Mendapat Skor IELTS 5.5 Apakah Bagus?

9 Juni 2023 / laskarseo

Umumnya, tes IELTS hanya diterima oleh institusi di beberapa negara saja, seperti Australia, Inggris dan Selandia Baru. Namun, saat ini IELTS sudah menjadi standar di seluruh dunia, khususnya USA dan Eropa. 

Lantas, apa itu IELTS dan berapa skor minimal IELTS agar dapat digunakan sebagai syarat untuk kuliah atau kerja di luar negeri. Skor IELTS 5.5 apakah bagus? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Berapa Minimal Skor IELTS?

IELTS yaitu sebuah tes kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge dan British Council. Namun, meskipun sebagai salah satu persyaratan untuk Eropa atau Inggris, bahasa Inggris yang terdapat dalam tes IELTS tetap menggunakan Bahasa Inggris internasional.

IELTS digunakan untuk memenuhi persyaratan tertentu seperti misalnya untuk berkuliah atau bekerja di luar negeri. Bukan hanya itu, beberapa instansi lokal juga ada yang menggunakan IELTS sebagai salah satu syarat yang wajib dimiliki dalam beberapa hal. 

Kewajiban mencantumkan IELTS umumnya bagi pekerja yaitu untuk proses promosi atau kenaikan jabatan, smentara untuk anak sekolah atau mahasiswa, ada beberapa Universitas yang menjadikan IELTS sebagai syarat kelulusan.

Lalu, berapa standar nilai kelulusan dalam tes IELTS? Jadi, skor ujian IELTS berkisar antara 0-9, dan untuk mendapatkan nilai yang baik kamu harus memperoleh skor minimal 5.5-7. 

Namun, umumnya setiap institusi memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait syarat skor yang harus dicapai.

Pada program S1 biasanya dibutuhkan skor minimal 5.5-6.5, sedangkan untuk program S2 minimal skor yang dicapai yaitu 6-7.5.

Lantas, jika mendapatkan skor IELTS 5.5 apakah bagus? Skor IELTS 5.5 tergolong skor paling minimal, sementara skor IELTS yang tergolong bagus yaitu berkisar antara 6 hingga 9.

Skor IELTS yang bagus tidak sulit dicapai kalau kamu sungguh-sungguh mempersiapkannya sebelum tes tersebut dilakukan. Kamu bisa melakukan berbagai persiapan seperti diantaranya rutin mempelajari contoh soal-soal IELTS, mengikuti simulasi tes IELTS dan mengikuti kursus khusus kelas persiapan IELTS.

Bagaimana Cara Menghitung Skor Tes IELTS?

Penilaian IELTS dimulai dari 0 (atau 1) sampai dengan 9 (ahli) yang nilai keseluruhannya merupakan skor rata-rata pada setiap sesi. Dimana setiap sesi tes tersebut juga dinilai dari 0 sampai dengan 9. 

Keempat sesi tes IELTS yaitu yaitu sesi listening, reading, writing, dan speaking. bobot nilai untuk setiap komponennya sama-sama berbobot.

Kemudian, skor keseluruhan band Anda dibulatkan ke keseluruhan atau setengah band terdekat. Berikut contohnya:

Jika skor listening kamu mencapai 6,5, skor reading 6,5, skor writing 5,0 dan skor speaking 7,0, maka kamu akan diberikan skor band keseluruhan yaitu 6,5.

Cara menjumlahkannya yaitu, total skor 25 : 4 = 6.25 yang merupakan skor band 6.5.

Sedangkan, bila kamu mencapai skor listening 4,0, reading 3,5, skor writing 4,0, dan skor speaking 4,0, maka kamu akan diberikan skor band keseluruhan yaitu 4,0.

Cara menjumlahkannya yaitu, total 15,5 : 4 = 3,875 yang merupakan skor band 4,0.

Demikian informasi terkait IELTS beserta skor minimal yang perlu dicapai. Pertanyaan skor IELTS 5.5 apakah bagus? juga bisa kamu simpulkan dari informasi di atas. 

Intinya, jika kamu ingin mendapatkan skor IELTS yang tinggi dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, kamu perlu lebih giat dalam mempersiapkan dirimu sebelum menghadapi tesnya. 

Agar skor IELTS yang kamu harapkan terwujud, mengikuti kursus  kelas persiapan IELTS adalah rekomendasi terbaik. Nah, kamu bisa mengikuti kelas persiapan IELTS di Fun English Course yang telah terpercaya mengantarkan siswanya mencapai skor yang diinginkan.

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!