Belajar Cepat Bahasa Inggris

16 Mei 2023 / laskarseo

Kamu pasti sudah tahu bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang disebut sebagai bahasa universal. Itu sebabnya penting bagi kamu mengetahui apa saja tips belajar cepat bahasa Inggris supaya bisa menguasai bahasa universal ini.

Sayangnya, ketika sedang memulai belajar bahasa, banyak orang menyerah sebelum mencoba. Nah, bagi kamu ingin menguasai bahasa Inggris, tidak perlu putus asa. Simak tips berikut untuk membantumu lebih mudah dalam menguasai bahasa Inggris.

Tips Belajar Cepat Bahasa Inggris

Selain mempelajari kosakata atau vocabulary, dalam belajar bahasa Inggris, kamu juga perlu mempelajari grammar atau tata bahasa. Berikut cara yang bisa kamu lakukan dalam belajar cepat bahasa Inggris.

1. Belajar Kosakata dengan Flashcard

Sudahkah kamu mendengar istilah metode belajar flashcard? Flashcard sendiri merupakan jenis kartu yang mengandung kata-kata untuk beberapa kategori di dalam bahasa inggris. Sebagai contoh, kartu tentang warna, makanan, binatang, dan lainnya.

Meskipun seringkali dianggap membosankan, namun metode flash card bisa kamu gunakan untuk menghafal kosakata dengan lebih mudah dan cepat. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membeli di pasaran yang dilengkapi berbagai macam gambar atau karakter sehingga lebih menarik.

2. Sering Membaca Buku dalam Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris berikutnya yang bisa langsung kamu praktikkan sendiri adalah sering-sering membaca buku dalam bahasa Inggris. Sebagai pemula, kamu bisa memulai dengan membaca buku anak dalam bahasa Inggris.

Selain terdapat karakter atau gambar yang menarik, buku anak biasanya memiliki kosakata dasar atau sederhana yang sering digunakan sehari-hari.

Nah, ketika kamu sudah mulai mahir, kamu bisa beralih dengan membaca komik, buku novel, atau buku pengembangan diri dalam bahasa Inggris.

3. Mendengarkan Musik dalam Bahasa Inggris

Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan cara mendengarkan musik bahasa Inggris dan mencoba menulis liriknya.

Pasalnya, mendengar musik menjadi salah satu metode yang banyak digunakan untuk menguasai bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Kamu bisa memulainya dengan memilih tipe lagu favorit atau genre kesukaan supaya sistem belajar dengan mendengarkan lagu ini bisa lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk mempelajari arti liriknya guna memperluas kata bahasa Inggris melalui sebuah lagu.

4. Biasakan Baca Berita dan Artikel dalam Bahasa Inggris

Pernahkah kamu mencoba metode belajar dalam bahasa Inggris yang satu ini? Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa mencoba untuk membiasakan diri membaca berita maupun artikel dalam bahasa Inggris.

Jadi, jika kini kamu hanya membaca berita atau artikel dalam bahasa Indonesia, coba mulai biasakan mencari berita-berita terkini dalam bahasa Inggris. Baik untuk genre berita selebriti, bisnis, kesehatan, maupun lainnya.

Kamu bisa membiasakannya dengan membaca berita atau artikel dalam bahasa Inggris setiap hari supaya bisa lebih terbiasa dan lebih cepat menguasai bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris

5. Menonton Film dalam Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris kali ini juga cocok untuk kamu lakukan. Terlebih untuk kamu yang suka menonton film namun tetap ingin bisa menguasai bahasa Inggris.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyalakan subtitle dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia terlebih dahulu. Kamu bisa pause video jika menemukan kalimat yang dianggap membingungkan.

Kamu bisa mengulangi car aini setiap harinya. Jika sudah mulai terbiasa, kamu bisa beralih dengan menonton film bahasa Inggris tanpa subtitle.

