidaknya, aku tidak datang terlambat”.

Disamping itu, penggunaan kata at least juga bisa kamu temukan dalam berbagai bentuk. Adapun beberapa bentuk frasa dari kata at least yang bisa ditemukan dalam bahasa Inggris, diantaranya?

  • At least me.
  • At least number.
  • But the least.

Penggunaan kata at least ini cukup luas dalam pengaplikasiannya. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kalimat yang ingin diutarakan. Namun, susunlah kalimat dengan penggunaan at least ini secara terstruktur dan teratur, jangan asal-asalan ya!

Jika kamu ingin lebih memahami bahasa Inggris dengan baik dan benar, Fun English Course bisa jadi tempat terbaik untuk kursus bahasa Inggris dari dasar hingga mahir lho. Yuk gabung bersama kami!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code