Apa Bedanya Would dan Could? Ketahui Lengkapnya Disini!

13 Mei 2022 / laskarseo

Dalam bahasa Inggris, dikenal istilah past tense atau bentuk lampau dari prase modal verb. Termasuk untuk kata will (akan) dan can (bisa), yang masing-masing memiliki bentuk lampau yaitu would dan could

Lalu, apa bedanya would dan could? Ketahui informasi lengkapnya pada artikel kami berikut ini, ya!

Apa Bedanya Would dan Could?

Di dalam penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari, kata akan dan bisa tidak berubah penulisannya apabila digunakan dalam bentuk lampau sekalipun. Contohnya seperti ini : 

  • Dalam bentuk sekarang : Aku akan memancing pada sore hari. 
  • Dalam bentuk lampau : Aku berpikir akan memancing kemarin. 

Namun dalam bahasa Inggris, penggunaan kata akan dan bisa harus diubah penulisannya ketika dimasukkan dalam penggunaan kalimat past tense. Kata “will” yang berarti “akan” harus dirubah menjadi “would”. 

Lalu, kata “can” yang berarti “bisa” harus ditulis sebagai “could” jika ingin digunakan dalam bentuk kalimat yang menggambarkan lampau. Baik will, can, may, dan lainnya disebut dengan “modals” dalam bahasa Inggris. 

Modals ini bisa diubah menjadi bentuk lampau, salah satunya yaitu would dan could. Perbedaan dari would dan could yaitu dari segi makna. Would memiliki makna keinginan atau hasrat, sedangkan could memiliki makna kesanggupan atau kebisaan. 

  • Penggunaan would : untuk mengajukan pertanyaan dengan lebih sopan kepada orang lain, sebagai sarana memohon sesuatu pada orang lain, menggambarkan kebiasaan atau keinginan di masa lampau, serta menjelaskan sebuah tujuan serta pilihan. 

Apa bedanya would dan could

Contoh nyata penggunaan would yaitu : 

  1. I would try to eat it
  2. I would like more coffee, please!
  3. Would you turn on the lamp?
  • Penggunaan could : untuk menekankan suatu kesanggupan atau kebisaan, sebagai sarana mengajukan pertanyaan kepada orang lain dengan lebih sopan, menunjukkan adanya kemungkinan.

Contoh nyata penggunaan could yaitu : 

  1. I could eat pasta for 3 times a day 
  2. I could get the job 
  3. Could you tell me where the shop, please?

Itulah beberapa perbedaan dari would dan could yang perlu kamu ketahui. Pemakaian modals bentuk lampau seperti would dan could memang sangat direkomendasikan dengan acuan aturan seperti yang kami beritahukan di atas. 

Dengan adanya penggunaan modals, metode speaking English yang kamu lakukan bisa menjadi lebih sesuai dengan grammar. Berlatihlah setiap hari agar bisa menggunakan modals bentuk lampau seperti would dan could dengan baik dan benar. 

Gabung dengan Fun English Course!

Berlatih secara mandiri kurang efektif bagi kamu yang ingin cepat menguasai bahasa Inggris. Jika demikian, cara lain yang bisa kamu coba yaitu dengan bergabung ikut kursus bahasa Inggris terbaik. 

Salah satu tempat kursus bahasa Inggris paling OKE yang direkomendasikan padamu yaitu Fun English Course. Kami menyediakan tenaga pengajar yang kompeten dan profesional, serta memiliki jam terbang yang tinggi. 

Dengan biaya yang tak terlalu mahal, kamu bisa ikut kelas kursus berbahasa Inggris di tempat kami dalam jangka waktu tertentu. Tim pengajar kami akan melatih kemampuanmu berbahasa Inggris, sehingga peserta kursus bisa memiliki kemampuan speaking, listening, writing dan reading yang mumpuni. 

Bahkan, kami memiliki tim pengajar yang termasuk dalam native speaker. Sehingga peserta didik bisa langsung berkomunikasi dengan pengajar yang bahasa ibu-nya yaitu bahasa Inggris.

Jangan ragu untuk mendaftarkan diri di tempat kami. Segeralah mendaftarkan diri dan dapatkan harga spesial sekarang juga!

5/5 - (1 vote)