Kapan Menggunakan Which? Berikut Penggunaannya yang Tepat!

16 Mei 2022 / laskarseo

Which merupakan salah satu relative pronoun yang biasa digunakan untuk menerangkan noun (benda), dalam konteks ini benda bisa berupa manusia, hewan, tumbuhan atau benda lainnya. Sama seperti bahasa Indonesia, relative pronoun atau kata penghubung harus digunakan disaat yang tepat. Lalu, kapan menggunakan which?

Penggunaan which dalam kalimat bisa diidentifikasi dengan mudah, terlebih jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris. Kamu Pembahasan terkait relative pronoun tentu bisa dipelajari dengan mudah.

Khusus untuk pembahasan kali ini, mari belajar menggunakan kata “which” dengan benar dengan memahami pembahasan berikut ini.

Kapan Menggunakan Which?

Seseorang seringkali salah menggunakan which dalam kalimat bahasa Inggris. Agar tidak salah dalam menggunakan which, kamu harus memahami dengan baik kapan waktu yang tepat menggunakan which dan seperti apa fungsi which dalam suatu kalimat.

Jika kamu ingin membicarakan suatu hal yang berkaitan dengan hewan dan benda mati, maka kamu bisa menggunakan kata “which”. Penggunaan kata which juga bisa digunakan untuk menghilangkan informasi tambahan yang ada pada kalimat atau dikenal sebagai non-restrictive relative clause.

Contoh:

  • A bicycle which you drive is mine

(Artinya: Sepeda yang kamu kendarai adalah milikku)

  • Fried rice which you eat was cooked by my mom

(Artinya: Nasi goreng yang kamu makan dimasak oleh ibuku)

  • February, which has 28 or 29 days, is my favorite month

(Artinya: February yang mempunyai 28 atau 29 hari adalah bulan favoritku)

Jika dilihat dari contoh diatas, maka contoh pertama dan kedua merupakan contoh penggunaan which yang melibatkan benda mati. Sedangkan untuk contoh yang terakhir, which digunakan sebagai kata sambung yang berkaitan dengan informasi tambahan bahwa bulan februari memiliki 28 atau 29 hari. Jadi, kata “which has 28 or 29 days” dihilangkan, maka kamu tetap bisa mengetahui bahwa bulan februari adalah bulan favoritku.

kapan menggunakan which

Bagaimana, kamu sudah paham kapan which digunakan?

Untuk belajar bahasa Inggris lebih mendalam, kamu bisa join kelas bahasa Inggris di Fun English Course. Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di Fun English Course, kamu bisa merasakan sensasi belajar yang nyaman, berstandar internasional karena kami mendatangkan guru penutur asli bahasa Inggris atau biasa dikenal sebagai native speaker.

Join Kelas Bahasa Inggris Standar Internasional

Fun English merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang berpengalaman dengan menerapkan kurikulum standar Internasional. Tak hanya itu, kami juga memiliki kelas bahasa Inggris yang lengkap yang bisa diikuti oleh anak PAUD/TK hingga orang dewasa. 

Menuntut ilmu tidak bisa diukur dengan umur, karena seseorang bisa terus mempelajari hal baru setiap harinya. Namun, bahasa merupakan sarana komunikasi yang paling utama karena digunakan setiap hari. Untuk itu, kamu perlu mempelajari bahasa lebih dari satu, minimal kamu menguasai satu bahasa asing.

Kami sarankan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum mempelajari bahasa asing yang lainnya. Karena dari dulu hingga sekarang, bahasa Inggris sudah menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, menguasai bahasa Inggris sebelum menguasai bahasa asing yang lain juga dilakukan oleh influencer bernama Fiki Naki.

Tertarik untuk join kursus bahasa Inggris berstandar Internasional di Fun English Course?

Segera pilih kelas yang sesuai dengan keinginanmu dan dapatkan free membership.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code