Anak Bilingual Terbukti Mengalahkan Kelompok Monolingual Dalam Tugas Kognitif

15 Desember 2023 / laskarseo

Sekarang ini dunia berada di era globalisasi yang mau tidak mau generasinya harus berbaur dengan masyarakat dunia. Oleh karena itu, anak-anak sejak dini sebaiknya sudah dikenalkan dengan bahasa Inggris, karena anak bilingual terbukti mengalahkan kelompok monolingual dalam tugas kognitif. 

Bagi kamu yang ingin mengajari anak bahasa Inggris bisa mempercayakan kepada Fun English Course sehingga anak mempunyai kesempatan belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan berikut! 

 

Keuntungan Anak Bilingual

Anak yang menguasai bilingualisme artinya anak tersebut menggunakan bahasa berkelanjutan serta terintegrasi sehingga bisa mempengaruhi struktur otak hingga kemampuan kognitif anak. 

Oleh karena itu, bilingualisme mempunyai berbagai manfaat bukan hanya dalam komunikasi verbal, namun juga seluruh kegiatan otak lain termasuk dalam kemampuan belajar. 

Adanya pembelajaran satu bahasa pada awal perkembangan otak diduga bisa meningkatkan stimulus dan berperan sangat positif terhadap perkembangan otak tahap selanjutnya. 

Bayi yang hanya diperkenalkan dengan satu bahasa, kemungkinan besar area otaknya hanya sensitif dengan satu bahasa itu saja. Namun, bagi bayi yang diperkenalkan lebih dari satu bahasa cenderung lebih meningkat sensitivitas pusat bahasa dalam otaknya sehingga perkembangan otak akan semakin baik.

Anak Bilingual Terbukti Mengalahkan Kelompok Monolingual

Anak yang mempunyai kemampuan bilingual juga mempunyai kemampuan sebagai berikut : 

  1. Banyak mengerti struktur dua bahasa atau lebih yang memudahkan mereka dalam berkomunikasi. 
  2. Semakin waspada menetapkan pengertian yang bisa berubah dalam kedua bahasa yang dikuasai. 
  3. Peka dengan beberapa aspek pragmatis dari dua bahasa yang dikuasai. 
  4. Memperlihatkan orientasi analisis yang semakin baik daripada anak monolingual.  
  5. Menggunakan hermeneutika dalam menafsirkan kalimat yang mengandung makna ganda. 

Penelitian Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif

Bahasa memainkan peran sangat penting dalam perkembangan kognitif anak, setidaknya sejak anak ada pada level tertentu dalam kompetensi berbahasa. Bahkan kemampuan beberapa bahasa sekaligus bisa meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan lebih baik daripada anak monolingual. 

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dengan membandingkan intelegensi antara anak bilingual dan monolingual, menghasilkan pernyataan sebagai berikut : 

1. Penelitian yang Dilakukan Peal dan Lambert 

Mereka membandingkan murid sekolah dasar bilingual Prancis-Inggris di Montreal dengan murid monolingual Inggris dan murid monolingual Prancis. Pada penelitian ini murid dengan kemampuan bilingual bisa memperoleh nilai lebih tinggi dalam tes inteligensi verbal maupun non-verbal. 

Peal dan Lambert juga melakukan penelitian terbaru dengan tetap membandingkan anak bilingual dan anak monolingual. Hasilnya anak bilingual dibandingkan anak monolingual dari kelas sosial ekonomi yang sama memperlihat hasil yang lebih baik pada tes kognitif. 

2. Penelitian yang Dilakukan Lambert, Tucker, dan d’Anglejan 

Mereka melakukan eksperimen lapangan di Montreal, Kanada. Hasil penelitian tersebut adalah adanya keuntungan signifikan yang diperoleh murid bilingual pada rangkaian pengukuran inteligensi juga kreativitas sesudah berakhirnya tahun kedua program pendidikan bilingual. 

Pada penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa anak bilingual yang mempelajari dua bahasa memiliki kecenderungan menunjukkan kekenyalan kognitif tertentu. Jadi, fleksibilitasnya semakin meningkat dengan kemampuan memanipulasi simbol. 

Selain itu, anak bilingual bisa menggunakan bahasa sebagai alat mencapai tujuan kognitif. Kenapa demikian? Karena pengalaman meminimalkan hubungan bunyi-benda serta menekankan pada hubungan makna-benda. 

Cara Mengajari Anak Menguasai Bilingual

Anak dengan kemampuan bilingual ternyata mempunyai kesempatan berkembang lebih besar dalam menghadapi persaingan dunia yang semakin sengit. Maka dari itu, orang tua perlu mengajari anaknya bilingual sejak kecil. 

Cara mengajari anak bilingual bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Kuncinya orang tua harus mengajak anak belajar secara teratur, yaitu : 

  1. Memperkenalkan anak dengan bahasa lewat buku, video, musik, maupun permainan yang menggunakan bahasa asing. 
  2. Menanamkan kepercayaan berbahasa asing dengan membimbing anak mengucapkan setiap kata dalam bahasa asing. 
  3. Menumbuhkan minat anak dalam berbahasa asing dengan cara menyenangkan tanpa paksaan.

Salah satu cara mengajari anak belajar bilingual adalah dengan bergabung bersama Fun English Course. Kami menyediakan banyak program belajar bahasa Inggris dengan penyampaian yang lebih fun dan menarik. 

Kami juga menggunakan kurikulum standar internasional, pilihan kelas yang lengkap, serta tenaga pengajar yang berpengalaman dan profesional di bidangnya. Tunggu apalagi segera daftarkan anak-anak kamu di Fun English Course dan cek website kami sekarang! Semoga bermanfaat! 

5/5 - (1 vote)
Chat kami
Yuk, segera daftar!