Panduan Lengkap Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak SD

17 Januari 2024 / Team Fun English Course

Memperkaya kosakata bahasa Inggris untuk anak SD adalah salah satu cara untuk membuka dunia baru bagi mereka. Oleh karena itu, artikel ini akan membantu anak-anak mengenal berbagai macam kosakata penting.

Tidak hanya itu, mereka juga akan membangun pondasi yang kuat untuk komunikasi dan pemahaman berbahasa di masa depan. Selain kosakata sehari-hari, Anda telah menyiapkan berbagai istilah ekspresif deskriptif agar perjalanan belajar anak-anak semakin menyenangkan dan tetap menginspirasi.

Klasifikasi Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak SD

Agar anak-anak memiliki pondasi bahasa yang kuat dan beragam, klasifikasi kosakata menjadi aspek yang penting. Berikut adalah lima klasifikasi kosakata dasar bahasa Inggris SD.

1. Kosakata Sehari-hari

Kosa kata dasar bahasa Inggris SD 

Seperti namanya, jenis kosakata ini biasanya muncul dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata dasar seperti eat, drink, dan play adalah bagian penting dari komunikasi harian yang rutin diucapkan. 

Oleh karena itu, mengajarkan kata-kata ini memungkinkan anak-anak untuk menyatakan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah.

2. Kosakata Akademik

Kosa kata bahasa Inggris untuk anak SD

Kosakata akademik berperan penting dalam konteks pembelajaran sekolah. Istilah seperti mathematics, reading, dan writing adalah contoh umum. 

Selain mempermudah anak untuk mengikuti instruksi dan materi di kelas, pemahaman istilah-istilah di atas juga memperkuat dasar pendidikan mereka dalam bahasa Inggris.

3. Kosakata Emosional dan Ekspresif

Materi bahasa Inggris untuk anak SD

Kosakata ini mencakup kata-kata yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan dan emosi, seperti happy, sad, surprised. Memahami istilah-istilah tersebut membantu anak mengartikulasikan perasaan mereka dan mengembangkan kecerdasan emosional.

4. Kosakata Deskriptif

Kosakata bahasa Inggris untuk anak SD

Kosakata deskriptif, yang meliputi kata sifat dan keterangan seperti ‘big‘ (besar), ‘fast‘ (cepat), dan ‘bright‘ (cerah), memainkan peran penting dalam memperkaya bahasa anak-anak. Dengan mempelajari kata-kata ini, mereka dapat lebih efektif dalam mendeskripsikan objek, orang, atau situasi,

5. Kosakata Fungsional

Materi bahasa Inggris SD pemula

Dalam materi bahasa Inggris SD pemula, kosakata fungsional memegang peranan vital. Ini termasuk preposisi seperti ‘on‘ (di atas) dan ‘under’ (di bawah), konjungsi seperti ‘and‘ (dan) dan ‘but‘ (tetapi), serta kata bantu seperti ‘will‘ (akan) dan ‘must‘ (harus). 

Selain berguna untuk membentuk struktur kalimat yang benar, kosakata fungsional membantu anak untuk memahami bagaimana ide-ide terhubung dalam percakapan atau teks.

Pengenalan Kosakata Tematik

Belajar bahasa Inggris anak sekolah

Dalam konteks belajar bahasa Inggris anak sekolah, pengenalan kosakata berdasarkan tema spesifik terbukti sangat efektif. Metode ini mengelompokkan kata-kata sesuai dengan topik tertentu sehingga anak-anak SD jadi lebih mudah menghubungkannya sesuai konteks.

Kosakata Berdasarkan Tema

Mengelompokkan kosakata berdasarkan tema tertentu adalah cara yang efisien dan menarik untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak. 

Contohnya:

  • Keluarga: Melalui kata-kata seperti ‘mother’, ‘father’, ‘sister’, dan ‘brother’, anak-anak belajar mengungkapkan dan memahami hubungan keluarga.
  • Sekolah: Dengan kosakata seperti ‘teacher’, ‘classroom’, ‘book’, dan ‘pencil’, anak-anak menjadi lebih familier untuk berbicara tentang kehidupan sekolah mereka.
  • Makanan: Kata-kata seperti ‘apple’, ‘bread’, ‘milk’, dan ‘rice’ membantu anak-anak mengidentifikasi dan mendiskusikan berbagai jenis makanan.
  • Alam: Kosakata seperti ‘tree’, ‘flower’, ‘river’, dan ‘mountain’ memperkenalkan anak-anak pada elemen-elemen alam, memperluas pengetahuan dan kosakata mereka.

Pendekatan ini tidak hanya memperkaya kosakata mereka, tetapi juga mengajarkan anak-anak cara mengaplikasikannya dalam konteks yang nyata dan relevan.

Cara Mengelompokkan Kata Berdasarkan Tema

Mengatur kosakata dalam kelompok tema adalah strategi yang membantu anak-anak membangun asosiasi dan menguatkan ingatan mereka. 

Misalnya, dengan fokus pada tema ‘Sekolah’, anak-anak dapat mempelajari kata-kata seperti ‘book’, ‘teacher’, dan ‘classroom’ secara bersamaan dalam satu sesi pembelajaran. 

Kegiatan yang berorientasi pada tema juga sangat efektif dalam memperdalam pemahaman anak tentang kosakata yang berkaitan dengan tema tersebut. Selain meningkatkan koleksi kosakata mereka, pendekatan ini memperkaya cara anak-anak memahami dan menggunakan bahasa di dunia nyata.

Siapkah Anda membuka pintu baru bagi si Kecil dalam penguasaan materi bahasa Inggris untuk anak SD? Bergabunglah dengan Fun English Course! 

Kami menawarkan kelas khusus untuk anak-anak, disesuaikan dengan berbagai tingkatan, hingga kelas intermediate. Ini adalah kesempatan emas bagi anak Anda untuk belajar, tumbuh, dan bersinar dalam bahasa Inggris. 

Jangan lewatkan kesempatan ini – daftar sekarang dan lihat mereka berkembang dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris untuk anak SD!

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!