Lagu Bahasa Inggris Anak SMP

13 Desember 2023 / laskarseo

Supaya pelajaran bisa segera dipahami, tentu Anda harus menemukan cara yang paling nyaman dan menyenangkan. Misalnya untuk para siswa SMP, supaya bisa memahami bahasa Inggris dengan cepat bisa menggunakan media lagu bahasa Inggris anak SMP.

Ada banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh siswa ketika mempelajari bahasa Inggris menggunakan lagu. Salah satunya adalah perbendaharaan kosakata yang semakin banyak. Selain itu mereka juga bisa melatih kemampuan listening dan speaking.

10 Lagu Bahasa Inggris Anak SMP Yang Mudah Dinyanyikan

Pemilihan lagu yang tepat untuk mempelajari bahasa Inggris adalah hal yang sangat penting. Terutama jika siswa yang belajar masih pemula, seperti anak SMP. Pastikan Anda memilih lagu bahasa Inggris yang mudah dinyanyikan dan liriknya jelas. Berikut rekomendasi 10 lagu untuk belajar bahasa Inggris bagi Anak SMP.

  • Perfect – Ed Sheeran

Lagu pertama yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris bersama anak SMP adalah Perfect karya Ed Sheeran. Lagu yang satu ini cukup mudah dinyanyikan karena temponya yang lambat dan mengayun. Selain itu lirik pada lagu ini juga jelas dan tidak mengandung banyak slang word.

  • A Thousand Years – Christina Perri

Selanjutnya ada lagu legendaris yang juga cocok digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris yaitu A Thousand Years milik Christina Perri. Sama seperti lagu Perfect, lagu ini juga memiliki tempo yang cukup lambat. Lirik lagu ini juga tidak terlalu banyak sehingga mudah untuk dihafalkan.

  • Happy – Pharrel William

Untuk meningkatkan semangat belajar bahasa Inggris, Anda bisa mengajak siswa SMP mendengarkan lagu Pharrel Willam yang berjudul Happy. Lagu ini memiliki nada easy-listening dan lirik yang ceria. Supaya suasana semakin seru, Anda bisa mengajak para siswa bertepuk tangan saat bernyanyi.

  • Let It Go OST Frozen

Hampir semua siswa SMP tentu mengenal film animasi Frozen yang tokoh utamanya adalah Elsa. Dalam film ini ada satu lagu yang sangat cocok digunakan untuk belajar bahasa Inggris yakni Let It Go. Anda bisa menyanyikan lagu ini sembari menonton video animasinya.

  • Count on Me – Bruno Mars

Count on Me merupakan lagu yang sempat viral di berbagai media sosial seperti Instagram dan TiktTok. Jadi sudah pasti ada banyak sekali siswa SMP yang tahu mengenai lagu ini. Dengan menggunakan lagu yang sudah dikenali, siswa akan lebih mudah dalam memahami lirik beserta artinya.

  • Love Story – Taylor Swift

Kebanyakan remaja di Indonesia tentu kenal dengan Taylor Swift, penyanyi pop yang terkenal dari Amerika. Salah satu lagunya yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris adalah Love Story. Caranya ajak siswa untuk memahami makna dari lagu ini tanpa menggunakan bantuan lirik.

  • Shape of You – Ed Sheeran

Lagu bahasa Inggris untuk Anak SMP yang juga menarik untuk digunakan belajar adalah Shape of You karya Ed Sheeran. Dengan mempelajari lagu ini, siswa bisa mempelajari bahasa Inggris aksen British. Tapi karena tempo lagu yang cepat, siswa harus memutar lagu beberapa kali supaya paham liriknya.

  • When Will My Life Begin OST Tangled

Tangled adalah salah satu film animasi karya disney yang memiliki lagu-lagu menarik di dalamnya. When Will My Life Begin merupakan lagu dengan tempo mendayu dan lirik yang indah. Lagu ini bisa membantu siswa SMP untuk melatih pronounciation dan menambah kosakata.

