Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL?

3 Juni 2022 / laskarseo

Di satu titik, banyak orang menganggap sertifikasi TOEFL bukanlah hal yang penting. Padahal, kehidupan berkata lain. Di masa depan, akan ada banyak ranah pendidikan dan pekerjaan yang membutuhkan sertifikat ini. Apabila kamu tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mengembangkan sayap di dunia pendidikan dan karir, segeralah ikut tes sertifikasi TOEFL. 

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat TOEFL, terutama dengan skor sangat tinggi atau bahkan sempurna? Kami akan membahasnya pada artikel berikut ini. So, stay tune!

Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL 

Sertifikat Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah jenis sertifikat yang menjadi bukti kemahiran seseorang dalam berbahasa Inggris. Entah dari segi speaking, writing, listening, maupun reading. Skor dalam tes TOEFL biasanya berkisar antara 217-677 untuk TOEFL PBT. 

Mengikuti kelas berbahasa Inggris seperti di Fun English Course saja kurang ampuh untuk dijadikan senjata menghadapi tes TOEFL. Sebab, ketika seseorang ikut kursus bahasa Inggris, yang orang itu pelajari adalah hal-hal mendasar serta praktikal. Sedangkan dalam tes TOEFL sendiri, seseorang akan diuji kemampuannya dengan kategori tes yang kesulitannya tinggi. 

Itulah mengapa banyak orang merasa sedih ketika skor TOEFLnya tidak maksimal. Sedangkan, biaya untuk mengikuti tes TOEFL sendiri tidak murah, dan sertifikat tes ini banyak dibutuhkan di bidang pendidikan serta pekerjaan. Sehingga, mau tidak mau seseorang harus berusaha keras mendapatkan nilai tinggi dalam sekali tes agar tidak menghabiskan biaya terlalu banyak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL

Agar kamu bisa mendapatkan sertifikat TOEFL, terutama dengan skor baik, pastikan untuk mengikuti langkah berikut :

  • Ikut kelas preparasi tes

Langkah pertama, pastikan ikut kursus bahasa Inggris yang menyediakan kelas khusus dalam persiapan tes TOEFL dan IELTS. Fasilitas yang diberikan oleh lembaga kursus yang menawarkan kelas persiapan tes tentu berbeda dengan yang tidak. Sebab, peserta tes yang akan menghadapi tes TOEFL akan diberikan companion atau pendampingan intensif agar bisa melaksanakan tes dengan baik.

  • Belajarlah materi TOEFL khusus 

Materi yang akan diujikan dalam tes TOEFL berbeda dengan materi kursus bahasa Inggris biasa. Agar lebih lancar dalam mengerjakan tes, kamu harus belajar materi TOEFL khusus yang biasanya diberikan oleh lembaga kursus tempat kamu les bahasa Inggris. Biasanya, lembaga kursus juga akan memberikan bank soal tes sebelumnya pada peserta didiknya. 

  • Ikut tes dari lembaga kredibel 

Ketika ingin mengikuti tes TOEFL, pastikan untuk ikut tes yang diselenggarakan oleh lembaga yang telah dipercaya untuk melaksanakannya. Di Indonesia, beberapa lembaga yang dipercaya sebagai pihak resmi penyelenggara tes TOEFL diantaranya IES Foundation, ELTI, ILP Cinere, hingga LAC Telkom University.

  • Jalani tes dengan percaya diri 

Akan ada banyak tekanan ketika kamu mengikuti tes TOEFL. Sebab, pesertanya sangat banyak, walaupun kamu tidak perlu bersaing dengan orang lain karena sifat tes ini adalah individual. Jalani tes tersebut dengan penuh percaya diri dan tenang, sehingga apapun yang kamu pelajari di tempat kursus tidak akan terlupa. 

Sebenarnya, cara untuk mendapatkan sertifikat TOEFL tidak terlalu rumit. Diperlukan konsistensi untuk belajar bahasa Inggris, kesungguhan untuk mempelajari materi yang akan diujikan, dan lingkungan yang memadai. 

Semua orang akan bisa mendapatkan skor bahasa Inggris yang baik di sertifikat TOEFL asalkan didukung oleh lingkungannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih tempat kursus bahasa Inggris unggulan sebagai langkah mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL. 

Fun English Course siap mendampingi kamu semua yang ingin menjalani tes TOEFL. Dan jalani kelas pendampingan sekarang juga bersama tim pengajar kami!

Hi! What is Fun English Course?
Scan the code