Panduan Lengkap Materi Bahasa Inggris PAUD yang Efektif dan Menyenangkan

24 Januari 2024 / Team Fun English Course

Bahasa Inggris PAUD saat ini telah menjadi pondasi penting di masa pertumbuhan anak. Kecakapan berbahasa Inggris sejak usia dini berkontribusi dalam pengembangan kognitif dan sosial anak.

Melalui artikel ini, Anda akan menemukan materi bahasa Inggris berdasarkan jenjang usianya. Mulai dari benda sehari-hari hingga instruksi sederhana, kami telah merangkumnya dengan menarik di artikel ini. 

Apa Saja Materi Bahasa Inggris PAUD?

Pengajaran bahasa Inggris anak usia dini

Pengajaran bahasa Inggris anak usia dini yang sesuai juga memberikan mereka kesempatan untuk terbiasa dengan bunyi dan ritme bahasa yang berbeda. 

Pada dasarnya, anak-anak usia dini memiliki kemampuan untuk memahami dan mengingat bahasa dengan cepat – jauh lebih cepat daripada kelompok usia lainnya. Namun, Anda perlu memperhatikan cara mengajar bahasa Inggris PAUD agar tetap efektif dan menyenangkan.

Materi untuk Anak Usia 2 Tahun

Cara mengajar bahasa Inggris PAUD

Pada usia 2 tahun, anak-anak mengalami perkembangan pesat dalam kemampuan kognitif, motorik, dan bahasa. Oleh karena itu, materi bahasa Inggris PAUD yang sesuai umumnya mencakup konsep-konsep dasar yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka.

  • Benda Sehari-hari: Ajarkan kata-kata seperti ‘ball’, ‘cup’, dan ‘book’. Ini membantu mereka menghubungkan objek dengan nama-namanya dalam Bahasa Inggris.
  • Anggota Keluarga Inti: Materi ini meliputi kata-kata seperti ‘mom’, ‘dad’, ‘brother’, dan ‘sister’. Selain memahami hubungan keluarga, si Kecil bisa mempraktekkannya dalam kehidupans ehari-hari
  • Body Parts: Mengajarkan ‘hand’, ‘foot’, ‘eye’ memberikan anak-anak kesadaran tentang tubuh mereka sendiri sambil memperkaya kosakata mereka.
  • Pengenalan Bentuk dan Warna: Saat mereka mulai menata mainan berdasarkan bentuk dan warna, gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan kata-kata seperti ‘red’, ‘blue’, ‘circle’, dan ‘square’. Ini mengintegrasikan pembelajaran bahasa dengan pengembangan motorik.
  • Pronouns dan Plurals: Pengenalan sederhana pada ‘he’, ‘she’, ‘they’ atau ‘cats’, ‘dogs’ membantu mereka memahami konsep tunggal dan jamak, serta penggunaan kata ganti.

Materi di atas sesuai dengan ritme alami perkembangan anak. Sehingga, proses belajar pun lebih efektif dan tetap menyenangkan bagi si Kecil.

Memperkaya Kosakata PAUD Usia 3 Tahun

Bahasa Inggris PAUD

Anak berusia 3 tahun umumnya sudah siap mengeksplorasi aspek bahasa yang lebih kompleks. Maka dari itu, materi harus mampu memperluas pemahaman mereka, sambil tetap menyenangkan dan interaktif.

  • Familiar Colors in English: Ajarkan warna dasar seperti ‘red’, ‘blue’, ‘green’. Gunakan objek sehari-hari untuk mengasosiasikan warna tersebut, seperti ‘red apple’ atau ‘blue sky’.
  • Ukuran dan Perbandingan Sederhana: Perkenalkan konsep seperti ‘big’ dan ‘small’, ‘tall’ dan ‘short’. Selain itu, mainan atau barang-barang di sekitar mereka bisa menjadi alat bantu yang efektif untuk menjelaskan konsep ini.
  • Angka dan Berhitung: Mulai dengan angka 1-10, lalu ajarkan mereka berhitung sederhana menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, “one plus two equals three“.
  • Membaca Cerita Sederhana: Bacakan cerita-cerita pendek dalam Bahasa Inggris dan ajukan pertanyaan dari cerita tersebut. Contohnya, baca cerita tentang hewan, lalu tanya “What color is the cat?“.

Dengan menggunakan materi ini, anak-anak usia 3 tahun akan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka secara alami. 

Mendorong Kreativitas dan Kepercayaan Diri Anak Usia 4 Tahun

Bahasa Inggris PAUD

Pada usia 4 tahun, anak-anak biasanya sudah lebih independen, percaya diri, dan kreatif. Maka dari itu, materi bahasa Inggris untuk mereka harus mengakomodasi dan memperkaya karakteristik ini.

  • Lagu-lagu Sederhana dan Rhymes: Gunakan lagu-lagu berbahasa Inggris yang sederhana dan mengandung rhymes untuk membantu mereka memahami ritme bahasa.
  • Ekspresi Diri: Selain itu, ajak anak-anak mengungkapkan pendapat atau cerita mereka dalam bahasa Inggris. Misalnya, tanya “What is your favorite animal?” dan dorong mereka untuk menjawab dengan kalimat sederhana.
  • Instruksi Sederhana dalam Bahasa Inggris: Berikan mereka tugas sederhana dengan instruksi dalam Bahasa Inggris, seperti “Please draw a circle” atau “Can you pick up the blue crayon?“.
  • Menggambar Basic Shape dan Belajar Alfabet: Anda juga bisa mengajarkan mereka menggambar bentuk dasar seperti lingkaran atau segitiga sambil mengucapkan namanya dalam bahasa Inggris. Selain itu, mulailah mengenalkan alfabet dan menuliskannya bersama-sama.

Kegiatan belajar bahasa Inggris PAUD ini dirancang untuk tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa mereka tetapi juga untuk mendukung perkembangan kognitif dan kreatif.

Untuk menambahkan nilai pada proses pembelajaran ini, pertimbangkan untuk mendaftarkan anak Anda di Fun English Course. Kami menawarkan program khusus anak-anak sesuai dengan usia dan tingkatan. 

Bersama kami, si Kecil akan menemukan kegembiraan dalam mempelajari bahasa Inggris PAUD yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka di masa depan.

Rate this post
Chat kami
Yuk, segera daftar!