Apa Itu Advance Listening?

15 September 2023 / laskarseo

Apa itu advance listening? Kamu bisa mendapatkan predikat itu jika sudah menguasai tingkatan level intermediate. Jika ingin menguasainya dengan mudah, usahakanlah untuk melatih kemampuanmu secara rutin. Hal itu dimaksud untuk mengetahui seberapa banyak kemampuan yang kamu kuasai.   

Melatih kemampuan listening ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Makanya dibutuhkan konsentrasi tinggi ketika mempelajarinya. Namun tenang saja, bisa gampang kok mempelajarinya. Siapa disini yang ingin menguasai kemampuan advance listening? Yuk merapat belajar bersama-sama dengan kami. 

Apa Itu Advance Listening? 

Sudah tahukah kamu apa sih advance listening itu? Advance listening adalah tingkatan level lanjutan dari kemampuan mendengarkan yang dikuasai. Jika kamu berada di level ini, bisa dikatakan kemampuan bahasa Inggris kamu bisa digunakan untuk kepentingan akademis dan profesional. 

Nah jenis kemampuan ini sendiri dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu content listening, critical listening, dan empathic listening. Setiap jenisnya, memiliki arti dan tujuan yang berbeda-beda. Ini dia perbedaannya: 

  1. Content listening: bertujuan agar pendengar mampu memahami isi pembicaraan. 
  2. Critical listening: bertujuan agar pendengar dapat mengevaluasi topik pembicaraan. 
  3. Empathic listening: bertujuan untuk menarik perhatian pendengar agar dapat merasakan, dan memahami kebutuhan dari si pembicara. 

Tips Meningkatkan Kemampuan Advance Listening

Agar dapat menguasai kemampuan advance listening, kamu harus memahami unsur-unsur dalam bahasa Inggris, seperti vocabolary, dan pronounciation. Kedua unsur tersebut akan sangat membantu kamu dalam hal bagaimana cara mengucapkan kata dalam bahasa Inggris yang benar. 

Dalam praktiknya, dengan menguasai advance listening kamu bisa mendengarkan orang lain ketika berbicara bahasa Inggris dengan mudah, cepat, dan percaya diri. Namun bagaimana caranya agar kamu bisa benar-benar menguasai level advance listening ini dengan matang? 

  • Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Mendengarkan lagu berbahasa Inggris bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan dan tidak mudah membuat bosan ketika belajar untuk melatih kemampuan advance listening. Pertama, cobalah untuk mendengarkan lagu yang memiliki lirik mudah untuk dimengerti.

Selain itu perhatikanlah pula tempo lagu yang kamu dengarkan. Untuk memudahkan kamu mendengarkannya, pilihlah lagu dengan tempo yang pelan. Sehingga kamu dapat dengan mudah membiasakan diri mendengar pronunciation dengan perlahan dan bisa menambah vocabulary.    

  • Menonton Film Berbahasa Inggris Disertai Dengan Subtitle

Cara yang menyenangkan lainnya bisa kamu coba adalah dengan menonton film disertai dengan subtitle. Usahakanlah untuk menggunakan subtitle berbahasa Inggris bukan bahasa Indonesia. Mengapa? Agar kemampuan mendengarkan sekaligus pronunciation dapat meningkat. 

  • Menonton Channel TV Berbahasa Inggris

Saat ini mulai banyak channel TV berbahasa Inggris yang dapat dijangkau di Indonesia. Salah satu channel yang bisa melatih kemampuan listening kamu adalah National Geographic. Channel tersebut adalah acara ilmu pengetahuan dan edukasi yang bisa untuk menambah wawasan kamu juga. 

Advance Listening

  • Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Mendengarkan podcast bahasa Inggris juga bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan ini. Melalui podcast, bisa membiasakan kamu mendengar kalimat berbahasa Inggris. Selain meningkatkan skill, kamu juga bisa menambah wawasan dari topik pembicaraan yang diangkat. 

  • Melatih Pronunciation

Pronunciation adalah cara pengucapan dalam bahasa Inggris. Lalu apa kaitannya belajar pronunciation dengan listening sih? Jangan salah, kemampuan pronunciation akan sangat membantu kamu dalam memahami isi pembicaraan yang diucapkan oleh pembicara.

Bayangkan saja, jika kamu tidak tahu cara yang benar untuk mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Inggris. Bukankah kamu akan kesulitan ketika mendengar orang lain berbicara bahasa Inggris? Nah itulah mengapa penting juga bagi kamu untuk melatih pronunciation

  • Praktik Berbicara Secara Langsung

Tips terakhir ini sangatlah penting dilakukan, yaitu praktik berbicara bahasa Inggris secara langsung. Meskipun cara ini untuk meningkatkan kemampuan speaking, tetapi jangan salah praktik berbicara langsung juga dapat membantumu mengasah kemampuan advance listening

Hal yang penting dalam melatih kemampuan ini adalah bagaimana caranya bagi kamu dalam memahami isi pembicaraan. Nah secara tidak langsung, melalui berbicara langsung ini kamu juga akan belajar mendengarkan dari apa yang diucapkan oleh lawan bicaramu, seperti pronunciation.  

Nah sekarang kamu sudah tahukan apa itu advance listening? Untuk meningkatkan skill tersebut, kamu bisa mengikuti tips yang kami bagikan di atas. Jika kamu membutuhkan tempat kursus bahasa Inggris untuk membantu meningkatkan kemampuan ini, bisa belajar bersama kami Fun English Club

Kami adalah tempat kursus belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, kami menggunakan metode belajar terbaik dan yang menyenangkan agar kamu bisa memahami materi dengan mudah. Menarik bukan? Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.  

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!