Apakah than Termasuk Conjunction ?

19 Agustus 2023 / laskarseo

Dalam ranah kebahasaan, penting sekali untuk mengakui peran sentral yang dimainkan oleh conjunction. Seperti halnya perekat yang menggabungkan unsur-unsur beragam dalam kalimat, frasa, maupun kata-kata, conjunction memiliki peran yang tak terbantahkan. Pada kesempatan ini, kita akan mengeksplorasi apakah than termasuk conjunction. Mari kita telusuri dengan seksama uraian berikut.

Pengertian Conjunction dalam Bahasa Inggris

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan conjunction? Dalam Bahasa Inggris, conjunction menggabungkan kata, frasa, dan klausa menjadi kesatuan makna.

Namun, kapan sebaiknya kita menggunakan conjunction? Berdasarkan pengertian conjunction yang telah diuraikan sebelumnya, kita perlu memanfaatkan conjunction saat ingin menggabungkan ide atau konsep, baik dalam bentuk kata, frasa, ataupun klausa, menjadi satu kalimat yang padu.

Secara umum, dalam bahasa Inggris, conjunction dibagi menjadi tiga jenis utama, yakni:

  • Coordinating Conjunction
  • Subordinating Conjunction
  • Correlative Conjunction

1. Coordinating Conjunction

Konjungsi tipe ini memiliki peran penting dalam menghubungkan dua kalimat yang memiliki kedudukan sejajar dalam tata bahasa. Artinya, struktur tata bahasa dari kedua kalimat tersebut sama. Dengan bantuan coordinating conjunction, kita dapat menggabungkan kedua kalimat ini menjadi satu kesatuan yang lebih padu dan terstruktur.

Berikut :

For, And, Nor, But, Or, Yet, So

Contoh Kalimat Menggunakan Coordinating Conjunction dalam Bahasa Inggris. Di bawah ini adalah contoh-contoh kalimat yang menggunakan coordinating conjunction dalam bahasa Inggris:

  • I love candy and milk . (Aku suka permen dan susu)
  • I have a final stage tomorrow, so I have to train hard. (Aku punya babak final besok, jadi aku harus latihan keras.)

2. Subordinating Conjunction

Conjunction tipe ini memiliki peran penting dalam menggabungkan klausa terikat yang tidak dapat berdiri sendiri dengan klausa utama. Dengan kata lain, salah satu klausa tersebut akan terdengar aneh dan sulit dipahami maknanya jika berdiri sendiri. Conjunction ini membantu menjembatani hubungan antara dua klausa tersebut, dimana klausa terikat (subordinate) mendukung atau melengkapi makna klausa utama.

Apakah than Termasuk Salah Satu Conjunction

 

Contoh kata-kata yang merupakan subordinating conjunction meliputi:

Than, after, as, before, then, because, since, where, when, who dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Menggunakan Subordinating Conjunction dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan subordinating conjunction dalam bahasa Inggris:

  • He is smarter than me. (Dia lebih pintar dari saya)
  • When I arrived, I saw a snake on my coffee table. (Ketika aku sampai, aku melihat ular di atas meja kopi.)

3. Correlative Conjunction

Correlative conjunction adalah jenis konjungsi yang terdiri dari dua atau lebih kata, frasa, atau klausa yang bekerja bersama untuk menghubungkan dan mengatur hubungan antara unsur-unsur dalam kalimat. Yang membedakan correlative conjunction dari jenis konjungsi lainnya adalah bahwa unsur-unsur tersebut memiliki bentuk terpisah, artinya mereka muncul pada posisi yang berbeda dalam kalimat, tetapi tetap berfungsi bersama-sama.

Contoh kata-kata yang termasuk dalam correlative conjunction adalah:

  • eitheror (baik…atau)
  • neithernor (tidak…dan juga tidak)
  • bothand (baik…dan)
  • not onlybut also (tidak hanya…tetapi juga)
  • whetheror (baik…atau)
  • just asso (sama seperti…sehingga)

Contohnya:

  • Either you study or you fail. (Baik kamu belajar atau kamu gagal.)
  • Both the dog and the cat are cute. (Baik anjing dan kucing lucu.)
  • Not only did she finish her project, but also she received praise. (Tidak hanya dia menyelesaikan proyeknya, tetapi juga dia mendapat pujian.)

Demikianlah gambaran ringkas tentang apakah then termasuk conjunction. Jika kamu berminat untuk lebih mendalami topik conjunction dan berbagai aspek verbal dalam bahasa Inggris dengan lebih mendalam dan menyenangkan, kamu dapat bergabung dengan Fun English Course. Di sana, kamu akan memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan bahasa Inggris dalam suasana yang menyenangkan. Selamat belajar!

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!