Mengenal Relative Pronouns, Cara Membuat Kalimat Lebih Informatif & Kaya

19 Juni 2024 / Team Fun English Course

Bagaimana caranya menyampaikan informasi yang kohesif tapi tidak bertele-tele? Anda bisa menggunakan relative pronouns. Sebagai kata ganti, keberadaannya adalah menghubungkan lebih dari satu kalimat menjadi satu. 

Kami mengajak Anda untuk memahami apa itu relative pronouns atau kata ganti relatif, fungsinya dalam kalimat, jenis-jenisnya dan latihan soal untuk membantu Anda belajar.

Memahami Kata Ganti Relatif dan Fungsinya

Fungsi relative pronouns

Saat membuat kalimat, Anda bisa menghubungkan dua ide menjadi satu kalimat yang informatif serta kohesif, namun tidak bertele-tele dengan relative pronoun. 

That, which, whose, whom, dan who adalah yang masuk dalam kategori pronouns yang satu ini. Dengan menggunakannya, Anda bisa menggabungkan dua kalimat yang awalnya sederhana menjadi satu kalimat yang informatif dan lebih kaya.

Meskipun fungsi relative pronouns ini sudah jelas, ada kalanya muncul kebingungan penggunaannya—terutama kapan dan bagaimana memilih kata ganti. Misalnya saja bagaimana memilih antara who dan whom, hingga menentukan akan menggunakan which atau that. 

Contoh relative pronouns berikut mungkin bisa sedikit mencerahkan Anda:

  • My brother who took mathematics at Kumon finished this test effortlessly. (Saudaraku yang les di matematika di Kumon menyelesaikan tes ini dengan mudah.)
  • The orange cat, which we met at the canteen last month, has seven kittens now. (Kucing oranye yang kita temui di kantin bulan lalu punya tujuh anak sekarang.)
  • They are the mix-double players that never lose even one match during this year. (Mereka adalah pemain ganda campuran yang tidak pernah kalah satu pun pertandingan selama tahun ini.)

Mengenal Jenis-Jenis Relative Pronouns

Apabila contoh sederhana di atas masih belum jelas, kami akan menjabarkan masing-masing jenisnya dan kapan Anda bisa menggunakannya.

1. Who

Contoh relative pronouns

Pada umumnya, who adalah pilihan Anda ketika subjek suatu kalimat adalah manusia dan menjadi pelaku dalam informasi yang akan disampaikan.

The girl who just ordered a cup of dolce latte is a famous supermodel. (Perempuan yang barusan pesan secangkir Dolce Latte adalah model terkenal.)

2. Whom

Relative pronouns

Bagaimana jika orang yang menjadi objek adalah fokusnya? Anda bisa menggunakan whom. Namun, pastikan bahwa objeknya memang orang, bukan benda atau konsep.

The girl whom you just saw ordering a cup of dolce latte is my ex-girlfriend. (Perempuan yang baru kamu lihat pesan secangkir Dolce Latte adalah mantan pacarku.)

3. That

Relative pronouns

Menggunakan that cukup fleksibel karena subjeknya bisa apa saja. Namun, ini hanya berlaku untuk klausa restriktif sehingga menekankan makna kalimat.

Siwei and Yaqiong are the mix-double players that never lose any single match this season. (Siwei dan Yaqiong adalah pemain ganda campuran yang tidak pernah kalah musim ini.)

4. Which

Relative pronouns

Apabila ada kata ganti relatif untuk hewan dan benda mati, maka itu adalah which. Selain itu, pastikan bahwa benda maupun hewan menjadi fokus dari informasi tambahannya.

Rambo, which is the name of a rooster in our school, has a girlfriend now. (Rambo, seekor ayam jantan di sekolah kita, punya pacar sekarang.)

5. Whose

Kata ganti relatif

Kapan situasi yang tepat untuk menggunakan whose? Apabila seseorang memiliki suatu benda atau ada hubungan antara dua entitas, maka whose adalah pronoun yang Anda pakai.

The lady in blue whose dolce latte just served is a professor in your college. (Perempuan berbaju biru yang Dolce Latte-nya baru disajikan adalah seorang profesor di kampusmu.)

Belajar Relative Pronouns dengan Latihan Soal

kata ganti relatif

Agar cepat menguasai konsep kata ganti relatif ini, perlu melakukan banyak latihan. Kami telah menyiapkan beberapa soal relative pronouns untuk latihan di rumah.

  1. Gaby and Ruly ______ used to play baseball with me at school are now professional athletes.
  2. Mie Ayam ______ you recommended was delightful.
  3. Arman ______ picture is on the billboard outside is my childhood friend.
  4. The old lady ______ I bought snacks from is her grandmother.
  5. This is the coffee shop ______ provides the best single-origin in town.

Mari tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda di Fun English Course. Selain menggunakan metode yang menarik, Anda bisa pilih kelas sesuai dengan kelompok usia dan tingkatan level, dari anak-anak hingga dewasa

Ada juga kelas percakapan dan kelas IELTS/TOEFL. Dapatkan pengalaman belajar yang komprehensif bersama kami. Daftar sekarang dan pahami relative pronouns dengan mudah!

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!