Uji Kemampuanmu Dengan 4 Jenis TOEFL Bahasa Inggris Ini

18 Oktober 2022 / laskarseo

Kemampuan berbahasa Inggris memang sangat diperlukan saat ini. Untuk mengetahui kemampuan kamu dalam memahami dan mengerti Bahasa Inggris, dibutuhkan tes yang bertujuan untuk menguji kemampuanmu. Tes TOEFL Bahasa Inggris adalah salah satu tes yang bisa kamu gunakan agar tahu sejauh mana skill Bahasa Inggrismu. 

Ternyata, ada beberapa jenis tes TOEFL yang harus kamu ketahui loh. Kamu bisa memilih salah satu jenis tes TOEFL untuk menguji kemampuan berbahasa Inggrismu. Apa saja jenis-jenisnya? Simak informasi lengkapnya yang sudah kami siapkan khusus untuk kamu di bawah ini. 

4 Jenis Tes TOEFL Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL digunakan sebagai tes untuk menguji seberapa baik kamu memahami Bahasa Inggris. 

Biasanya sertifikat dari tes ini banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti untuk mendapatkan beasiswa, seleksi kerja, dan keperluan lainnya. Yuk, kenali 4 jenis tes TOEFL yang bisa kamu pilih berikut ini. 

  • PBT (Paper Based Test

Jenis tes TOEFL ini paling sering digunakan oleh banyak institusi atau lembaga di Indonesia. Para peserta tes akan mengisi jawaban pada kertas yang sudah disediakan dengan menggunakan pensil. 

Nantinya, jawaban kamu akan dicek dengan alat khusus agar bisa mengoreksi dan mengetahui berapa skor TOEFL yang berhasil kamu dapatkan. 

Beberapa hal yang diuji di dalam tes TOEFL  Bahasa Inggris ini adalah listening, writing, structure and written expression, serta reading comprehension. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan jenis tes TOEFL ini sekitar 3 jam. 

Jenis TOEFL Bahasa Inggris

  • CBT (Computer Based Test)

Seperti namanya, tes TOEFL ini menggunakan komputer sebagai media dalam mengerjakan soal. Di dalam komputer tersebut sudah ada software yang digunakan untuk mengikuti tes bahasa inggris ini. 

Rentang skor yang bisa kamu dapatkan saat memilih menggunakan tes ini adalah 30-300. Hal-hal yang diuji di dalam tes CBT ini yaitu  reading, structure, listening, dan writing. 

Jika kamu memilih tes TOEFL Computer Based Test, maka kamu harus lebih cermat dan hati-hati dalam menjawab setiap soalnya. Pasalnya, kamu tidak bisa mengubah atau mengerjakan soal yang sudah terlewat. 

 

  • IBT (Internet Based Test

Jenis tes TOEFL lain yang bisa kamu pilih adalah Internet Based Test (IBT). Tes ini merupakan jenis TOEFL Bahasa Inggris terbaru yang diadakan oleh ETS (Educational Testing System). 

Jenis tes ini rupanya diminati banyak orang karena mempunyai kualitas penilaian yang hampir mirip dengan IELTS. Kriteria penilaian yang diuji pada tes ini adalah listening, reading, dan writing. 

Tes TOEFL ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari jenis tes lainnya yaitu sekitar 4 jam. Untuk bisa mengikuti tes ini, pastikan kamu sudah memiliki koneksi internet yang baik dan mempunyai komputer atau laptop sebagai media dalam mengerjakan soal. 

  • ITP (Institutional Testing Program)

Tes TOEFL ini diselenggarakan oleh sebuah lembaga bahasa atau perguruan tinggi. Soal yang dibuat untuk tes TOEFL ini disesuaikan dengan standar internasional. Namun, sertifikat ini biasanya hanya berlaku di Indonesia atau beberapa negara di Asia dan kurang diakui di kancah internasional. 

Nah, itulah beberapa jenis tes TOEFL Bahasa Inggris yang bisa kamu pilih untuk menguji kemampuanmu. TOEFL merupakan jenis tes Bahasa Inggris yang harus kamu persiapkan dengan baik. 

Disamping itu, jika mengikuti kelas kursus Bahasa Inggris di tempat kami, Fun English Course maka kamu bisa menyiapkan tes TOEFL dengan sebaik-baiknya. Kami siap membantumu untuk mendapatkan nilai TOEFL terbaik.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code