Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris untuk Pemula

28 September 2022 / laskarseo

Dalam menguasai sebuah bahasa, memahami kalimat atau kosa katanya saja tidak cukup. Nah, untuk memaksimalkan kemampuan berbahasa Inggris, kamu sangat dianjurkan menguasai conversation. Belajar conversation Bahasa Inggris sering dianggap pembelajaran paling sulit karena kebanyakan orang masih malas ataupun malu berbicara Bahasa Inggris di depan umum.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin segera menguasai Bahasa Inggris, utamakan memiliki rasa percaya diri untuk membiasakan diri menggunakan Bahasa Inggris ketika berbicara. Meski prosesnya juga tidak sebentar, setidaknya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Simak uraian berikut ini!

Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris yang Efektif untuk Pemula

Sebelum memasuki tahap pembelajaran speaking, ada baiknya kamu sudah mahir dengan kosa kata Bahasa Inggris dan grammar. Tidak perlu yang sulit-sulit, cukup pelajari saja kata-kata sederhana yang sering diucapkan di kehidupan sehari-hari. 

Contoh sederhananya adalah percakapan mengenai perkenalan diri, arah jalan, harga barang, cuaca, menanyakan kabar, dan masih banyak lagi. Dengan mempelajari kata-kata dasar ini, kamu tentunya akan lebih mudah dalam menguasai speaking skill. 

Nah, apa saja cara mempelajari conversation bahasa Inggris yang efektif dan mudah dikuasai untuk pemula?

  • Pahami Makna dari Lirik Lagu

Anak muda zaman sekarang sudah mulai banyak yang mendengarkan musik barat. Selain hal ini bisa dijadikan sebagai hobi, kamu bisa mengembangkan bakat tersendiri dengan mendengarkan musik, seperti bernyanyi, membuat lagu Bahasa Inggris, membuat aransemen, dan sebagainya.

Nyatanya, mendengarkan musik sambil belajar bahasa Inggris adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara kamu. Kamu bisa mulai dengan cara yang mudah, seperti mencatat vocabulary yang menurutmu asing, kemudian pahami maknanya. Cara belajar ini akan sangat menyenangkan dan mudah untuk memperkaya kosa kata. 

  • Perbanyak Nonton Film Bahasa Inggris

Meskipun sekarang sudah banyak anak muda yang sering menonton film barat, tidak sedikit dari mereka yang juga masih menggunakan subtitle Bahasa Indonesia. Hal ini dianggap cara yang kurang efektif apabila kamu ingin meningkatkan speaking skill. 

Agar kemampuan berbicara kamu lebih mantap, gunakanlah subtitle bahasa Inggris, atau bahkan tanpa subtitle. Cara belajar seperti ini akan menjadi sangat efektif karena di sini kamu akan dilatih untuk mandiri dan kreatif, serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih luwes. Kamu juga tidak hanya dapat belajar conversation, tetapi juga listening skill.

Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris untuk Pemula

  • Jangan Malu dan Ajak Teman untuk Sering Ngobrol Bahasa Inggris

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh orang Indonesia dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah karena rasa kepercayaan diri yang cukup tinggi. Tidak sedikit orang Indonesia yang merasa malu untuk berbicara bahasa Inggris di kesehariannya. Hal ini juga kemungkinan diakibatkan oleh rasa takut salah ketika menggunakan Bahasa Inggris.

Akan sia-sia jika kamu memiliki ilmu yang cukup dalam berbahasa Inggris, tetapi tidak berani untuk menggunakannya di kehidupan sehari-hari. Mulai sekarang cobalah percaya diri dan anggap bahwa kamu adalah foreigner yang mahir berbahasa Inggris. 

Poin utama kamu memahami cara mempelajari conversation Bahasa Inggris adalah agar apa yang kamu bicarakan dipahami oleh lawan bicara. Tidak peduli jika grammar atau tata bahasamu belum tepat. Native speaker akan cenderung memperhatikan mengerti atau tidaknya mereka dengan apa yang kamu sampaikan.

Belajar Conversation Bahasa Inggris Dengan Les

Supaya speaking skill kamu lebih maksimal, kami sarankan juga untuk mengikuti kursus ataupun les Bahasa Inggris. Ini tentu saja akan membantu progresmu dalam menguasai Bahasa Inggris, mulai dari conversation, listening, writing, dan lainnya. 

Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris, kamu akan dilatih oleh tutor berpengalaman dan terkadang ada yang menggunakan tenaga pengajar seorang native, sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan tersendiri.

Mengikuti Kursus Bahasa Inggris yang terpercaya dapat kamu lakukan bersama kami di Fun English Course yang sudah membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Surabaya, Bekasi, dan Bali. Belajar conversation Bahasa Inggris kamu akan lebih mudah dimengerti dan efektif.

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code