Modul Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

21 Maret 2023 / laskarseo

Modul pembelajaran merupakan bahan ajar yang disajikan secara ringkas dan sistematis. Terdapat materi, metode pembelajaran, serta evaluasi dari kompetensi. Untuk kamu yang baru belajar khususnya belajar Bahasa Inggris, modul sangat penting sebagai panduan. Modul belajar Bahasa Inggris ini dapat membantu para siswa belajar Bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Biasanya, modul belajar yang baik akan disusun berdasarkan struktur dan sistem yang sudah ada. Termasuk modul belajar Bahasa Inggris dasar yang dirancang untuk mudah dipahami oleh pemula. Berikut ini, kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis modul Bahasa Inggris untuk pemula.

Jenis-Jenis Modul Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Ada 4 modul belajar yang biasa digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, seperti : 

Modul Belajar Grammar 

Dalam modul belajar Bahasa Inggris atau Basic English Learning, grammar atau tata bahasa dalam Bahasa Inggris adalah salah satu materi utama. Modul ini bisa menjadi referensi dasar untuk belajar Bahasa Inggris secara bertahap. Modul berisi grammar juga bisa menjadi langkah awal dalam mempelajari struktur Bahasa Inggris.

Dalam modul belajar grammar, biasanya terdapat berbagai materi tata bahasa seperti huruf atau abjad (alphabet), tanda baca (punctuation), kata (word), kosakata (vocabulary), frasa (phrase), klausa (clause), kalimat (sentence) serta materi yang paling penting untuk dipelajari secara mendalam, yaitu tenses.

 Modul Belajar Bahasa Inggris

Materi tenses atau bentuk kata merupakan salah satu modul belajar Bahasa Inggris yang paling mendasar dan penting. Tenses merupakan bentuk kata kerja dalam Bahasa Inggris yang dapat menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa. Seperti masa lalu, masa kini maupun masa depan. 

Modul belajar tenses ini biasanya akan memuat sistematika bagaimana ke-16 materi tenses dapat dicerna dengan baik oleh pelajar pemula. Meskipun menguasai 16 tenses merupakan hal yang cukup sulit untuk siswa yang baru mulai belajar Bahasa Inggris.

Modul Conversation

Setelah mengetahui tata bahasa serta susunan kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris yang dipelajari dari modul grammar, kini kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan modul conversation. Conversation merupakan percakapan dalam Bahasa Inggris.

Modul ini dirancang agar kamu bisa melakukan percakapan secara langsung, serta berdiskusi dalam Bahasa Inggris. Dalam modul ini, biasanya para mentor atau pengajar akan memberikan pertanyaan dua arah. Sehingga mentor dan siswa dapat saling bertanya dan menjawab dalam Bahasa Inggris.

Selain tanya jawab antara mentor dan siswa, biasanya juga akan dilakukan pembelajaran conversation antara para murid. Hal ini bertujuan agar murid-murid dapat membuat percakapan sederhana dalam Bahasa Inggris.

Selain conversation dasar, terdapat juga modul belajar Bahasa Inggris level medium dan sulit untuk conversation. Contohnya adalah modul untuk percakapan berlatar office atau perkantoran, perhotelan dan pelayanan untuk menunjang karir di bidang masing-masing.

Modul Membaca (Reading)

Sebelum mempelajari modul conversation, kamu harus mempelajari modul belajar Bahasa Inggris yang satu ini terlebih dahulu. Modul reading ini sangat berguna dalam memperlancar pelafalan atau pronunciation Bahasa Inggris kamu, sehingga conversation juga akan lebih mudah dilakukan.

Dalam modul ini, biasanya kamu akan dibiasakan untuk membaca beberapa text dalam Bahasa Inggris. Cara kamu membacanya harus sama dengan yang ada pada modul belajar. Sehingga pronunciation atau pelafalan Bahasa Inggris kamu juga sesuai atau bahkan menjadi lebih baik. 

Tak hanya memperbaiki pelafalan, materi reading ini juga bisa meningkatkan pengetahuan mengenai struktur kata dalam Bahasa Inggris. Kamu juga bisa mendapatkan banyak kosa kata yang baru. Biasanya pelajaran membaca (reading) ini akan dibarengi dengan materi mendengarkan (listening)

Modul Listening

Tak seperti modul lainnya yang berbasis buku dan tulisan, modul Listening ini biasanya diperkaya dengan teknologi seperti audio, headset dan CD. Inti dari modul ini adalah bagaimana cara mengajarkan para siswa agar bisa lebih mudah mendengarkan Bahasa Inggris secara langsung.

