Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Bahasa Inggris terkesan sulit untuk dipahami, terlebih dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang kita temukan para pelajar maupun yang berasal dari kalangan umum mengeluhkan betapa sulitnya belajar bahasa ini. Namun, sebenarnya tidak begitu. Hanya saja mereka belum mengetahui cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan praktis. 

Padahal, metode atau cara belajar bahasa Inggris untuk pemula berbeda dengan yang sudah memiliki basic cukup kuat di bidang tersebut. Lalu, bagaimana cara belajar bahasa Inggris bagi para pemula? Apakah harus memulai dari nol? 

Pada artikel ini, kami akan memberitahukan cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan practicable

6 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula 

Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional wajib dikuasai oleh semua umat manusia di dunia apabila ingin go international. Walaupun tidak ingin go international sekalipun, seseorang harus tetap menguasai bahasa ini karena perannya penting bagi berbagai aspek dalam hidup, terutama relationship antar manusia. 

Bagi pemula, terkesan sulit sekali mempelajari bahasa Inggris. Terlebih, jika harus mempraktekkan penggunaan 16 tenses dalam bahasa tersebut. Namun, sebagai generasi masa kini kamu tidak boleh menyerah dalam belajar. Terutama karena sekarang ini akses teknologi dan pendidikan sangat mudah dan tidak dipersulit seperti dulu. 

Berikut ini cara belajar untuk pemula yang bisa kamu praktekkan : 

Salah satu komponen paling dasar dalam bahasa Inggris yaitu kosakata atau vocabularies. Kosakata bisa dikoleksi dari kamus besar bahasa Inggris. Tidak semua isi dari kamus harus kamu hafal satu persatu. Hanya saja kamu harus menghafalkan kosakata yang kemungkinan besar akan digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Misalnya, kosakata yang berhubungan dengan percakapan dasar, pendidikan, kesehatan, ekonomi, kuliner, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin lebih cepat hafal kosakata, tuliskan kosakata tersebut dan artinya di buku tulis. Ulangi setiap hari agar memori otakmu menyerap informasi tersebut dengan sempurna. Ada juga yang membeli flashcards berisi kosakata berbahasa Inggris, namun biasanya harga flashcard fisik cukup mahal. 

  • Membaca Buku Berbahasa Inggris 

Berikutnya, cara belajar bahasa Inggris lainnya yaitu dengan membaca buku yang full berbahasa Inggris. Cara ini cukup nekat, memang. Namun, dengan membeli dan membaca buku yang berbahasa Inggris sepenuhnya, kamu akan cepat mengerti konteks penggunaan kosakata dan kalimat dalam bahasa Inggris. 

Selain itu, akan ada banyak kosakata baru yang kamu dapatkan dari buku tersebut pastinya. Apabila kamu masih awam terhadap suatu kosakata, segera cari arti dari kosakata tersebut di dalam kamus. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga isi buku tersebut habis. 

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

  • Menonton Film Berbahasa Inggris 

Cara kreatif lainnya untuk belajar bahasa Inggris yaitu dengan menonton film berbahasa Inggris. Pastikan film tersebut tidak memiliki subtitle atau terjemahan di bagian bawahnya. Sehingga, kamu akan terlatih secara intuitif untuk menebak apa konteks percakapan dalam video tersebut. 

Apabila kamu tidak memiliki stok DVD atau kaset film berbahasa Inggris, hal ini bisa dilakukan dengan mendengarkan musik yang berbahasa internasional tersebut. Lama kelamaan, kamu akan mampu mengalami peningkatan kemampuan listening kalimat yang berasal dari bahasa Inggris. Buktikan sendiri. 

  • Berkomunikasi dengan Orang Lain 

Cara yang agak ekstrim, yaitu dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Kamu harus memberanikan diri untuk mengajak bicara orang lain, baik yang dikenal maupun tidak, menggunakan bahasa Inggris. Selain membantu meningkatkan kemampuan speaking, hal ini juga akan melatih mental dan kepercayaan diri. 

