Tahapan Awal Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

17 April 2023 / laskarseo

Bagi sebagian orang, belajar Bahasa Inggris sangat sulit, tapi sebagian lainnya menemukan kemudahan dalam mempelajarinya. Diperlukan tahapan awal belajar Bahasa Inggris bagi kamu yang sedang memulai. Sebagai pemula, tentu membutuhkan tahapan yang runtut agar hasilnya maksimal. 

Dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa skill dasar yang wajib dikuasai agar mahir berbahasa Inggris, yaitu Reading, Grammar, Listening, Writing, dan Speaking. Kelima kemampuan ini wajib dikuasai terlebih dahulu agar mudah dalam mempelajari Bahasa Inggris. Tahapan awal belajar Bahasa Inggris dimulai dengan mempelajari kelima skill dasar tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam belajar Bahasa Inggris. Namun, sebelum memulai sebaiknya ketahui penjelasan detail mengenai kelima skill di atas. Sebagai pemula, kamu perlu mengetahui definisi kelima kemampuan tersebut, kemudian mempelajarinya sebagai dasar dalam belajar Bahasa Inggris.

Tahapan Awal Belajar Bahasa Inggris dengan Lima Skill Dasar

Dalam memulai belajar Bahasa Inggris diperlukan pemahaman terkait lima skill dasar yaitu grammar, listening, reading, dan writing, speaking. Kamu perlu mengetahui detail kelima skill tersebut sebagai modal awal dalam mempelajari Bahasa internasional ini. Simak dasar-dasar dalam Bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui sebagai pemula:

1. Grammar

Grammar dalam Bahasa Inggris merupakan pelajaran pertama yang wajib kamu ketahui sebelum melangkah ke tahapan lain. Grammar merupakan susunan kata dalam Bahasa Inggris yang membentuk suatu kalimat atau paragraf. Grammar atau tenses adalah elemen paling dasar yang wajib diketahui dalam belajar Bahasa Inggris.

Tahapan Awal Belajar Bahasa Inggris

Tenses dalam Bahasa Inggris adalah bentuk kata kerja untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya peristiwa. Terdapat beberapa jenis waktu yang ditunjukkan dengan tenses di antaranya masa kini, masa sekarang, dan masa lalu. Dengan menggunakan rumus tertentu, grammar dalam Bahasa Inggris disusun untuk menunjukkan suatu peristiwa.

Sebagai pemula, kamu perlu menguasai jenis-jenis grammar dengan rumusnya masing-masing. Terdapat sekitar 16 tenses yang wajib kamu kuasai dengan rumus masing-masing. Agar mudah mempelajarinya, kamu perlu memahami rumusnya terlebih dahulu agar dapat diaplikasikan dalam percakapan maupun tulisan.

Mempelajari tenses sama halnya dengan menguasai Bahasa Inggris sebanyak 60%. Jika kamu sudah menguasai tenses, maka kamu akan bisa berinteraksi dalam Bahasa Inggris dengan mahir. Berikut adalah pembagian tenses menurut waktu dan peristiwa yang terjadi:

Menurut Waktu:

  1. Present: sekarang
  2. Past: masa lalu
  3. Future: masa yang akan datang
  4. Past future: rencana di masa lalu

Menurut Peristiwa

  1. Simple: aktivitas sederhana
  2. Continuous: aktivitas yang sedang berlangsung
  3. Perfect: aktivitas yang telah selesai
  4. Perfect continuous: aktivitas yang sedang berlangsung dalam durasi waktu tertentu

Itulah beberapa jenis tenses menurut waktu dan peristiwa yang wajib kamu ketahui sebagai pemula. Jangan lupa untuk mempelajari rumus penggunaannya dengan tepat.

2. Listening

Setelah menguasai grammar atau tenses, tahapan awal belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah belajar listening atau mendengarkan. Listening adalah skill yang dipelajari dengan mendengarkan kosakata dalam Bahasa Inggris. Dengan mendengarkan kosakata dalam Bahasa Inggris, maka kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah Bahasa Inggris.

