Apa Manfaat Belajar Bahasa Asing pada Anak Usia Dini?

20 Januari 2023 / laskarseo

Apa manfaat belajar bahasa asing pada anak usia dini? Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu kebutuhan di era modern ini. Maka dari itu, hal ini menjadi alasan penting mengapa anak perlu belajar bahasa asing. Bahasa asing yang banyak direkomendasikan adalah Bahasa Inggris.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan jika anak belajar bahasa asing sejak dini. Menurut Harvard University, dengan ini anak-anak menjadi mampu meningkatkan kreativitasnya. Tapi bukan hanya itu, masih banyak manfaat lain yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

Apa Manfaat Belajar Bahasa Asing pada Anak Usia Dini? 

Tahukah kamu? Kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Kemampuan ini tidak bisa hanya dipelajari dalam beberapa hari, tapi butuh waktu yang panjang agar terbiasa. Nah, jadi tidak ada salahnya untuk kamu mulai melatih anak untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Di samping untuk manfaat ketika sudah dewasa, mempelajari bahasa asing juga memiliki manfaat yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Berikut beberapa manfaat dari mempelajari bahasa asing sejak usia dini.

  • Meningkatkan Kemampuan Memecah Masalah

Manfaat pertama, yaitu melatih anak untuk bisa memecahkan masalah. Dengan ini, anak akan terlatih untuk memahami makna dalam komunikasi di lebih dari satu bahasa. Anak juga akan terbiasa untuk mencari pendekatan dengan berbagai masalah yang dihadapi.

Apa Manfaat Belajar Bahasa Asing pada Anak Usia Dini

Dari hal baru ini, anak akan diajak untuk menganalisis dan memahaminya. Setelah itu, ia akan merencanakan tindakan yang akan dilakukan.

  • Meningkatkan Kecerdasan Akademik

Dengan mempelajari bahasa asing, bukan hanya bisa meningkatkan kemampuan berbahasa, tapi juga dapat meningkatkan kecerdasan akademik. Menguasai bahasa asing bisa mendukung proses belajar di sekolah. Dengan ini, kemampuan verbal dan logikanya akan lebih terasah.

  • Melatih Kepercayaan Diri Anak

Percaya diri menjadi modal untuk mempelajari bahasa asing. Dibutuhkan keyakinan yang kuat dalam membiasakannya karena mempelajari bahasa asing bisa menjadi hal yang baru. Saat anak sudah bisa menguasai kemampuan ini, maka rasa bangga atas dirinya akan meningkat.

  • Melatih Anak untuk Bisa Berpikiran Terbuka

Saat mempelajari bahasa asing, tidak jarang digunakan media buku cerita, video, atau lagu. Dari media inilah secara tidak langsung anak akan mempelajari gambaran kehidupan sosial yang beragam. Kamu bisa menyampaikan pesan positif kepada anak melalui cara ini.

  • Mengasah Kreativitas

Mempelajari bahasa asing artinya menambah kosakata baru dalam bahasa baru. Dari sini, anak akan terlatih untuk menguasai lebih banyak kosakata kemudian memilihnya untuk menjadi sebuah kalimat. Dengan cara ini logikanya akan lebih terasah dan kemampuannya akan bertambah.

  • Memudahkan Anak dalam Mempelajari Lebih dari Satu Bahasa Asing

Ketika anak sudah pernah mempelajari bahasa asing di luar bahasa ibu, maka ia akan paham bahwa setiap bahasa memiliki polanya tersendiri. Baik dalam segi pembentukan kata, pola kalimat, penggunaan imbuhan, atau idiom. Dengan ini, anak akan lebih mudah memahami konsepnya.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Dalam mempelajari hal baru, otak akan terpancing untuk bekerja. Dalam hal ini, otak akan bekerja dengan cara yang baik. Salah satu penyakit yang bisa dihindari adalah Alzheimer. Orang yang mampu menguasai lebih dari satu bahasa akan meningkatkan fungsi otaknya.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dari mempelajari bahasa asing. Fun English bisa menjadi pilihan tempat kursus untuk anak. Menggunakan kurikulum yang dirancang khusus, Fun English Course menjadi pilihan tepat.

contact

Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?