6 Games untuk Belajar Bahasa Inggris Paling Seru

21 Desember 2022 / laskarseo

Bahasa inggris saat ini menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Tahukah kamu ternyata ada games untuk belajar bahasa Inggris yang sangat seru dan bisa membuatmu mudah mempelajarinya loh.

Biasanya di sekolah guru hanya akan mengajarkan bahasa Inggris dengan cara yang standar seperti menjelaskan materi. Hal ini tentu sangat membosankan, bahkan mungkin materi yang dijelaskan sulit dipahami oleh siswa. Sayangnya sampai sekarang penggunaan games untuk belajar bahasa Inggris juga masih jarang.

6 Games untuk Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif dan Seru

Perlu kamu ketahui bahwa keingintahuan dan semangat belajar sangat mempengaruhi kita dalam menerima materi pembelajaran. Begitu juga bahasa Inggris, jika disampaikan dengan seru dan menyenangkan maka kita akan lebih mudah untuk memahaminya.

Saat ini selain melalui sekolah banyak anak-anak dan remaja yang memutuskan untuk belajar bahasa Inggris dengan mengikuti kursus. Karena tempat kursus profesional seperti Fun English Course biasanya memiliki metode belajar yang lebih menyenangkan seperti menggunakan games, berikut beberapa diantaranya.

1. Word Match

Jenis games pertama yang cukup seru dan sering digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris adalah Word Match. Game yang satu ini dilakukan dengan cara mencocokkan kata dari dua kelompok atau tabel yang berbeda.

Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Dalam permainan ini kamu akan diminta untuk melihat dari satu tabel dengan tabel lainnya, dan pilih kata yang memiliki korelasi. Melalui Word Match Game kamu bisa mendapat banyak kosakata bahasa Inggris baru loh.

2. Simon Says

Berikutnya game yang tidak kalah seru dan efektif untuk mempelajari bahasa Inggris adalah Simon Says. Dalam game ini kamu harus membentuk lingkaran, kemudian harus ada satu relawan yang berada ditengah untuk memberikan instruksi.

Dalam Simon Says Game seseorang yang ada didalam lingkaran akan memberi instruksi dan lainnya yang duduk melingkar harus memperhatikan. Permainan ini bertujuan untuk melatih kemampuan listening serta fokusmu dalam bahasa Inggris.

3. Crossword Puzzle

Tahukah kamu ternyata permainan puzzle bisa sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris loh. Game yang satu ini sering dikenal dengan nama teka-teki silang, jadi pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan cara mainnya.

Selain permainan menghubungkan kata, Crossword Puzzle juga bisa menjadi cara terseru untuk menambah kosakata bahasa Inggris. Selain itu ternyata game ini juga bermanfaat untuk membuat daya ingatmu jadi lebih kuat, dan melatih untuk berpikir cepat.

4. Observe and Remember

Dari nama permainan ini tentu kamu sudah tau bahwa game ini akan meminta kamu untuk melakukan observasi dan mengingat. Jadi nantinya kamu akan diperlihatkan berbagai benda kecil dihadapanmu seperti buku, pensil, penghapus, dan lain sebagainya.

Setelah diperlihatkan berbagai benda-benda kecil, kamu akan diminta untuk mengamati selama 1-2 menit. Jika sudah selesai mengamati, kamu akan diminta menuliskan benda-benda apa saja yang kamu lihat tadi dan usahakan menulis sebanyak-banyaknya ya.

5. Anagram

Ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sekaligus melatih kreativitas? Jika iya maka kamu wajib mencoba Anagram Games sekarang juga. Permainan yang satu ini sangat seru dan sedikit lebih menantang dibandingkan beberapa games sebelumnya.

Pada permainan anagram kamu akan ditunjukkan sebuah kata namun dengan susunan huruf yang berantakan. Kemudian tugasmu adalah menyusun huruf-huruf yang berantakan tersebut menjadi sebuah kata yang memiliki arti.

6. Scattergories

Terakhir permainan untuk belajar bahasa inggris yang efektif dan sangat seru untuk kamu coba adalah Scattergories. Dalam game ini kamu membutuhkan kertas, alat tulis, dan sebuah dadu yang masing-masing sisinya terdapat tulisan satu huruf.

Untuk melakukan permainan ini kamu harus memiliki satu relawan yang menyampaikan tentang kategori kata yang harus ditulis. Misalnya kategorinya adalah makanan, kemudian kamu harus mengocok dadu dulu. 

Jika kamu mendapat huruf A maka kamu harus menulis satu kata makanan dengan huruf berawalan A.

Nah keenam permainan diatas bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris namun dengan cara yang seru. Jadi sekarang tidak ada alasan lagi untuk kamu malas apalagi tidak mau mempelajari bahasa Inggris.

4 Alasan Fun English Menggunakan Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Di zaman modern seperti sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa belajar bahasa Inggris melalui kursus lebih efektif daripada di sekolah. Hal ini dikarenakan kursus profesional seperti Fun English Course lebih menggunakan metode games untuk belajar bahasa Inggris.

Selain menggunakan permainan yang menyenangkan, tutor di Fun English Course juga benar-benar memperhatikan kebutuhan para siswa. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa belajar bahasa Inggris dengan games di Fun English Course lebih menyenangkan.

1. Jenis Game Lebih Beragam

Alasan pertama kenapa belajar bahasa Inggris di Fun English Course lebih seru adalah karena jenis games yang lebih beragam. Semua tutor kami memberikan pilihan permainan sesuai dengan tingkatan belajar dan materi yang kamu perlukan.

Selain itu tutor Fun English Course juga selalu melakukan update jika ada permainan baru yang bisa dicoba untuk mempelajari bahasa Inggris. Sehingga kamu tidak akan merasa bosan sama sekali ketika belajar.

2. Media dan Materi yang Lengkap

Berikutnya alasan kenapa games untuk belajar bahasa Inggris di Fun English Course lebih seru adalah karena kami memiliki media yang lengkap. Misalnya untuk permainan Crossword Puzzle, kami sudah menyiapkan materi dan bahannya terlebih dahulu.

Tim Fun English Course juga akan menyediakan materi games Crossword Puzzle yang berbeda-beda untuk setiap tingkatan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir permainan yang kamu coba akan terlalu sulit atau terlalu mudah.

3. Lebih Banyak Teman

Perlu kamu ketahui bahwa bermain games bersama lebih banyak teman ternyata akan jadi lebih seru loh. Jadi jika kamu mengikuti kursus di Fun English Course kamu bisa mendapat banyak teman untuk bermain games dan belajar bersama.

4. Tutor Profesional dan Ahli Dibidangnya

Dalam bermain games mencari keseruan adalah faktor terpenting, tapi jangan sampai lupa bahwa kamu juga harus belajar bahasa Inggris. Namun untuk kamu yang ikut kursus di Fung English Course tidak perlu khawatir.

Fun English Course memiliki tutor bahasa Inggris yang profesional dan sangat ahli di bidangnya. Sehingga selama bermain game kami memberikan jaminan bahwa kamu akan tetap mendapat materi sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Keempat hal diatas merupakan beberapa alasan kenapa bermain game untuk mempelajari bahasa Inggris di FEC bisa lebih menyenangkan. Selain 4 hal diatas masih ada banyak lagi kemudahan belajar bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan di Fun English Course.

Jadi jangan tunggu lama lagi dan segera daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di Fun English Course. Jangan sia-siakan kesempatan dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan cara yang menyenangkan bersama kami sekarang juga.

Book Now

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?