Memahami Teks Hortatory Exposition: Panduan Lengkap untuk Pemula

15 Juni 2024 / Team Fun English Course

Teks eksposisi adalah teks yang meyakinkan atau mengajak pembaca melakukan sesuatu berdasarkan fakta dan data yang tersaji secara logis, yang merupakan definisi dari hortatory exposition

Kami mengajak Anda untuk belajar tentang jenis teks yang satu ini, termasuk struktur teks, bedanya dengan jenis exposition lain, cara menuliskan, dan contoh-contohnya, untuk memudahkan belajar.

Mengenal Hortatory Exposition Text

Hortatory exposition text

Teks hortatory umumnya merupakan opini yang didukung oleh fakta logis dan data. Informasi tersebut dibangun melalui beberapa argumen yang tersurat, sehingga penulis dapat memberikan rekomendasi di akhir paragraf. 

Seperti namanya, teks eksposisi ini bertujuan untuk memengaruhi opini publik, sekaligus mempromosikan ide tertentu serta mendorong perubahan perilaku pembacanya. Maka dari itu, teks ini bersifat persuasif.

Apa Bedanya Hortatory Exposition dengan Teks Eksposisi Lain?

Teks eksposisi

Bicara soal teks eksposisi, dalam bahasa Inggris, Anda akan mengenal dua jenis utama, yaitu hortatory dan analytical expositions. 

Apabila hortatory exposition menekankan dengan rekomendasi di bagian akhir, maka analytical exposition hanya memberikan penjelasan objektif tentang suatu topik. 

Simak contoh keduanya dalam perbandingan paragraf singkat berikut ini.

 

English

Indonesia

Analytical

Quality sleep has various benefits for the body and mind. In addition to increasing cognitive and memory functions, our body produces cytokine—a protein type that fights infections. Study suggests that enough sleep improves our mood and lowers the risks of depression.

Tidur berkualitas memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran. Selain meningkatkan fungsi memory dan kognitif, tubuh juga memproduksi sitokin—protein yang melawan infeksi. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur cukup dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi.

Hortatory

Sleep is a crucial element for our health and well-being. Everyone must ensure that they get enough sleep every night. In addition to improving the brain functions, quality sleep leads to better immunity. A study suggests that individuals who get enough sleep have a lower risk of diabetes and cardiovascular health. Therefore, start to plan your sleeping schedule and avoid caffeine before bed time for better sleep.

Tidur adalah elemen krusial untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Setiap orang harus memastikan bahwa mereka tidur dengan cukup setiap malam. Selain memperbaiki fungsi otak, tidur berkualitas juga memperbaiki imunitas. Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang tidur cukup memiliki risiko lebih rendah akan terserang diabetes dan penyakit jantung. Makanya, mulailah merencanakan jadwal tidur Anda dan hindari kafein sebelum tidur.

Dari perbandingan di atas Anda dapat memahami bahwa fungsi hortatory exposition sangat jelas, yaitu menyarankan seseorang untuk melakukan sesuatu—yaitu merencanakan jadwal tidur dan menghindari kafein. 

Sementara itu, analytical exposition menjelaskan topik secara objektif tanpa suggestion lebih lanjut. 

Cara Menulis Hortatory Exposition

Fungsi hortatory exposition

Seperti teks pada umumnya, hortatory exposition terdiri dari struktur thesis-arguments-recommendation. Simak penjelasan berikut untuk menulis teks hortatory yang benar.

Thesis (Pendahuluan)

Bagian ini memperkenalkan topik dan memberikan pandangan umum tentang isu yang akan dibahas.

Sleep is a crucial element for our health and well being. Everyone must ensure that they get enough sleep every night.

Arguments (Argumen)

Bagian berikutnya adalah argumen, yang umumnya terdiri dari lebih dari satu paragraf. Ini juga menjadi bagian di mana penulis mendukung tesis melalui fakta.

A good sleep improves brain functions and promotes better mood. Additionally, studies suggest that individuals who get enough sleep every night have lower risks of diabetes and cardiovascular health.

Another study suggests that our body produces cytokines—proteins that fight infections—when we are sleeping. Therefore, it is crucial to create a comfortable sleeping environment and adopt a healthy sleeping habit.

Recommendation (Rekomendasi)

Berada di bagian akhir dari struktur teks, rekomendasi adalah penutup yang memberikan saran berdasarkan argumen sebelumnya.

To grab all the benefits of a good sleep, start with planning your sleeping schedule. Additionally, avoid any consumption of caffeine before bedtime. By doing these habits, you can enjoy the benefits of sleeping for your overall health.

Tingkatkan Kemampuan dengan Berlatih

Hortatory exposition

Memahami dan menguasai jenis teks ini tidak hanya cukup dengan teori. Bergabung dengan kelas bahasa Inggris yang seru dan instruktur andal adalah langkah yang sebaiknya Anda Ambil. 

Fun English Course menawarkan berbagai kelas yang sesuai dengan semua usia, dari anak-anak hingga remaja dan profesional. Kami juga menyediakan kelas test preparation dan conversation untuk keterampilan yang lebih baik.

Daftar sekarang di Fun English Course dan jadikan hortatory exposition bagian dari keterampilan bahasa Inggris Anda!

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!