  • A Whole New World OST Aladdin

Siapa yang tidak kenal dengan film Aladdin yang baru saja di rilis dalam versi live action tahun 2019 kemarin? Film ini disukai oleh banyak orang, bukan hanya karena cerita yang menarik tapi juga karena lagu yang easy listening

Salah satu lagunya berjudul A Whole New World yang dinyanyikan oleh pemeran Aladdin dan Princess Jasmine itu sendiri. Lirik lagu ini cukup singkat dan pelafalannya juga sangat mudah dipahami. Jadi sangat cocok jika digunakan sebagai media untuk mempelajari bahasa Inggris.

  • At My Worst – Pink Sweat

Lagu terakhir yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris bersama anak SMP adalah At My Worst milik Pink Sweat. Lagu ini juga sempat viral di berbagai media sosial dan disukai banyak remaja. Melodi lagu ini nyaman di dengar dan dalam liriknya ada banyak kosakata dasar yang umum diketahui.

Itu tadi 10 rekomendasi lagu bahasa Inggris anak SMP yang sangat efektif dan cocok digunakan untuk belajar. Anda bisa memilih salah satu dari lagu di atas untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para siswa. Dengan media belajar satu ini, dijamin siswa tidak akan mudah bosan.

Lagu Bahasa Inggris untuk Anak SMP

3 Manfaat Belajar dengan Lagu Bahasa Inggris Anak SMP

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris, lagu adalah salah satunya. Nah berikut ini merupakan berbagai keuntungan atau manfaat yang bisa Anda dapat jika mempelajari bahasa Inggris menggunakan lagu.

  • Menambah Kosakata Sebanyak-banyaknya

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari belajar bahasa Inggris menggunakan lagu adalah kosakata yang semakin banyak. Dalam sebuah lagu tentu ada banyak sekali kata di dalamnya, mulai dari yang umum hingga yang jarang di dengar.

Selain bisa mempelajari bahasa Inggris yang baku, dalam lagu biasanya juga terdapat beberapa slang word yang banyak digunakan oleh native speaker. Hal ini akan sangat menguntungkan karena kemampuan komunikasi siswa juga akan semakin baik.

  • Lagu Bahasa Inggris Anak SMP Efektif Meningkatkan Kemampuan Listening

Selanjutnya lagu merupakan media yang diketahui sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan listening. Ketika mendengarkan lagu, siswa tidak akan mudah bosan seperti saat mendengarkan audio native speaker. Selain itu mereka juga secara tidak langsung bisa belajar tentang aksen.

Ketika mendengarkan rekaman suara dari native speaker, biasanya para siswa akan merasa cepat bosan sehingga tidak fokus. Hal ini tentu tidak akan efektif untuk meningkatkan kemampuan listening para siswa.

  • Melancarkan Pronouncation Siswa

Terakhir lagu yang bisa menjadi media belajar bahasa Inggris efektif untuk melatih kemampuan pronouncation siswa. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengajak anak SMP bernyanyi sesuai dengan lirik lagu. Secara tidak langsung mereka akan berusaha meniru pelafalan penyanyi aslinya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat dari belajar bahasa Inggris menggunakan lagu selain 3 hal di atas. Beberapa di antaranya adalah membuat otak jadi lebih rileks, membantu melatih daya ingat, serta meningkatkan semangat belajar.

Selain memilih media yang tepat, pastikan Anda juga memilih lingkungan terbaik untuk belajar misalnya di Fun English Course. FEC sangat cocok untuk para siswa SMP yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan menyenangkan. Ada banyak sekali program seru yang bisa diikuti oleh semua jenjang pendidikan.

Selain menggunakan lagu bahasa Inggris anak SMP, FEC juga menyediakan media belajar lain yang tidak kalah seru. Selain itu belajar bersama-sama di tempat kursus juga pasti akan menambah semangat. Sehingga pelajaran bisa lebih mudah dipahami dan anak bisa semakin mahir berbahasa Inggris.

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!