Perbedaan Aksen British dan American

25 September 2023 / laskarseo

Meskipun merupakan sama-sama bahasa Inggris, tetapi American english dan British english adalah dua hal yang berbeda. Terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya, terutama pada perihal aksen bahasa yang digunakan. Apa yang membuat kedua bahasa tersebut berbeda padahal sama-sama bahasa Inggris?

Hal tersebut karena Amerika ingin memiliki gaya bahasanya sendiri. Selain itu juga ingin menunjukkan bahwa Amerika memiliki budayanya tersendiri yang membedakannya dengan British english. Namun yang penting diketahui adalah apa saja perbedaan aksen British dan American?  

Apa Saja Perbedaan Aksen British dan American?

Sebenarnya apa saja perbedaan aksen British dan American? Jika Anda ingin mempelajari kedua aksen tersebut atau salah satunya, mengetahui perbedaannya penting diketahui dengan baik. Perbedaannya terdapat dalam hal vocabulary, spelling, pronunciation, grammar, past tense, dan penggunaan tag question.    

  • Vocabulary

Perbedaan aksen British dan American yang pertama adalah vocabulary atau kosakata. Kedua bahasa tersebut memiliki vocabulary yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, perhatikan contoh pada tabel di bawah ini:

British

American

Arti

Holiday

Vacation

Liburan

Chips

French Fries

Kentang goreng

College

University

Kampus

Sweet

Candy

Permen

Football

Soccer

Sepak bola

Cab

Taxi

Taksi

Nappy

Diapers

Popok

Lift

Elevator

Lift

Petrol

Gasoline

Bahan bakar

  • Spelling

Perbedaan selanjutnya adalah terdapat pada spelling atau ejaan katanya. Meskipun kedua aksen tersebut memiliki vocabulary yang berbeda tetapi perlu diketahui bahwa terdapat pula beberapa kata yang artinya sama tetapi memiliki ejaan yang berbeda. 

Jika pada British akhirannya adalah “-ise”, maka aksen American adalah “-ize”. Contohnya, apologise apologize, realise realize, summarise summarize. Terdapat pula akhiran “-our” di British, maka aksen American adalah “-or”. Contohnya, behaviour behavior, colour color

Perbedaan lainnya yang bisa Anda temui adalah perihal penyederhanaan huruf konsonan ganda. Contohnya, pada aksen British terdapat kata modeling, traveling. Kata tersebut jika pada aksen American maka huruf konsonan “l” merupakan dobel menjadi modelling, travelling.  

Terdapat pula perbedaan penggunaan hurufnya. Contoh, British pada kata mould menggunakan huruf “u”. Namun pada American tanpa huruf “u” menjadi mold. Contoh lainnya, British menggunakan huruf “e” pada kata artefact, American menggunakan huruf “i” menjadi artifact

  • Pronunciation

Pronunciation atau pengucapan dalam British english sering disebut dengan aksen yang sangat khas dan banyak menggunakan penekanan huruf yang diucapkan sehingga akan terdengar berat. Penekanan huruf tersebut juga membuat aksen terkesan lebih formal. 

Jika Anda perhatikan, aksen British ketika mengucapkan suatu pada huruf “r”, lebih sering untuk menghilangkan atau tidak dibaca dengan jelas hurufnya. Sedangkan pada aksen American huruf “r” tetap dibaca sehingga akan tetap terdengar. 

Contoh penggunaan katanya adalah laboratory, Aksen British ketika mengucapkan kata tersebut adalah dengan leboretri. Sedangkan aksen American akan mengucapkan dengan laebretori

  • Grammar

Grammar atau tata bahasa dari kedua bahasa tersebut ternyata juga memiliki perbedaannya. Terutama pada kata benda jamak, preposisi waktu, dan kata kerja bantu. Pada aksen British, kata benda jamak dapat diartikan sebagai kata tunggal maupun jamak. 

Namun yang paling sering digunakan adalah jamak. Contohnya, the band are playing tonight, atau bisa juga the band is playing tonight. Untuk preposisi waktu, kata at digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu dan tempat. Contohnya, at Surabaya, at 9.00 am. 

