4 Materi Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Pemula

8 Maret 2022 / Team Fun English Course

Ingin belajar bahasa Inggris, tapi bingung mulai dari mana? Hal ini merupakan permasalah yang umum di kalangan pemula. Tapi, tenang saja, pelajari materi belajar bahasa Inggris dasar berikut ini untuk memulai perjalanan belajarmu. Check it out!

Vocabulary

Vocabulary

Menurut Paul Nation[1], seorang siswa yang ingin tahu materi belajar Bahasa Inggris dasar dapat memulainya dengan mencari ‘high frequency words’ atau kosakata yang sering digunakan. 

Setelah itu, baru siswa dapat melanjutkannya dengan ‘low frequency words’ atau kosakata yang lebih jarang digunakan dalam bahasa tersebut.

Jadi, kamu bisa mencari tahu apa saja vocabulary yang termasuk dalam ‘high frequency words’ dalam bahasa Inggris dan mencoba untuk familiar dengan kosakata tersebut. Setelah cukup familiar, kamu bisa mencoba mempelajari kosakata lain sesuai minat kamu. 

Namun, jangan lupa memahami penggunaan kosakata tersebut dalam konteks yang tepat ya. Dengan begitu, pemahaman kamu akan jadi lebih menancap di kepala.

Grammar

Grammar

Setelah mempelajari kosakata bahasa Inggris, grammar adalah materi selanjutnya yang harus kamu pelajari. Beberapa materi pembelajaran bahasa Inggris dasar dalam hal grammar yaitu:

  • Basic sentence structure
  • Preposition
  • Article
  • Pronoun
  • Tenses

Serupa dengan bahasa Indonesia, struktur kalimat dalam bahasa Inggris terdiri dari Subject + Verb + Object. Misalnya, ‘I read a book’ berarti ‘Aku membaca sebuah buku’, dengan ‘I’ sebagai subjek, ‘read’ sebagai kata kerja, dan ‘a book’ sebagai objek.

Lalu, preposition yang wajib kamu pelajari adalah in, on, dan at. Preposisi tersebut memiliki fungsi masing-masing. Selanjutnya, pelajari article ‘a’ dan ‘an’ sebagai penunjuk noun (kata benda) atau nominal phrase (frase nomina).

Kemudian, pahami apa saja pronoun dalam bahasa Inggris serta fungsinya. Pertama, I, you, they, we, he, she, dan it berguna untuk kata ganti subjek. Pelajari juga apa fungsi pronoun sebagai object pronoun, possessive pronoun, possessive pronoun, serta reflexive pronoun.

Terakhir, pelajari tenses Bahasa Inggris yang dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Present Tense, Past Tense, dan Future Tense. Tiga kelompok tersebut nantinya bercabang lagi menjadi total 12 tenses dengan fungsi masing-masing.

Listening dan Reading (Receptive Skills)

Listening dan Reading

Menurut Blake[2], kemampuan dalam bahasa Inggris ada empat macam, yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Nah, empat skills ini terbagi lagi menjadi dua kategori, yaitu receptive skills dan productive skills.

Reading dan listening termasuk dalam receptive skills karena seseorang menerima dan memahami sebuah bahasa secara pasif. Kamu bisa memulai belajar kedua skills ini secara simultan.

Kamu bisa mencari bahan-bahan yang sesuai dengan minatmu agar proses belajar materi dasar untuk belajar Bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan. 

Misalnya, jika kamu tertarik dengan tema entertainment, kamu bisa mendengarkan podcast atau menonton video di YouTube tentang artis yang kamu sukai. Selain itu, dengarkan lagu dari penyanyi kesukaanmu dan pelajari liriknya.

Untuk bahan bacaan, kamu bisa memulai untuk membaca buku cerita anak dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa membaca buku abridged version dengan bahasa yang telah disederhanakan. Lalu, kamu bisa juga belajar reading melalui subtitle Bahasa Inggris di video atau film yang kamu sukai.

Writing dan Speaking (Productive Skills)

Writing dan Speaking

Setelah receptive skills telah mulai terasah, saatnya lanjut ke productive skills. Untuk writing, kamu bisa memulai dengan hal yang simple seperti menulis diary atau membiasakan diri memakai caption berbahasa Inggris.

Untuk speaking, biasakan untuk berbicara dalam bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu belum terlalu pede, kamu bisa mulai berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Selain itu, kamu juga bisa mencari teman untuk berbicara agar kemampuan speaking-mu semakin fasih.

Nah, itu dia beberapa materi dasar dalam belajar bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Lebih prefer belajar dengan tentor? Yuk, daftar sekarang juga di Fun English Course!

Fun English Course menyediakan berbagai macam program belajar menyenangkan dengan materi belajar bahasa Inggris dasar untuk anak sesuai jenjang usia seperti English for Children, English for Teens, dan English Conversation.

Tunggu apa lagi, pelajari materi belajar bahasa Inggris dasar hingga lebih dalam lagi dengan belajar di Fun English Course!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code