Tentunya, berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris tidak semudah yang kamu pikirkan. Oleh karena itu, kamu harus mencari lingkungan yang mendukungmu untuk belajar. Teman-teman yang didapatkan dari tempat kursus pasti akan mendukungmu sepenuhnya agar bisa mahir berbahasa Inggris. 

  • Kerjakan soal-soal Bahasa Inggris 

Soal-soal dalam bahasa Inggris bisa ditemukan dari buku-buku pelajaran yang kamu dapatkan dari sekolah. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dari internet. Apabila ingin mengoleksi soal-soal berbahasa Inggris yang fresh dan belum pernah ada sebelumnya, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris. 

Di tempat kursus, nantinya kamu akan mendapatkan koleksi soal-soal terbaru yang bisa dijadikan sarana latihan. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kompetensimu dalam berbahasa Inggris dari soal-soal yang didapatkan dari tutor kursus. 

  • Jadikan bahasa Inggris sebagai Lifestyle 

Berikutnya, cara cepat fasih bahasa Inggris bagi pemula yaitu menjadikan bahasa internasional ini sebagai lifestyle. Ketika akan pergi ke supermarket, cobalah untuk berkomunikasi dengan petugasnya menggunakan bahasa Inggris. 

Atau, ubahlah pengaturan bahasa di ponselmu menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, ketika nantinya kamu harus membuka aplikasi atau membaca syarat dan ketentuan yang ditampilkan oleh suatu platform, kamu harus memahaminya dalam bahasa Inggris. 

Ke-6 cara belajar bahasa Inggris di atas hendaknya dipraktekkan satu persatu secara rutin. Sehingga kemampuanmu dalam berbahasa Inggris semakin meningkat, dan kamu pun bisa mendapatkan skor tinggi apabila ikut tes sertifikasi English Proficiency seperti TOEIC, TOEFL, dan IELTS. 

Tempat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula 

Sebelumnya, kami sempat menyinggung sedikit bahwa salah satu cara belajar bahasa Inggris yaitu dengan ikut kursus bahasa Inggris. Dengan ikut kursus, terutama di Fun English Course, seseorang bisa didampingi hingga mahir berbahasa Inggris oleh tutor yang profesional. 

Fun English Course merupakan salah satu tempat kursus bahasa Inggris yang menawarkan fasilitas belajar secara online maupun offline dengan layanan pengajaran terbaik. Di tempat ini, nantinya kamu akan belajar bagaimana cara belajar bahasa Inggris hingga cepat fasih, tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu. 

Tempat kursus yang diperuntukkan bagi anak-anak hingga dewasa ini menawarkan berbagai program terbaik bagi para peserta. Kamu bisa memilih program kursus khusus sesuai dengan kebutuhanmu di tempat kami. 

Berikut ini berbagai jenis program yang bisa kamu pilih di Fun English Course : 

  1. English for Children 
  2. English for Teens 
  3. English for Adults
  4. Test Preparation 
  5. English Club for Children 
  6. English Club for Adults

Perbedaan antara kelas English dengan English Club yaitu pada cara mengajarnya Di English Club, para member yang sudah tergabung di berbagai jenis kelas lainnya akan diajarkan bahasa Inggris melalui metode yang lebih menyenangkan. Contohnya yaitu dengan melakukan storytelling, menyanyi, menari, dan lain sebagainya. 

Sebagai salah satu tempat belajar bahasa Inggris untuk pemula yang banyak dirujuk, Fun English Course selalu menawarkan biaya kursus yang tak terlalu mahal bagi para peserta. Dengan demikian, kamu disarankan untuk daftar kursus di tempat kami sekarang juga agar bisa segera belajar bahasa Inggris dengan lingkungan yang kondisinya kondusif. 

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dari awal, pastikan untuk daftar di tempat kami ya. Fun English Course membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi peserta yang ingin bergabung, lho!

Rate this page