Kemudian kata kerja bantu atau auxiliary verb (aux). Pada British, cenderung menggunakan percakapan formal meskipun dalam kegiatan sehari-hari. Seperti pada penggunaan kata shall yang merupakan bentuk formal dari should

Selanjutnya adalah untuk aksen American, kata benda jamak adalah kata tunggal atau singular. Oleh karena itu to be yang digunakan adalah is. Contohnya, the band is great

Perbedaan Aksen

Kemudian untuk preposisi waktu, untuk menunjukkan keterangan waktu dan tempat menggunakan kata yang berbeda. Kata on digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu. Sedangkan kata in digunakan untuk keterangan tempat. 

Berbeda dengan di Inggris, di Amerika cenderung menggunakan bahasa non formal ketika berbicara pada aktivitas sehari-hari. Seperti penggunaan should. Kata tersebut merupakan kata yang terkesan lebih santai. 

  • Past Tense

Apakah Anda menyadari kalau penggunaan kata regular dan irregular di past tense untuk kedua aksen ini berbeda? Meskipun begitu, perbedaannya sangatlah sedikit. Jika pada American, kata belajar menggunakan learned, di British Anda bisa menggunakan kata learned atau learnt

Contoh lainnya, kata dreamed dreamt, burned burnt. Jika Anda perhatikan, aksen American cenderung menggunakan akhiran “-ed”. Sedangkan British menggunakan akhiran “-t”. 

  • Tag Question

Tag question digunakan sebagai penekanan atas kalimat pernyataan menjadi pertanyaan dengan menggunakan to be. Misalnya, learning English at Fun English Club is fun, isn’t it? 

Kalimat tersebut akan sering Anda jumpai ketika menggunakan aksen British. Namun dalam aksen American tag question jarang untuk digunakan.  

Itu dia perbedaan dari aksen British serta American. Perbedaannya adalah pada bagian vocabulary, spelling, pronunciation, grammar, past tense, dan tag question. Jika Anda ingin menguasai kedua aksen tersebut atau salah satunya saja, ketahuilah perbedaannya dengan baik agar tidak salah dalam penggunaannya. 

Untuk mempelajari aksen tersebut, bisa dipelajari secara mandiri atau otodidak. Terdapat banyak materi dan bahan pembelajaran yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Namun jika Anda ingin belajar di tempat kursus bahasa Inggris, belajar bersama kami Fun English Course adalah jawabannya. 

Belajar Perbedaan Aksen British dan American Dengan Menyenangkan Bersama Fun English Course

Kami adalah pilihan terbaik tempat kursus bahasa Inggris di Indonesia untuk membantu Anda mempelajari aksen British dan juga American dengan mudah dan menyenangkan. Dalam proses belajar mengajarnya, kami menggunakan kurikulum berstandar internasional dan metode pembelajaran terbaik. 

Hal tersebut dimaksudkan agar Anda bisa memahami materi dengan mudah dan cepat. Selain itu juga diharapkan dapat mencetak peserta didik yang berkualitas dan berkompeten dalam menggunakan bahasa Inggris baik menggunakan aksen British maupun American. Sehingga dapat bersaing di pasar global. 

Kami juga dilengkapi dengan tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman untuk memberikan kursus bahasa Inggris yang berkualitas. Sehingga dengan belajar bersama kami, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar bahasa Inggris yang berkualitas tinggi. 

Kami menyediakan berbagai pilihan program yang tersedia untuk semua jenjang usia, pendidikan, dan tingkatan level dalam bahasa Inggris. Program yang kami sediakan adalah menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan best practice method sehingga materi dapat mudah dipahami oleh Anda.

Pilihan program yang tersedia adalah English for Children, English for Teens, English for Business, English Conversation, English Club for Children, hingga English Club. Jika Anda sedang mempersiapkan tes bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, memilih program test preparation adalah pilihan yang tepat. 

Tertarik belajar perbedaan aksen British dan American yang menyenangkan bersama kami? Daftarkan diri Anda segera dengan menghubungi nomor kontak kami di nomor 0812 8888 3063 atau klik tombol WhatsApp yang bisa ditemukan di website kami. 

Untuk mendaftarnya, Anda bisa juga datang langsung ke tempat kursus kami di Menara Cakrawala Lantai 12 Jl. M.H. Thamrin, Menteng Jakarta Pusat. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program kursus bahasa Inggris yang kami sediakan.    

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!