Selain itu, belajar listening juga memungkinkan kamu dapat berkomunikasi dengan orang lain. Dalam percakapan sehari-hari, kamu perlu mengasah skill mendengarkan sebelum kemampuan berbicara atau speaking. Berikut adalah beberapa tips meningkatkan kemampuan listening.

  • Banyak Latihan

Agar terbiasa dengan istilah Bahasa Inggris, maka kamu dapat memperbanyak latihan seperti mendengarkan musik, menonton film, atau menonton video dalam Bahasa Inggris. Latihan ini memungkinkan kamu familiar dengan istilah-istilah dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan listening melalui percakapan dalam Bahasa Inggris.

  • Mencatat Kosakata

Ketika menonton video atau film, kamu pasti akan menemukan kosakata baru dalam Bahasa Inggris. Usahakan untuk mencatat setiap kosakata baru yang kamu temukan kemudian carilah maknanya. Dengan cara ini, kamu akan memperoleh banyak vocabulary baru dalam Bahasa Inggris.

3. Reading

Jika kamu sudah berlatih listening dengan beberapa tips di atas, selanjutnya kamu perlu menguasai skill reading atau membaca dalam Bahasa Inggris. Kamu dapat melatih kemampuan membaca dengan memperbanyak bacaan dalam Bahasa Inggris. Dengan membaca teks berbahasa Inggris, kamu akan belajar susunan kalimat dan kosakata baru.

Cobalah membaca jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris secara rutin. Teks dalam Bahasa Inggris biasanya terdiri dari teks deskripsi, narasi, prosedur teks, dan sebagainya. Pelajari struktur masing-masing teks sambil mencatat kosakata baru yang ditemukan. Jika dilakukan secara rutin, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca.

4. Writing

Tahapan selanjutnya yang wajib kamu kuasai adalah writing atau menulis teks dalam Bahasa Inggris. Dengan menulis dalam Bahasa Inggris, secara otomatis kamu akan belajar grammar dan kosakata baru yang akan memperkaya vocabulary. Selain itu, dengan menulis kamu bisa mengukur kemampuan dalam belajar Bahasa Inggris.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihanmu dalam belajar Bahasa Inggris, kamu dapat melakukan evaluasi dalam proses belajarmu. Untuk itu, perbanyak latihan menulis dalam Bahasa Inggris sebagai langkah untuk memahami grammar dan tenses. Kamu bisa menyusun kalimat dengan berbagai tenses yang telah kamu pelajari.

5. Speaking

Kemampuan dasar terakhir dalam belajar Bahasa Inggris adalah speaking atau berbicara. Jika kamu sudah menguasai keempat skill di atas, maka kemungkinan besar kamu bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan mudah. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan berbicara di antaranya:

  • Menonton Percakapan Bahasa Inggris

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan berbicara adalah dengan memperbanyak tontonan percakapan dalam Bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu dapat mencatat kosakata baru atau istilah yang kamu temukan untuk memperkaya khasanah dalam Bahasa Inggris.

  • Berbicara dengan Native Speaker

Selain itu, cara yang paling efektif untuk mengasah kemampuan berbicara adalah dengan berlatih bersama native speaker. Berbicara dengan native speaker memungkinkan kamu dapat mendengarkan istilah Bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh penutur aslinya. Sehingga, kamu dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan mahir.

Itulah kelima tahapan awal belajar Bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari. Semakin sering kamu mengaplikasikan kelima skill di atas, maka semakin terasah pula kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Untuk mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar di Fun English Course

Kursus di Fun English Course sebagai Tahapan Awal Belajar Bahasa Inggris

Fun English Course merupakan tempat kursus Bahasa Inggris dengan kurikulum internasional yang terpercaya. Dengan belajar bersama kami, kamu dapat mengasah skill dasar belajar Bahasa Inggris di atas dengan mudah. Karena kami menggunakan metode pembelajaran dengan dibantu native speaker. 

Fun English Course menawarkan program Bahasa Inggris sesuai dengan best practice method dengan metode belajar yang interaktif dan menyenangkan. Kami meyakini bahwa belajar Bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan akan membuat peserta mempelajari Bahasa asing ini dengan mudah.

contact

2/5 - (4 votes)
Chat kami
Yuk, segera daftar!