Penerapan modul ini biasanya adalah dengan memutarkan materi listening Bahasa Inggris yang ada di CD ataupun audio. Kemudian akan didengarkan melalui headset oleh siswa. Materi listening ini dapat berupa kosa kata ataupun percakapan dalam Bahasa Inggris yang telah direkam.

Kemudian siswa  harus mencari tahu apa arti dari Bahasa Inggris yang sedang didengarkannya. Materi listening ini mungkin cukup sulit bagi pemula yang masih jarang mendengar percakapan Bahasa Inggris. Namun, kamu akan lebih cepat terbiasa jika sering melatihnya.

Modul Menulis (Writing)

Setelah kamu mahir dalam grammar, listening dan reading, selanjutnya kamu perlu menguasai materi menulis atau writing. Materi ini merupakan perkembangan dari modul grammar, karena dalam modul ini kamu diajarkan untuk menulis sesuatu dalam Bahasa Inggris. Baik tulisan pendek hingga panjang.

Saat kamu menulis dalam Bahasa Inggris, kamu akan bisa melihat seberapa jauh kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, baik dari tata bahasa ataupun kosa kata. Melatih writing juga sangat berguna untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan formal, seperti pada tingkat SMA hingga universitas.

Bahasa Inggris dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penulisan dalam Bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan untuk menjalani perkuliahan, terutama jika kamu ingin mendaftar perlombaan, beasiswa dan prestasi lainnya.

Itulah beberapa materi dari modul belajar Bahasa Inggris dasar yang biasanya dipelajari oleh para pemula. Modul dinilai lebih praktis dibandingkan dengan buku cetak biasa. Lantas apa keunggulan modul belajar yang membuatnya lebih disukai?

Keunggulan Modul Belajar Bahasa Inggris 

  • Bersifat Self Contained dan Self Instructional

Maksud dari sifat self contained adalah modul belajar biasanya memiliki materi yang sudah tersusun sesuai dengan unit kompetensi. Pembahasannya juga lebih efektif dan lengkap namun mudah dipahami. Sehingga siswa dapat lebih mudah mempelajari modul tersebut secara mandiri (self instructional).

  • Tepat Sasaran

Modul biasanya memiliki sifat user friendly yang artinya modul pembelajaran selalu dibuat untuk pembaca dalam kalangan khusus. Sehingga modul lebih tepat sasaran dan menyesuaikan dengan kondisi pembacanya. Untuk itu,  modul akan lebih mudah dipahami.

  • Selalu Update

Modul biasanya selalu diperbarui setiap periode belajar. Tidak seperti buku cetak biasa yang mengikuti kurikulum pemerintah, modul selalu di- update secara terus menerus. Modul juga dituntut untuk mengikuti berbagai perkembangan. Termasuk perkembangan zaman, teknologi, khususnya perkembangan ilmu pengetahuan.

  • Sebagai Alat Evaluasi

Modul biasanya tak hanya dilengkapi dengan materi. Namun terdapat pula evaluasi kompetensi dari para siswa. Dengan menggunakan modul belajar Bahasa Inggris, para mentor akan lebih mudah untuk mengevaluasi siswa. Siswa pun bisa mengetahui tingkat pemahamannya sendiri.

  • Kredibel

Tak hanya buku cetak, modul juga dibuat dengan literatur yang terpercaya dan berkualitas. Modul memuat materi-materi yang terlihat simpel namun rinci, karena dibuat oleh tim yang telah berpengalaman.

Itulah alasan-alasan mengapa modul belajar lebih disukai dibandingkan dengan buku cetak di sekolah. Di Fun English Course, kami membuat modul yang kredibel dan berkualitas  dengan kurikulum yang dirancang khusus sehingga mudah untuk dipelajari. 

Mengacu pada standar internasional, modul belajar Bahasa Inggris dari kami akan membuat kamu lebih mudah memahami  materi sehingga lebih menyenangkan. Kamu juga bisa bersaing di pasar global karena kurikulumnya berstandar Internasional. Mari daftarkan diri kamu ke Fun English Course!

contact

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!