Apa Beda UK dan Inggris?

11 Agustus 2022 / laskarseo

United Kingdom (UK) atau yang disebut sebagai England, terkadang disalah pahami sebagai negara Inggris itu sendiri. Padahal, kedua hal tersebut berbeda, dan hal inilah yang belum dipahami oleh sebagian besar masyarakat di sekitar kita. Pada artikel ini, kami akan membahas apa perbedaan UK dan Inggris. 

Baca artikel kami hingga selesai, ya!

Apa Beda UK dan Inggris? 

Mungkinkah kamu pernah bingung membedakan antara UK dan Inggris? UK atau United Kingdom dan Inggris (England) adalah dua hal yang berbeda. Dan kamu harus mengenal perbedaannya terlebih dahulu sejak sekarang agar tidak sulit membedakan antara UK dan Inggris. 

United Kingdom merupakan suatu wilayah yang mencakup 4 buah negara sekaligus. Keempat negara tersebut yaitu Skotlandia, Inggris, Irlandia Utara dan Wales. Jelas saja dari pernyataan tersebut bisa kita ketahui jika UK sebenarnya sangat berbeda dengan Inggris.  

Inggris atau England merupakan salah satu dari 4 negara bagian yang ada di wilayah UK. Sedangkan UK sendiri merupakan gabungan dari ke-3 wilayah negara sekaligus. Nah, jika kamu masih sulit membedakan UK dengan Great Britain, perlu kamu tahu jika Great Britain hanya membawahi Skotlandia, Inggris, dan Wales saja. Berbeda dengan UK yang membawahi 4 negara sekaligus. 

Beda UK dan Inggris

Inggris atau England merupakan sebuah negara berdaulat yang termasuk dalam bagian United Kingdom dan Britania Raya. Negara yang satu ini memiliki jumlah penduduk dari ke-3 negara lainnya. Selain itu, wilayahnya juga termasuk yang paling luas. Bahkan, pusat kepemimpinan raja dan ratu UK berada di negara Inggris (England) ini. 

Namun secara bahasa, UK dan Inggris sama-sama menggunakan bahasa Inggris (English Language) sebagai metode komunikasi bersama. Bahkan, bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dunia untuk berkomunikasi satu sama lain. 

Sejarah Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional 

Sejarah kolonialisme Inggris di dunia memang sudah melegenda. Negara Inggris merupakan negara penjajah dengan luas wilayah jajahan yang sangat luas, sehingga membuat bahasa nasional mereka menjadi bahasa internasional yang banyak digunakan oleh bangsa-bangsa bekas jajahan Inggris. 

Hingga kini, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua yang wajib dipelajari setelah bahasa Indonesia oleh para pelajar di negara kita. Sebab, bahasa Inggris menjadi bahasa universal yang setidaknya dimengerti oleh seluruh umat di dunia. Dan kita akan bisa berkomunikasi menggunakan bahasa ini dengan warga negara lain walaupun tidak mengerti bahasa nasional negara tersebut. 

Peranan bahasa Inggris sangat penting di berbagai aspek kehidupan. Contohnya pada aspek pendidikan, ekonomi, politik, dan lain sebagainya. Seseorang juga akan mampu meningkatkan jenjang karir atau melanjutkan studi setelah dinyatakan mahir dalam berbahasa Inggris, yang dibuktikan dengan adanya sertifikat keahlian berbahasa yang skornya tinggi. 

Pelajaran bahasa Inggris di sekolah diwajibkan bagi seluruh siswa, dan bahkan diujikan pada ujian nasional. Bahkan, sekarang ini banyak sekali masyarakat yang rela ikut kursus bahasa Inggris demi mampu mempraktekkan bahasa internasional ini di kehidupan sehari-hari. 

Apakah kamu salah satunya? 

Jika ya, selamat karena kamu telah menempuh jalan yang benar!

Kemampuan berbahasa Inggris memang harus diasah, karena nyatanya bahasa Inggris bisa memuluskan jalanmu menuju kesuksesan. Walaupun sebenarnya kamu tidak suka mempelajari bahasa Inggris, paksakan dirimu untuk belajar subjek tersebut. Sebab, manfaat bahasa Inggris bagi kehidupan sangat berlimpah. 

Daftarkan dirimu di Fun English Course jika ingin ikut kursus bahasa Inggris yang terbukti efektif, efisien, dan harganya ekonomis. Kami tunggu kehadiranmu!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code