Apa Beda TOEFL IPT dan IBT?

13 Juni 2022 / laskarseo

Memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting. Apalagi jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Anda dapat mengukur kemampuan bahasa inggris melalui tes TOEFL. 

Namun perlu Anda tahu, tes TOEFL dibedakan menjadi beberapa jenis. Tentu Anda harus memahami perbedaan setiap jenis tes. Berikut ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai tes TOEFL.

Definisi TOEFL

Sebelum membahas jenis-jenisnya, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan TOEFL? Mungkin sebagian dari Anda tidak asing dengan kata ini namun masih belum paham maknanya.

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini adalah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa asing yang dibuat oleh lembaga di Amerika Serikat, ETS (Educational Testing Service).

Tes TOEFL tak hanya bermanfaat untuk melanjutkan studi ke luar negeri saja. Saat ini, banyak sekali perusahaan multinasional yang menggunakan tes TOEFL sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan.

Apa Beda TOEFL IPT dan IBT

Mengingat betapa pentingnya mengikuti tes TOEFL, banyak orang yang memilih kursus bahasa inggris untuk meningkatkan skill dan kemampuan berbahasa inggris. Tentunya pada tempat kursus terbaik dan terpercaya.

Jenis Jenis TOEFL

TOEFL merupakan jenis tes yang diakui oleh banyak institusi  pendidikan tinggi pada 150 negara lebih di dunia. Beberapa institusi pendidikan tinggi yang mengakuinya adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jerman dan Perancis.

Jenis tes TOEFL ini bisa Anda pilih sebelum memutuskan mengikuti tes. Pastinya jenis tes yang diambil harus sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Adapun jenis tes TOEFL adalah sebagai berikut.

  1. TOEFL ITP

TOEFL ITP merupakan jenis tes yang dilakukan untuk mendapatkan penilaian keterampilan bahasa inggris, bekerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas untuk membuka layanan tes TOEFL ITP

Tes TOEFL ITP biasanya digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam evaluasi kemajuan, penempatan program studi, dan melamar ke beberapa lembaga pendidikan atau universitas.  

  1. TOEFL IBT

Berbeda dengan TOEFL IPT, TOEFL IBT merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan dalam menggunakan dan memahami bahasa inggris baik dalam hal speaking, reading, writing, dan listening. Setelah mendapatkan hasil tes akan berlaku selama dua tahun.

Beda TOEFL IPT dan TOEFL IBT

Dari definisi jenis tes TOEFL di atas, kita sudah bisa mengetahui apa perbedaan antara TOEFL IPT dan TOEFL IBT. Namun, masih banyak lagi perbedaan antara kedua jenis tes tersebut.

Adapun perbedaan tes TOEFL IPT dan TOEFL IBT adalah sebagai berikut.

  1. Dari segi hak cipta

TOEFL ITP dan TOEFL IBT memiliki hak cipta yang diberikan oleh ETS (English Testing Service). Sementara di Indonesia, penyelenggara TOEFL ITP dikoordinasikan dengan IIEF sebagai Country Master Distribution. TOEFL IBT dikoordinasikan dengan ITC (International Test Center).

  1. Dari segi kegunaan

Hasil atau skor tes TOEFL ITP hanya digunakan untuk instansi atau wilayah lokal saja. Sementara skor tes TOEFL IBT dapat digunakan dalam lingkup internasional.

  1. Dari segi jenis tes

Pada tes TOEFL IPT, Anda akan dites mengenai kemampuan learning comprehension, structure and written expression, dan vocabulary and reading comprehension. Sementara pada tes TOEFL IBT akan dilakukan tes lebih kompleks, yaitu selain beberapa tes reading, listening, dan writing juga ada tes speaking.

Perbedaan kedua tes tersebut juga mempengaruhi durasi pengerjaan tes TOEFL ITP dan TOEFL IBT. Tes TOEFL ITP biasanya berlangsung selama 115 menit untuk level 1 dan 70 menit untuk level 2. Sedangkan tes TOEFL IBT berlangsung lebih lama, yaitu 4,5 jam.

  1. Dari segi biaya

Biaya tes TOEFL berbeda tergantung dari jenis yang Anda pilih. Untuk tes TOEFL IPT, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 470 ribu sampai 600 ribu. Sementara untuk tes TOEFL IBT cenderung lebih mahal yaitu sekitar 2,5 juta rupiah atau lebih.

  1. Dari segi range skor

Range skor untuk tes TOEFL ITP adalah 330 sampai 667. Sedangkan range skor untuk TOEFL IBT dibagi menjadi beberapa aspek mulai dari listening, speaking, reading, dan writing yang masing-masing memiliki nilai 0 sampai 30.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai beda tes TOEFL IPT dan TOEFL IBT. Kini Anda pasti sudah bisa membedakan kedua jenis tes tersebut, kan. Agar mendapatkan hasil tes TOEFL yang bagus, Anda bisa kursus bahasa inggris di tempat terpercaya.

5/5 - (1 vote)