Apa Saja Tingkatan Kemampuan Bahasa Inggris? Memahami Skala CEFR

22 Mei 2024 / Team Fun English Course

Mengetahui tingkatan kemampuan bahasa Inggris membantu Anda merencanakan langkah selanjutnya, baik dalam ranah pendidikan maupun karier. Standarnya sendiri berupa CEFR atau Common European Framework of Reference for Languages. 

Untuk meningkatkannya, Anda bisa mengikuti kursus, latihan intensif, dan pengalaman imersi bahasa.

CEFR dan Relevansinya di Dunia

Penilaian kemampuan bahasa

Standar yang menunjukkan English proficiency level seseorang disebut dengan CEFR. Ini merupakan singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages. 

Sebagai kerangka kerja untuk metode standar kemampuan bahasa seseorang, standar ini diakui di seluruh dunia dan menjadi acuan pendidikan bahasa. Deskripsi kemampuan bahasa yang terperinci dan jelas menjadikan CEFR standar internasional dalam penilaian kemampuan bahasa asing. 

Selain itu, hal ini memungkinkan konsistensi dan transparansi dalam penilaian bahasa id berbagai negara dan konteks.

Tingkatan Kemampuan Bahasa Menurut CEFR

English proficiency levels

Bicara soal tingkatan kemampuan bahasa, standar ini mengategorikannya menjadi kategori A, B, dan C. selain menetapkan tujuan yang realistis, kemajuan belajar bahasa juga lebih terukur.

Level Pemula A1

Tahap ini adalah yang paling dasar, di mana speaker mengerti penggunaan ekspresi sehari-hari dan frasa sederhana. Namun, interaksinya masih terbatas dan bergantung pada pengulangan kata.

Tingkat Dasar A2

Berada di kategori A, tingkatan dasar sudah paham dengan kalimat dan ungkapan yang berkaitan dengan informasi pribadi, lingkungan, pekerjaan lokal, dan semacamnya. 

Mereka juga bisa mendeskripsikan aspek-aspek dari latar belakang mereka, termasuk lingkungan dan pendidikan dasar dengan istilah sederhana.

Kategori Menengah B2

Selain mampu memahami poin-poin utama dari apa saja yang mereka temui di tempat kerja, leisures, dan lingkungan sekolah, mereka juga bisa menghadapi situasi ketika berwisata. 

Speaker yang mendapat nilai B1 bisa menghasilkan teks sederhana dengan topik familiar atau yang berkaitan dengan personal experiences.

Level Menengah Atas B2

Satu tingkat di atasnya adalah mereka yang paham ide utama dari teks kompleks. Bahkan mereka bisa mendiskusikan teknis dalam bidang spesialisasi mereka. Hal serupa juga tercermin dalam tulisan yang lebih jelas, terperinci, dan mengambil sikap pro atau kontra.

Tingkat Mahir C1

Untuk sampai di level ini, pembicara harus paham berbagai teks panjang termasuk mengenali makna implisit. Mereka tentu lancar bicara spontan dan menggunakan bahasa yang efektif untuk berbagai tujuan. Selain itu, teks yang mereka hasilkan juga terstruktur dan kompleks.

Level Sangat Mahir C2

Hampir semua yang mereka dengar dan baca dipahami dengan mudah. Bahkan, mereka di level C2 dapat menghasilkan informasi dari berbagai sumber dan menyusun argumen yang kompleks, terstruktur, dan koheren.

Memahami tingkatan ini membantu Anda mengidentifikasi di mana posisi English proficiency levels Anda saat ini. Hal ini penting, apalagi jika Anda berniat untuk bekerja di perusahaan multinasional atau melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Di Manakah Tingkatan Anda?

Ada beberapa cara yang perlu Anda tempuh untuk mengetahui di mana posisi saat ini.

1. Menilai Diri Sendiri

Tingkatan kemampuan bahasa Inggris

Cara ini memang tidak objektif. Namun, dengan membaca deskripsi tentang CEFR di atas, Anda mungkin bisa mengira-ngira di mana saat ini tingkatan Anda.

2. Observasi dan Interaksi Sehari-hari

Tingkatan kemampuan bahasa Inggris

Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa adalah dengan menggunakannya di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan English di tempat kerja, sekolah, atau mungkin di rumah..

3. Penilaian di Tempat Kerja atau Sekolah

Tingkatan kemampuan bahasa Inggris

Dalam konteks pendidikan atau pekerjaan, menempuh penilaian bisa melalui ujian tertulis, presentasi lisan, maupun tugas praktik lainnya. Penguji atau guru juga akan menggunakan pedoman atau rubrik tertentu untuk menilai penggunaan tata bahasa, vocabulary, dan komunikasi yang komprehensif.

4. Tes Standar

Tes kemampuan bahasa Inggris

Cara yang paling objektif dan sesuai dengan pedoman CEFR adalah dengan mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL, IELTS, dan Cambridge English Exams. Selain membaca dan menulis, tes-tes ini juga menilai kemampuan berbicara dan mendengarkan Anda demi kefasihan standar global.

5. Kursus Bahasa Inggris

Kursus bahasa Inggris

Namun, sebelum mengikuti tes di atas sebaiknya Anda ikut kursus bahasa Inggris dulu. Untuk menentukan kelasnya juga setiap institusi menerapkan tes penempatan di awal. Dengan begitu, calon peserta kursus bisa mengetes dan mengukur kemampuannya sehingga kelasnya sesuai.

Agar kemampuan bahasa Inggris semakin lancar hingga fasih, segera daftar ke Fun English Course. Kami menyediakan berbagai kelas sesuai dengan tingkatan kemampuan Anda. 

Dari tingkatan anak TK dan sekolah menengah hingga Anda yang bekerja maupun mempersiapkan diri untuk tes bahasa, semua tersedia di Fun English Course. Daftar sekarang dan rasakan pengaruhnya terhadap tingkatan kemampuan bahasa Inggris Anda!

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!