Apakah Itu Literally? Dan Bagaimana Penggunaannya?

10 Mei 2022 / laskarseo

Mungkin diantara kamu sudah tidak asing lagi dengan kata literally, yang mana kata ini termasuk dalam bahasa asing dan kerap kali digunakan. Walaupun begitu, banyak juga penutur bahasa Indonesia yang tidak terlalu memahami apa arti dari kata satu ini.

Apalagi cara mengaplikasikannya pada sebuah kalimat. Nah, jika kamu salah satunya, pelajari penjelasan lengkapnya berikut ini yuk!

Apakah Itu Literally?

Selama ini, seringkali kita mendengar orang-orang yang mengucapkan ‘literally’ dalam obrolan sehari-harinya, terutama anak-anak muda Tanah Air. Bahkan sering juga digabungkan dengan kalimat berbahasa Indonesia, atau banyak yang menyebutnya sebagai bahasa ‘Jaksel’.

Bagi sebagian orang, kata ‘literally’ ini sudah seperti bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak-anak muda. Namun, apakah penggunaannya yang populer ini sudah ditempatkan dalam konteks yang tepat?

Apabila diulas lebih dalam lagi, selain mempunyai arti ‘secara harfiah’, literally juga mempunyai arti ‘secara tepat’, sungguh-sungguh’, maupun ‘benar-benar’. Jika diperhatikan, pada akhirnya, kata yang satu ini cenderung mengarah pada apa yang kamu ucapkan.

Apakah itu sebuah kebenaran atau suatu hal yang mempunyai arti sesungguhnya secara leksikal. Kata literally ini diaplikasikan untuk memberi keterangan bahwa apa yang dimaksud merupakan sebuah makna yang sebenarnya secara harfiah dan bukan makna kiasan.

Apakah Itu Literally

Disamping itu, kegunaannya juga untuk menekankan kebenaran maupun keakuratan suatu pernyataan yang mungkin saja terdengar cukup mengejutkan. Dalam bahasa Inggris, ‘literally’ termasuk dalam kata keterangan atau adverb.

Nah, jika disimpulkan, makna dari kata literally ini yaitu:

  • Literally dengan makna harfiah.
  • Untuk memberi penekanan pada sebuah pertanyaan yang tepat dan benar.
  • Untuk memberi penekanan pada sebuah pernyataan yang informal atau kurang akurat.

Contoh Penggunaan Kata ‘Literally’

Perlu kamu ketahui, setidaknya terdapat 2 arti dari penggunaan kata literally ini, diantaranya:

  • Kata untuk memberi keterangan secara harfiah, bukan kiasan

Untuk contoh pertama dari penggunaan kata ‘literally’ dalam makna sebenarnya secara harfiah atau bukan kiasan, untuk suatu percakapan yaitu:

Q: Siska. Have you heard that last Friday Nala had an accident and broke her leg?

A: What, really? When I told her to break a leg, I didn’t expect to be literally.

Artinya:

Q: Siska. Apa kamu sudah mendengar bahwa Jumat kemarin Nala mengalami kecelakan serta kakinya mengalami patah?

A: Apa, benarkah? Saat aku berkata pada Nala “Semoga beruntung”, aku tidak bermaksud untuk mengatakannya secara harfiah.

Keterangan: Maksud dari Break a leg ini dalam bahasa Inggris adalah suatu idiom yang artinya “Semoga Beruntung”.  Akan tetapi, secara harfiah, kata tersebut diartikan “mematahkan kaki”.

  • Kata untuk menekankan kebenaran dalam suatu pernyataan (mengejutkan)

Adapun contoh penerapan kata ‘literally’ untuk menekankan kebenaran dalam sebuah kalimat pernyataan yang mengejutkan, yakni:

  • This evening my father literally saved a cat from a bus accident even though we all understand that he doesn’t love cats.
  • An android can literally save a bunch of pictures.

Nah, itulah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata ‘literally’. Penggunaan kata yang satu ini bisa kamu aplikasikan dalam kalimat dengan kata kiasan maupun pernyataan.

Bahasa Inggris sungguh menarik bukan? Bahkan dengan kamu memahaminya akan sangat berguna untuk segala hal, baik itu sekedar berkomunikasi dengan teman, berangkat ke luar negeri, beasiswa, keperluan kerja, dan sebagainya. Untuk kamu yang ingin menguasai bahasa inggris lebih fasih lagi, bisa join di kelas kursus bahasa inggris kami.

5/5 - (1 vote)