Tetap pelajari per kalimat yang belum kamu ketahui, tulis dan terjemahkan, serta ulangi di setiap harinya.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menguasai bahasa Inggris. Tentunya dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

6. Mendengar Podcast dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu salah seorang yang menyukai podcast?

Di era seperti sekarang ini, podcast semakin populer dan banyak disukai kalangan anak muda termasuk untuk anak muda yang ada di Indonesia. Jika kamu adalah salah seorang yang menyukai podcast tapi di sisi lain tertarik untuk menguasai bahasa Inggris, maka kamu bisa menggunakan cara satu ini.

Yakni mulai membiasakan mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris.

Banyak genre podcast yang bisa kamu pilih. Mulai dari olahraga, komedi, sosial budaya, politik, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengakses podcast dalam bahasa Inggris dengan mudah melalui berbagai macam aplikasi podcast yang populer saat ini. Kamu bisa memulai dari berita pendek dengan tema podcast yang kamu sukai terlebih dahulu.

7. Biasakan Menulis dalam Bahasa Inggris

Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa mencoba tips belajar bahasa Inggris satu ini. Yaitu dengan membiasakan menulis dalam bahasa Inggris supaya kamu terbiasa dengan kalimat-kalimat yang dirangkai menggunakan bahasa Inggris itu sendiri.

Kamu bisa menyiapkan buku catatan yang fleksibel untuk dibawa kemana saja. Jangan lupa untuk terus aktif dalam mencari kosakata baru di setiap hatinya. Khususnya untuk kosakata yang menurutmu menarik dirangkai menjadi sebuah kalimat di dalam buku yang kamu miliki.

Nah, jika ingin lebih cepat menguasai bahasa Inggris dengan cara ini, kamu bisa menulis satu paragraf di setiap harinya dengan tema apa pun.

Tidak perlu takut dengan kesalahan yang bisa saja kamu buat dalam belajar bahasa Inggris ini. Caranya, kamu bisa meminta bantuan teman, mentor, guru, bahkan internet untuk mengecek hasil kalimat atau tulisan yang sudah berhasil kamu buat. Menarik bukan?

8. Menggunakan Aplikasi

Sudahkah kamu mencoba belajar bahasa Inggris dengan menggunakan bantuan aplikasi?

Jika ingin menguasai bahasa Inggris, tidak perlu dibikin mahal. Kini sudah banyak tersedia aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang siap membantumu untuk mahir atau menguasai bahasa Inggris.

Aplikasi-aplikasi yang ada dan bisa kamu unduh gratis ini biasanya akan membantumu dalam menguasai belajar dalam hal grammar, listening, reading, vocab, dan lain sebagainya.

Tinggal pilih aplikasi yang sekiranya paling cocok untuk kamu gunakan, dan mulailah belajar rutin setiap harinya.

9. Latihan Berbicara Bahasa Inggris di Depan Cermin

Kamu bisa mencoba belajar cepat bahasa Inggris dengan tips satu ini. Yakni dengan membiasakan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris di depan cermin.

Meskipun mungkin terdengar aneh, namun cara ini bisa membantumu untuk meningkatkan rasa percaya diri saat hendak berbicara menggunakan bahasa Inggris di kehidupan nyata.

Jika ingin merasakan hasil lebih optimal melalui cara ini, kamu bisa mempraktekkannya minimal 3 kali untuk per minggunya dengan masing-masing praktik berdurasi 15 menit.

Nantinya, secara tidak sadar kamu pasti akan lebih menguasai bahasa Inggris dan lebih percaya diri saat berbicara bahasa Inggris di depan umum.

10. Mengikuti Kursus yang Tepat

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris.

Belajar Cepat Bahasa Inggris Dengan Fun English Course

Bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan cara menyenangkan dan materi yang tepat, kamu bisa mendaftarkan diri di tempat kami, Fun English Course.

Kami hadir sebagai pilihan terbaik dan paling tepat bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Untuk itu, yuk nikmati belajar cepat bahasa Inggris dan menyenangkan bersama kami sekarang.

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!