Apa Bahasa Inggris Jakarta yang Cukup Mainstream Saat Ini

12 Mei 2022 / laskarseo

Banyak yang bertanya-tanya apakah bahasa Inggris Jakarta ini perlu dikhawatirkan? Namun, sebenarnya tidak perlu, sebab hal ini sangat umum terjadi.

Bukan hanya di Jakarta saja, tapi di berbagai belahan negara lain pun sama. Bahkan, setiap generasi pasti akan memiliki perkembangan bahasa gaulnya sendiri bukan?

Bahasa Inggris Jakarta yang Populer

Penggunaan bahasa campuran, kerap kali dianggap sebagai bahasa gaul, namun dalam kenyataannya, kosakata bahasa Inggris lah yang digunakan dalam bahasa campur Jakarta ini atau lebih dikenal juga dengan bahasa anak Jakarta Selatan/ Jaksel.

Berikut ini adalah beberapa kosakata bahasa Inggris yang populer di Jakarta saat ini, diantaranya:

  • Which is

Untuk bahasa Inggris Jakarta yang sering digunakan pertama yakni penggunaan which is untuk menggantikan kosakata ‘yang mana’ atau ‘yang’. Penggunaan kata ini dalam bahasa Inggris Jakarta juga ternyata tidak selalu  benar.

Sebab, penggunaan dari makna ‘yang’ serta ‘yang mana’ dalam bahasa Indonesia pergaulan bisa mengacu pada kata lain, seperti halnya ‘maka’, ‘karena’, hingga ‘meski’.

Dari beberapa makna tersebut, itu tidaklah sama dengan ‘which is’ yang mengacu pada subjek seperti halnya hewan, maupun benda atau bahkan menjelaskan kalimatnya itu sendiri.

  • Literally

Selanjutnya ada kata literally, yang memiliki arti ‘secara harfiah’ dalam bahasa Indonesia. Pada umumnya, kosakata yang satu ini digunakan anak jakarta dalam konteks menyetujui suatu hal yang benar-benar tepat dalam menjelaskan maksud dari sebuah perbincangan anak Jaksel.

  • Actually

Tentunya kamu sudah familiar dengan kata dasar yang satu ini, artinya sendiri adalah ‘sebenarnya’. ‘Actually’ umum digunakan anak Jakarta dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya mereka maksud.

  • Prefer

Kosakata yang satu ini umumnya menunjukkan ketertarikan seseorang pada salah satu hal dibandingkan dengan hal lainnya. Untuk penggunaannya, akan menampilkan keberpihakan seseorang terhadap pilihan yang ada di hadapannya.

apa bahasa inggris jakarta

Sebab, mengandung makna ‘lebih menyukai’, akan tetapi anak Jaksel seringkali menambahkan kata ‘lebih’ sebelum mengucapkan ‘prefer’ yang membuat kata ini menjadi tidak efisien. Sebab terdapat pengulangan kata yang mubazir.

  • Probably

Untuk kata yang satu ini memiliki arti ‘barangkali’ atau ‘mungkin’ dalam bahasa Inggris serta digunakan dalam mengungkapkan ketidaknyamanan seseorang ketika akan memilih atau melakukan sesuatu.

  • Like

Kosakata yang satu ini sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari anak Jakarta. ‘Like’ yang digunakan bukan dalam artian suka, namun ‘seperti’. 

‘Like’ diaplikasikan sebagai pengganti kata ‘kek/kayak’ yang juga menjadi ciri bahasa dari anak Jaksel.

  • Worth it

Nah, ini juga menjadi salah satu kata yang banyak digunakan. ‘Worth it’ sendiri memiliki makna ‘layak’. Namun, pada dasarnya dalam bahasa Indonesia kata ini memiliki arti ‘sepadan’.

  • Honestly

‘Honestly’ juga menjadi kosakata bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak-anak Jakarta, yang berarti ‘sebenarnya’. Kata yang satu ini biasa digunakan ketika dalam pembicaraan untuk mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi.

  • You know

Kata yang satu ini lebih bersifat sisipan, biasanya diucapkan sebagai kata pengantar maupun pengakhir kalimat. Pastinya diantara kamu juga banyak yang menggunakannya ketika ngobrol bukan?

  • It means

Terakhir, ada kata ‘it means‘ yang pada dasarnya memiliki arti ‘berarti’ jika dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, tidak sedikit anak-anak Jakarta yang menggunakannya dalam artian ‘maksudnya’.

Itulah beberapa kosakata bahasa Inggris yang menjadi bahasa campur anak Jakarta, serta cukup fenomenal sekarang ini. Bagaimana pendapat kamu tentang fenomena satu ini? 

Semoga penjelasan tersebut bermanfaat ya!

5/5 - (1 vote)